Akademi Sporting Lisbon, Pencetak Pemain Berbakat

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : NYTimes | Editor: Andi Wahyudi | 14 March 2018

Sporting Lisbon, Pencetak Pemain Berbakat

SPORTKU.COM

Inilah Sporting Lisbon, klub yang sukses melahirkan dua pemain yang mampu memenangkan gelar Ballon d’Or alias pemain terbaik dunia.

Sporting Lisbon merupakan salah satu klub tersukses di Portugal. Tercatat mereka telah sukses memenangkan sebanyak 13 gelar Liga Portugal, 16 gelar Piala Portugal dan segelintir gelar lainnya, termasuk satu gelar Piala Winner.

Adapun yang menjadi kunci kesuksesan Sporting dalam meraih banyak prestasi lantaran keberhasilan mereka dalam mengembangkan akademi sepak bola. Dari sini, lahirlah pemain-pemain berbakat bahkan di antara mereka sukses menjadi pemain bintang dan terpilih menjadi pemain terbaik di dunia.

Dua pemain tersebut adalah Luis Figo dan Cristiano Ronaldo. Keduanya sukses meraih Ballon d’Or alias pemain terbaik dunia. Bahkan Ronaldo sendiri tercatat sukses memenangkan gelar tersebut lebih dari satu kali.

Memang kedua pemain tersebut tak memiliki riwayat panjang di klub. Figo hanya bermain selama enam musim di Sporting. Bahkan, Ronaldo lebih singkat. Ia hanya menjalani satu musim berkarir sebagai pemain sepak bola di klub tersebut. Figo dan Ronaldo masing-masing hanya mempersembahkan satu gelar bagi tim berjuluk Leons tersebut.

Meski kehilangan banyak pemain hebatnya, Sporting tak merasa bermasalah. Justru dengan kepergian keduanya membuat mereka justru lebih produktif dalam menghasilkan pemain berbakat untuk menopang klub mengarungi kerasnya liga.

Bahkan ketelatenan mereka dalam memaksimalkan pemain yang berasal dari akademi membawa berkah bagi Portugal. Kesuksesan mereka di ajang Piala Eropa 2016 silam adalah berkat jasa besar Sporting.

Bagaimana tidak, sepuluh dari total 14 pemain yang diturunkan Manajer Portugal, Fernando Santos pada partai final Piala Eropa 2016 melawan Prancis merupakan pemain jebolan akademi Sporting dimana delapan pemain di antaranya dipercaya tampil sebagai starting line up.

Hasilnya, Portugal yang berstatus sebagai kuda hitam itu sukses memenangkan gelar Piala Eropa melawan Prancis yang bermain dihadapan suporternya sendiri.

Baca juga
Zarco Ingin Menang di GP Qatar

Di Balik Kesuksesan Akademi Sporting

Halaman depan akademi Sporting (Maisfutebol )
akademi-sporting-lisbon-nytimes--43353f6343133e5.jpg

Academia Sporting merupakan nama akademi milik Sporting. Berlokasi di kawasan perdesaan Alcochete, Portugal dan dikenal sebagai akademi sepak bola terbaik di dunia. Mereka memiliki fasilitas super lengkap dan infrastruktur megah di area seluas 250.000 meter persegi yang diresmikan pada tahun 2002 silam.

Selain lapangan latihan, di dalamnya juga terdapat fasilitas penunjang seperti tempat tinggal, gym, kolam renang, dan tempat belajar.

Yang berbeda dari akademi lainnya di dunia adalah mereka tak mematok filosofi permainan. Artinya, setiap pemain dikembangkan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Miguel Miranda, selaku pelatih akademi mengatakan bahwa mereka tak hanya sekedar menciptakan pemain, tapi mengembangkan pemain yang mampu menyerap pengetahuan dari filosofi lain.

"Jika pemain tidak tampil sesuai standar yang kami perlukan untuk usia mereka dan tubuh mereka telah berhenti berkembang, kami akan melepaskannya. Kami lebih memilih remaja kurus dan canggung untuk menjadi produk jadi di usia 15. Sekali lagi, di sini, Cristiano adalah contoh sempurna. Kami tidak ingin mereka menjadi profesional di 14. Kami ingin mereka menjadi profesional di 20,” ungkap Miranda seperti dikutip dari The Guardian.

Pemain andalan Tottenham Hotspurs, Eric Dier yang merupakan jebolan Sporting mengaku bahwa masuk dalam akademi klub tersebut membuat dirinya berkembang pesat dan selama di sana ia merasa telah dididik dengan baik.

“Mereka tidak akan pernah marah kepada anda jika melewatkan umpan tapi mereka akan melakukannya jika anda tidak menghormati orang lain. Tidak ada yang berteriak. Pemain yang baik untuk mereka adalah seseorang yang bisa mengerti saat mereka melakukan kesalahan dan memperbaikinya sendiri,” ujarnya.

Sistem Perekrutan Unik

Martunis ketika diperkenalkan sebagai pemain Sporting (topskor)
akademi-sporting-lisbon-nytimes--347330220f492c9.jpg

Kehadiran akademi tentu mengundang banyak pesepak bola muda untuk bisa bermain di sana. Namun mereka justru melakukan perekrutan dengan cara unik. Selain memiliki pemandu bakat yang tersebar di seluruh dunia, mereka juga merekrut dengan cara menanyakan kepada penduduk setempat siapa pesepak bola muda yang dinilai mereka memiliki kelebihan olah bola di atas rata-rata.

"Saya berbicara dengan pelatih, wasit, petugas pemadam kebakaran, polisi yang paling menjanjikan. Kami membawa yang terbaik dari mereka ke Lisbon untuk dilatih. Begitulah cara kita menjadi klub pertama di negara ini untuk mengorganisir kepramukaan remaja di tingkat nasional,” ujar Aurelio Pereira, Direktur Perekrutan Pemain Muda seperti dikutip dari New York Times.

Di Indonesia sendiri, Martunis, pesepak bola muda reputasinya identik dengan bencana tsunami Aceh mendapatkan kesempatan berlatih di akademi mereka pada tahun 2015 lalu. Meski tak diperpanjang, anak asuh Ronaldo itu mengaku banyak mengalami perkembangan dan sempat berseragam PS TNI pada musim 2017 lalu.

“Saya merasa lebih kuat daripada ketika saya tiba dan lebih banyak otot yang berkembang di tubuh saya sekarang," ungkap Martunis seperti dikutip dari Goal Indonesia.

Tak heran bila akademi Sporting pun diberikan sertifikat ISO 9001:2008 sebagai bentuk pengakuan bahwa mereka merupakan akademi yang menjadi suri teladan bagi akademi sepak bola di seluruh dunia.

Baca juga
Volkswagen Absen di Formula 3

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : NYTimes | Editor: Andi Wahyudi | 14 March 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Fakhri: Lawan Vietnam Seperti Latihan

Fakhri: Lawan Vietnam Seperti Latihan

FOOTBALL
Mourinho Semprot Pemain MU

Mourinho Semprot Pemain MU

FOOTBALL
Demi Gengsi, Persib Harus Menang

Demi Gengsi, Persib Harus Menang

FOOTBALL
Kontraknya Segera Berakhir, Valverde Santai

Kontraknya Segera Berakhir, Valverde Santai

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company