5 Sirkuit Permanen Road Race di Indonesia

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok. Sportku.com | Editor: Andi Wahyudi | 5 March 2018

SPORTKU.COM

Sirkuit menjadi salah satu fasilitas terpenting untuk menghidupkan dunia balap.

Namun keberadaan sirkuit balap motor di Indonesia jumlahnya masih bisa terbilang sedikit. Bahkan bisa dihitung dengan jari. Hal ini berbanding terbalik dengan banyaknya jumlah event balap motor dan juga banyaknya pebalap motor di Indonesia.

Untuk memperbanyak sirkuit permenen merupakan tanggung jawab dan PR yang masih harus terus dikerjakan oleh IMI (Ikatan Motor Indonesia). Dari beberapa kepemimpinan IMI pun pernah menyebutkan jika pihaknya akan menciptakan sirkuit di setiap kabupaten atau kota. Namun hal tersebut tak terwujud.

Berikut 5 sirkuit permanen balap motor di Indonesia

1. Sirkuit Sentul

Sirkuit Sentul merupakan trek balap yang terletak di Desa Sentul, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Sirkuit ini sering digunakan untuk menyelenggarakan berbagai event balap motor. Sirkuit Sentul juga menjadi saksi sejarah bangsa Indonesia menjadi penyelenggara MotoGP tahun 1996 dan 1997.

Dengan panjang 4,12 kilometer dan 11 tikungan, Sirkuit Sentul merupakan milik swasta. Adalah Hutomo Mandala Putra atau Tommy, putra mantan Presiden Republik Indonesia Soeharto yang menjadi pemilik Sirkuit Sentul.

Sekarang Sirkuit Sentul masih rutin menjadi penyelenggara Asia Road Racing Championship (ARRC). Sedangkan balap lokalnya adalah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) IRS (Indospeed Race Series). Juga ajang balap Yamaha Sunday Race (YSR).

Selain Sirkuit Sentul yang sering disebut sebagai Sentul Besar, kawasan tersebut juga masih memiliki satu sirkuit lagi. Dikenal dengan Sentul kecil atau Sirkuit Gokart Sentul. Keberadaan sirkuit dengan panjnag 1,2 kilometer tersebut selain untuk ajang balap gokart juga sering digunakan untuk berbagai pentas balap motor. Baik klub event maupun Kejurda (Kejuaraan Daerah).

Baca Juga
Perempuan Ini Sosok Penting Bagi Rossi

2. Sirkuit Gery Mang
Masih dari Jawa Barat. Kali ini Sirkuit Gery Mang yang berlokasi di belakang terminal Subang, Jawa Barat. Sirkuit yang didesain oleh IMI Jawa Barat dan Insan Otomotif Subang ini memiliki panjang lintasan 1,118 kilometer dengan lebar bervariasi antara 8,5 - 12meter.

Tahap pertama Sirkuit Gery Mang dibangun dengan dana APBD sekitar Rp9 miliar. Berbagai event balap pun hingga kini sering kali diadakan di Sirkuit Gery Mang. Trek yang terletak di lahan seluas 3,5 hektar ini juga pernah digunakan untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 Jawa Barat.

Sirkuit yang dibangun tahun 2009 ini, namanya diambil dari seorang pebalap nasional, putra daerah Kabupaten Subang. Yaitu almarhum Gery yang meninggal saat mengikuti event balap di halaman Polres Subang.

3. Sirkuit Puncak Mario
Sirkuit Puncak Mario terletak di Kabupaten Sidenreng Rappang atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sidrap, salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan. Sirkuit Puncak Mario dibangun di atas lahan seluas 8 hektar dengan panjang lintasan 1,4 kilometer dan lebar 12meter.

Pembangunan sirkuit ini juga didukung oleh Pemerintah Daerah dengan anggaran biaya sekitar Rp4 Miliar. Sirkuit Puncak Mario selesai dibangun sekitar akhir tahun 2015. Dua event perdana yang digelar adalah Grand Final Kejurnas Motorprix dan HRC (Honda Racing Championship) sekarang dikenal dengan Honda Dream Cup (HDC).

Menariknya, balapan di Sirkuit Puncak Mario sering kali digelar pada malam hari. Memang karena sirkuit ini juga dilengkapi dengan 700 lampu di sepanjang trek. Dengan 1 lampunya 400 watt. Sirkuit permanen yang dimiliki oleh H.Rusdi Masse ini dalam pembangunannya juga melibatkan pebalap Hokky Krisdiyanto sebagai pencipta lay out.

Baca Juga
LCR Honda Pernah Jadi 'Budak Sex' Playboy

4. Sirkuit Manggul
Sirkuit Manggul berlokasi di Lahat, Sumatera Selatan. Sirkuit ini dibangun dengan dana pribadi dari Aswari Rivai. Pembangunannya juga dilakukan di lahan pribadinya dengan luas area 10,5 hektar. Letak sirkuitnya sendiri berada di pusat Kota Lahat dan dekat dengan berbagai fasilitas penunjang seperti hotel serta pusat perbelanjaan.

Keberadaan Sirkuit Manggul pertama kali dideklarasikan pada 21 Mei 2017. Sirkuit Manggul memiliki panjang lintasan 1.616meter dengan lebar trek antara 8-18 meter. Juga dilengkapi 8 tikungan, 4 tikungan ke kanan dan 4 tikungan ke kiri. Sementara trek lurus terpanjangnya 400meter.

Paddock untuk pebalap dan tim pun tertata rapi dan tampil beda dengan kebanyakan paddock yang ada di sirkuit di Indonesia. Sirkuit Manggul juga bisa digunakan untuk beberapa cabang olahraga otomotif. Bukan hanya balap motor seperti road race dan drag bike. Tapi balap mobil seperti slalom, time attack maupun cabang balap gokart juga bisa digelar di sini.

5. Sirkuit Bung Tomo
Sirkuit Bung Tomo berlokasi di area komplek Stadion Gelora Bung Tomo. Meski pengerjaannya belum rampung 100 persen, namun sirkuit yang diklaim menghabiskan dana sekitar Rp150 milyar tersebut sudah diresmikan oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Sirkuit tersebut memiliki panjang lintasan sekitar 1,2 kilometer. Memiliki lintasan lurus terpanjang sekitar 400meter. Sirkuit dilengkapi 9 tikungan dengan 6 ke kanan dan 3 ke kiri. Selain untuk ajang balap road race, sirkuit ini juga bisa untuk balap lainnya seperti drag bike maupun drag race (mobil).

Sirkuit Bung Tomo dengan nama lengkapnya Bung Tomo International Circuit pertama kali digunakan pada November 2017 lalu saat event Grand Final Kejurnas Motoprix.

Baca Juga
Sepele Tapi Penting, Ini Fungsi Lap Board Sesungguhnya

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok. Sportku.com | Editor: Andi Wahyudi | 5 March 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Lima Calon Pengganti Luis Milla

Lima Calon Pengganti Luis Milla

TOP 5
5 Sirkuit Terpendek MotoGP

5 Sirkuit Terpendek MotoGP

TOP 5
Lima Pesepakbola Kaya Sejak Lahir

Lima Pesepakbola Kaya Sejak Lahir

TOP 5
Siap Bertarung di Piala Asia 2019

Siap Bertarung di Piala Asia

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company