image

Ferrari Mengejutkan, Mercedes Masih Tanda Tanya

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 16 March 2018

SPORTKU.COM

Seluruh tim F1 telah melakukan tes pramusim beberapa waktu lalu. Siapa saja yang mendapatkan hasil positif? Berikut laporan lengkapnya!

Sebelum balapan dimulai 25 Maret mendatang, penyelenggara seperti biasa memberikan sesi tes bagi seluruh tim balap yang berpartisipasi dalam gelaran Formula 1 2018.

Berdasarkan informasi yang dibeberkan oleh Formula 1, seluruh tim ikut ambil bagian, tanpa terkecuali. Ada beberapa hal yang mereka fokuskan dalam tes pramusim kali ini, salah satu di antaranya adalah paket aerodinamika.

Selama penyelenggaraaan yang berlangsung, Formula 1 telah memaparkan beberapa data yang menarik. Pertama adalah pebalap yang tercepat di sesi tes pramusim ini. Scuderia Ferrari, melalui pebalap andalannya, Sebastian Vettel, sukses membukukan waktu tercepat satu menit 17,182detik.

Kala itu, Vettel, tengah melakukan pengetesan paket aerodinamika SF71H yang dipasangkan dengan ban baru Pirelli, Hypersoft. Maklumat yang dikeluarkan oleh produsen ban asal Italia tersebut mengatakan hypersoft memiliki keunggulan lebih cepat setengah detik lebih.

Dari kecepatan yang ditorehkan oleh masing-masing pebalap, McLaren juga sukses menggemparkan lewat performa Fernando Alonso. Alonso sukses menempati urutan ketiga di bawah duo Ferrari dengan catatan waktu satu menit 17,784detik atau terpaut 0,602detik dari Sebastian Vettel.

Baca juga:
Mengulang Romantisme Bersama Kawasaki W175

Meski sukses menjadi yang tercepat selama pengujian pramusim, namun Ferrari, terlihat tidak memaksimalkan kemampuan mobilnya dengan jarak yang cukup jauh. Dibandingkan dengan rival utamanya, Mercedes AMG F1 yang sukses membukukan 1.040 lap, Ferrari hanya mencetak 929 putaran sepanjang tes pramusim.

Kemudian di posisi ketiga ditempati oleh Toro Rosso yang tahun ini resmi menggunakan mesin Honda sebagai daya utamanya dengan 822 putaran. Sementara Williams Racing, sukses mengemas 819 putaran dengan melibatkan tiga pebalapnya, Lance Stroll, Sergey Sirotkin dan juga Robert Kubica.

Di sisi lain, ada sebuah perbandingan yang mencolok jika dikaitkan dengan musim lalu. McLaren, menjadi tim yang paling drastis perubahannya dalam hal catatan waktu.

Memang, tahun lalu, McLaren harus bersusah payah untuk mencapai paket terbaiknya, namun untuk tahun ini, McLaren berhasil menampilkan performa yang lebih baik dengan memangkas waktu 3,564detik. Di tahun lalu, McLaren mencetak waktu satu menit 21,348 sedangkan tahun ini mereka sukses mempertajam waktunya menjadi satu menit 17,784detik.

Sedangkan Mercedes, mereka tidak banyak memangkas waktu dari tahun lalu. Berdasarkan catatan Formula 1, skuat Silver Arrow ini hanya memangkas 0,910detik. Tahun lalu, Mercedes membukukan waktu satu menit 19,310detik, sedangkan tahun ini, mereka mempertipis dengan catatan waktu satu menit 18,400detik

Baca juga:
Aksi Jakmania Dukung Persija Jakarta

Lalu, apa arti dari semua data tersebut?

Ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi di musim ini. Namun satu hal yang patut diperhitungkan adalah performa Mercedes yang masih menjadi musuh semua tim. Pasalnya, Mercedes, masih belum menunjukan keseluruhan kemampuan lewat rangkaian tes pramusim ini.

Salah satunya adalah Mercedes belum menggunakan ban hypersoft dalam tes pramusim, ini patut menjadi perhatian dari seluruh tim. Berbekal penggunaan kompon yang ada, tim asuhan Toto Wolff mampu mencetak beberapa pencapaian baru.

Di sisi lain, hadirnya kerjasama baru seperti McLaren dengan Renault dan Toro Rosso dengan Honda, akan membuka peta persaingan baru. Honda kini terlihat lebih kuat jika dibandingkan tahun lalu. Sementara Toro Rosso, mereka juga menampilkan peningkatan yang signifikan meskipun diisi oleh pebalap muda.

Karena tahun ini regulasi yang diterapkan tidak begitu banyak perubahan, performa Ferrari kembali dipertanyakan, apakah mereka mampu melawan kedigdayaan Mercedes dan merebut titel Juara Dunia?

Bekal yang mereka dapat saat tes pramusim ini memang belum bisa mencerminkan situasi dalam balapan. Ada beberapa strategi lain yang mungkin harus Ferrari kembangkan agar harapan mereka untuk menguasai ajang Jet Darat 2018 bisa terlaksana sesuai yang mereka harapkan!

Baca juga
Ini, 24 Pemain Pilihan Luis Milla

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 16 March 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company