image Ekspresi Sam Gaze  di garis finish Samuel Gaze juara kategori elite putra Piala Dunia MTB XCO #1 di Stellenbosch (Worldcupstellenbosch)

Taklukkan Juara Dunia, Gaze: Mimpi yang Jadi Kenyataan

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Worldcupstellenbosch | Media Source: Worldcupstellenbosch | 12 March 2018

uploads/news/2018/03/mimpi-gaze-jadi-kenyataan-24401297fa612db.jpg

Mimpi Gaze Jadi Kenyataan

piala-dunia-mtb-xco-7062586bf8e56d0
piala-dunia-mtb-xco-42290585aa5eaf5
SPORTKU.COM

Samuel Gaze serasa bermimpi saat ia memenangkan race pembuka Piala Dunia MTB XCO, di Stellenbosch, Afrika Selatan, Sabtu (10/3).

Pasalnya, pada race tersebut, Gaze mengalahkan Juara Dunia Nino Schurter. Rider Selandia Baru itu langsung terjatuh ke tanah setelah finish. Dia sempat mengalami kram pada beberapa lap terakhir. Namun setelah mengalahkan Schurter, yang tak terkalahkan pada enam seri Piala Dunia 2017 lalu, Gaze akhirnya tersenyum, melupakan semua rasa sakitnya.

Maxime Marotte, dari Prancis, berada di urutan ketiga dalam sprint, setelah Schurter sempat tersendat setelah kaki kirinya mengalami masalah dengan pedalnya. Mathieu van der Poel, dari Belanda, berada di urutan keempat dan pebalap Prancis Titouan Carod di tempat kelima.

"Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan," kata Gaze, yang pada tahun lalu memenangkan Kejuaraan Dunia U-23 untuk kedua kalinya.

"Kita menjalani hidup, melalui orang-orang ini dan memandang mereka sebagai pebalap top. Saya melihatnya di London 2012 dan Jaroslav (Kulhavy, peraih medali emas Olimpiade 2012) dan Nino berlomba di sana. Anda selalu bermimpi bahwa Anda bisa melakukannya. Anda selalu tidur sambil berharap bisa melakukannya. Dan setelah bisa melakukannya, sungguh itu menjadi sesuatu yang luar biasa," tambah Gaze.

"Memenangkan sprint ini, saya sesaat tak percaya. Saya mulai kram pada setengah lap. Saat kami mendekati akhir, aku tahu, aku harus berada di depan. Aku pun pergi untuk itu, saat kami melewati jembatan dan terjatuh. Saya tidak pernah yakin, tapi sungguh menakjubkan. Saya semakin dekat (dengan potensi yang besar). Saya mengalami banyak masalah tahun lalu, masalah pribadi, masalah fisik yang harus saya lalui. Saya tahu, saya berada di tempat yang baik pada akhir pekan ini. Anda selalu menginginkannya. Tapi saat menjadi kenyataan, itu menenangkan pikiran," urai Gaze.

Gaze dan Schurter telah saling membayangi sejak awal. Pebalap Selandia Baru unggulan ke-30 itu, harus memilih umpan balik untuk mencapai akhir lomba yang ketat. Keduanya dengan cepat membentuk kelompok eksklusif di depan, dikejar oleh Marotte dan Van der Poel. 

Namun pasangan kedua tidak bisa menutup celah. Gaze bergerak maju dari Schurter di putaran final dan melakukan serangan pada juara dunia lima kali itu pada setengah jalan menjelang finish.

Schurter menanggapi dan mencoba melakukan serangannya di depan bagian Khoi Spirit. Namun Gaze berhasil menahannya.

Sementara itu, Marotte telah menjauh dari pasangan di depannya saat balapan mendekati garis finish. Dia berada dalam jarak yang jauh saat mereka melewati jembatan terakhir.

Gaze memulai sprint-nya di jembatan sebelum tikungan terakhir. Beberapa detik kemudian, Gaze pun memenangkan pertandingan pembukaan Piala Dunia, mengalahkan Juara Dunia dan menjadi bakat baru yang harus diwaspadai pada musim 2018.

 

Baca juga:
PACIFIC CAESAR SURABAYA WALK OUT

Baca juga:
YANTI FUCHIATI TEMBUS 10 BESAR, AYU SPRINTER TERBAIK


Samuel Gaze juara kategori Elite Putra Piala Dunia MTB XCO #1 di Stellenbosch 
piala-dunia-mtb-xco-42290585aa5eaf5.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Worldcupstellenbosch | Media Source : Worldcupstellenbosch | 12 March 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company