image

Ini Regulasi Pemain di Liga 1 Musim 2018

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sportku | Editor: Andi Wahyudi | 8 March 2018

SPORTKU.COM

Tidak banyak perubahan yang terjadi pada regulasi yang akan diterapkan pada Liga 1 musim 2018 mendatang.

Liga 1 musim 2018 dipastikan akan bergulir pada 23 Maret 2018 mendatang. Sama seperti musim lalu, terdapat regulasi-regulasi yang harus dipatuhi oleh tim-tim peserta liga yang berjumlah sebanyak 18 kontestan.

Adapun perubahan pertama adalah jatah pemain asing. Bila musim lalu peraturannya adalah 2+1+1 alias dua pemain bebas,satu pemain Asia, dan satu pemain Marquee Player. Kini peraturan tersebut berubah menjadi 3+1 alias tiga pemain bebas dan satu pemain Asia.

Perubahan kedua adalah terkait pemain U-23. Di musim lalu, tepatnya di awal musim, sebanyak pemain U-23 diwajibkan dimainkan. Kini, di musim 2018, peraturan tersebut diubah menjadi tak diwajibkan, namun harus mendaftarkan sebanyak tujuh pemain U-23.

“Regulasi pemain asing 3+1, sementara pemain U-23 wajib didaftarkan tujuh pemain tapi tak wajib dimainkan,” ujar Chief Operational Officer (COO) PT Liga Indonesia Baru (LIB), Tigor Shalomboboy dalam konferensi pers acara Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) 2018 yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (8/3).

Sementara, meski tak diwajibkan, namun PT LIB rencananya akan memberikan penghargaan kepada klub yang memaksimalkan pemain muda mereka.

Baca juga
Ini Jadwal Kickoff Liga 1 2018

“Pemain U-23 nanti kebijakan dari masing-masing klub. Ini muncul dari PSSI jadi nantinya di akhir musim akan ada intensif yang diberikan kepada klub dengan menggunakan pemain tersebut. Mekanisme seperti apa itu yang akan dibicarakan nanti,” kata Tigor.

Jatah AFC Cup

Liga 1 musim 2018 rencananya akan berakhir pada Desember. Hal tersebut tentu menganggu lantaran pihak AFC selaku otoritas sepak bola Asia mewajibkan setiap negara untuk mendaftarkan klub untuk berkompetisi di ajang Liga Champions Asia dan Piala AFC pada Oktober atau November.

Meski demikian, Tigor mengaku bahwa tak masalah bila Liga 1 baru akan selesai pada Desember. Ia menuturkan bahwa Indonesia tetap bisa mengirimkan dua klub perwakilan Indonesia di kompetisi Asia lantaran Indonesia dipastikan mendapatkan dua jatah di Piala AFC.

“AFC 2019 tidak ada masalah untuk itu deadline AFC itu biasanya Oktober-November tapi secara regulasi Indonesia sudah punya slot kemudian ada dua klub lolos langsung AFC Cup. Untuk workshop Desember, Kemungkinan empat lima klub saat kompetisi masih bergulir boleh mengikuti workshop, tidak ada masalah, Indonesia tidak akan kehilangan slot,” tutur Tigor.

Baca juga
Praveen/Melati Tumbangkan Duet Malaysia

 

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sportku | Editor: Andi Wahyudi | 8 March 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company