Waldmann, Mantan Rival Biaggi Meninggal Dunia

Text : Suhartono | Photo / Video : Speedweek | Editor: Andi Wahyudi | 13 March 2018

SPORTKU.COM

Berita duka datang dari dunia MotoGP. Ralf Waldmann dikabarkan meninggal dunia pada 10 Maret 2018 lalu di usia 51 tahun.

Untuk era sekarang mungkin memang belum banyak yang tahu tentang sosok Waldmann. Dia merupakan pebalap kelahiran Hagen, Jerman Barat pada 14 Juli 1966 silam. Dia menjalani debut balap GP 500 di GP Jepang pada tahun 1998. Sedangkan debut balap GP Motor dijalani pada tahun 1987 di GP Jerman Barat pada Kelas 80cc.

Selama membalap, Waldmann telah memenangi enam balapan di Kelas 125cc. Dia juga mengantongi 14 kemenangan saat membalap di Kelas 250cc. Karir balapnya terhenti pada tahun 2002. Waldmann juga menjadi runner up di GP250 pada tahun 1996 dan 1997. Saat itu dia kalah dari Max Biaggi dengan masing-masing selisih 6 poin dan 2 poin.

Hasil manis itu membuat dirinya dilirik oleh Kenny Roberts untuk menjadi pebalapnya. Bersama tim Marlboro Team Roberts, Waldmann naik kelas 500cc pada tahun 1998. Dan mengakhiri balapan di posisi 14 klasemen akhir dengan hanya 46 poin.

Baca Juga
Kawasaki Fest Day Sambangi Semarang, Kasih Motor Gratis

Karirnya di Kelas 500cc tak sukses. Dia kembali turun di Kelas 250cc. Kemenangan terakhir Waldmann di GP Inggris tahun 2000 yang sangat spektakuler. Tampil di Sirkuit Donington Park yang licin, Jerman Waldmann meraih kemenangan yang menakjubkan. Start dari posisi ke-21 untuk merebut kemenangan di tikungan terakhir.

Tahun 2003, Waldmann berhenti dari dunia balap. Waldmann kemudian berencana untuk kembali setelah pensiun dengan menandatangani kontrak bersama tim Harris WCM MotoGP. Namun hal itu urung terlaksana. Proyek kesepakatan mereka berhenti sebelum dimulainya musim 2003.

Penampilan terakhir Waldmann di GP Inggris 2009 pada usianya yang sudah 43 tahun. Dia tampil bersama Kiefer Racing sebagai pebalap pengganti. Namun sayang, dia gagal finish. Itu menjadi akhir penampilan Waldmann sebelum dirinya banting stir menjadi komentator MotoGP.

Selama hidupnya, Waldmann telah bekerja sebagai komentator MotoGP untuk Eurosport. Kini semua tentangnya telah menjadi kenangan. Miris, seperti dilaporkan Crash, penyebab kematiannya masih belum diketahui. Namun diindikasikan, Waldmann meninggal karena serangan jantung.

Baca Juga
Jadwal Tayang MotoGP 2018 di Indonesia
Madura United Keberatan Dengan Draft Jadwal Liga 1

Text : Suhartono | Photo / Video : Speedweek | Editor: Andi Wahyudi | 13 March 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

FIM Perberat Hukuman Untuk Fenati

FIM Perberat Hukuman Untuk Fenati

MOTO2
Jesko Raffin Turun di MotoE

Jesko Raffin Turun di MotoE

MOTOGP
Aleix Espargaro Berharap Keberuntungan

Aleix Espargaro Berharap Keberuntungan

MOTOGP
Masa-masa Sulit Adrian di Portugal

Masa-masa Sulit Adrian di Portugal

SUPERBIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company