image

Pebalap Muda F1 Di 2018

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 8 March 2018

SPORTKU.COM

Ajang balap Formula 1 2018 akan diwarnai oleh sejumlah pebalap muda yang memiliki bakat dan prestasi.

Gelaran bergengsi motorsport, F1 akan segera dimulai. Menariknya, pada musim ini akan hadir beberapa pebalap muda yang akan bersaing dengan pebalap senior seperti Sebastian Vettel, Kimi Raikkonen atau Lewis Hamilton.

Berikut 5 pebalap muda kelahiran era 90-an yang bakal ngebut di Formula 1 musim 2018:

Lance Stroll - Williams Racing (29 Oktober 1998)
Stroll pernah menyabet gelar Toyota Racing Series pada 2015 di Selandia Baru. Ia merekam 10 podium termasuk empat kemenangan dari 16 balapan dimulai.

Bersama Prema Powerteam, pebalap asal Kanada ini juga pernah memenangkan Euro F3 Championship. Stroll telah melewati musimnya sebagai rookie F1 bersama Williams di musim 2017.

Meskipun telah berhasil membuktikan diri pada musim pertamanya sebagai rookie, pebalap yang mengaku kagum dengan Lewis Hamilton ini lebih sering disorot sebagai 'pebalap bayaran' lantaran ia bisa tampil di F1 karena uang dari ayahnya.

Charles Leclerc - Alfa Romeo Sauber (16 Oktober 1997)
Pebalap asal Monako ini merupakan juara seri GP3 musim 2016 dan Formula 2 musim 2017. Leclerc naik kelas ke ajang Formula 1 di musim 2018 dengan bergabung bersama tim Sauber.

Pebalap binaan Ferrari ini sebelumnya juga telah menggusur posisi Pascal Wehrlein di Sauber, dan Wehrlein pun harus kembali ke DTM. Kini, Leclerc akan menjadi rekan setim Marcus Ericsson dengan mengendarai C37.

Max Verstappen - Red Bull Racing (30 September 1997)
Pebalap asal Belgia ini memiliki pengalaman pertama menjajal mobil balap di Sirkuit Pembrey pada 2013 silam. Ia melaju 160 lap dalam Barazi Epsilon FR2.0-10 Formula Renault mobil.

Pebalap berusia 20 tahun ini memang terbilang cukup hebat karena ia menjadi pebalap F1 di usia 17 tahun. Bahkan setelah Grand Prix Rusia pada 2016 lalu, Red Bull mengumumkan bahwa Verstappen akan menggantikan Daniil Kvyat untuk Spanyol Grand Prix 2016, dan Kvyat pun harus kembali ke Toro Rosso.

"Max telah terbukti menjadi bakat muda yang luar biasa. Penampilannya di Toro Rosso telah mengesankan sejauh ini dan kami senang memberinya kesempatan untuk drive bersama Red Bull Racing," ujar Red Bull Tim Principal, Christian Horner.

Baca Juga :
Tiga Televisi Tayangkan Liga Indonesia

Esteban Ocon - Force India (17 September 1996)
Ia adalah salah satu pebalap uji coba program pengembangan tim Mercedes-Benz dan tercatat sebagai pebalap cadangan untuk tim Renault.

Pebalap kelahiran Normandia ini baru memulai debutnya di ajang F1 sejak 2016 lalu, atau lebih tepatnya satu tahun setelah Verstappen menjalani balapan perdana bersama tim Toro Rosso.

Verstappen dan Ocon merupakan rival yang pernah sama-sama berjuang memperebutkan tahta di ajang balap Formula 3.

Sergey Sirotkin - Williams Racing (27 Agustus 1995)
Sebelum berlabuh menjadi pebalap F1, Sirotkin membalap di beberapa ajang diantaranya Formula 2, Seri GP2, dan Formula Tiga. Ia merupakan juara Seri Formula Abarth Eropa tahun 2011.

Pada GP2 musim 2015, Sirotkin sempat berkompetisi dengan Vandoorne. Meski tidak sukses mendominasi untuk merebut gelar ART Grand Prix, Sirotkin berhasil meraih hasil yang bagus dengan finis di urutan ketiga kompetisi.

Sirotkin juga sempat menjadi pebalap tes untuk Sauber pada musim 2014. Ia kemudian bergabung menjadi pebalap tes Renault pada musim 2016-2017 sebelum bergabung dengan Williams dalam tes pasca Grand Prix (GP) Abu-Dhabi.

Dalam tes tersebut Sirotkin mengeluarkan kemampuannya dalam mengolah kemudi di dalam kokpit. Ia berhasil mengalahkan para pebalap lain seperti Robert Kubica Paul di Resta, Daniil Kvyat dan Pascal Wehrlein yang sama-sama memperebutkan kursi kosong milik Williams. Kini ia menjadi rekan setim Lance Stroll di F1 untuk musim 2018.

Baca Juga :
Sabar Jadi Kuncian Advannov

 

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 8 March 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company