image

Resmi, Piala Dunia 2018 Gunakan VAR

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Gmdsports | Editor: Dedi Hermawan | 17 March 2018

SPORTKU.COM

FIFA telah menyetujui penggunaan VAR untuk pertama kalinya di Piala Dunia usai pertemuan dewan organisasi mereka di Bogata, Jumat (16/3).

Piala Dunia 2018 di Rusia dipastikan akan menjadi Piala Dunia pertama yang akan menerapkan teknologi video asisten wasit (VAR). Hal tersebut disampaikan oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino dalam pertemuan Dewan FIFA yang dilakukan di Bogota, Kolombia, Jumat (16/3).

"Kami juga berbicara tentang sepak bola, kami akan mengadakan Piala Dunia pertama kami di tahun 2018 dengan teknologi video asisten wasit. Ini sudah diadopsi dan disetujui dan jelas kami sangat senang dengan keputusan itu,” ungkap Infantino seperti dikutip dari Soccerway, Sabtu (17/3).

Keputusan tersebut dilakukan oleh pihak FIFA usai mendapatkan persetujuan resmi dari Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional [IFAB], badan pembuat peraturan sepak bola, pada pertemuan umum tahunan di Zurich.

Baca juga
Gol Pertama Evan Dimas di Malaysia

"Ya, seperti yang saya katakan sebelumnya, itu adalah keputusan penting, sebuah keputusan bersejarah, berdasarkan temuan IFAB dua minggu yang lalu, kurang lebih," kata Infantino.

"Keputusan berdasarkan uji coba yang dilakukan di lebih dari seribu pertandingan, memberi kami jaminan bahwa VAR benar-benar membantu wasit - akan membantu kami untuk memiliki olahraga yang lebih adil dan transparan,” imbuh pria berusia 47 tahun.

Wasit sudah mengerjakan pekerjaannya dan bisa membuat kesalahan seperti manusia, jika kita bisa membantunya memperbaiki kesalahan ini, mari kita melakukannya. Itulah posisi kita," sambungnya.

VAR sendiri sebelumnya sudah digunakan di ajang Bundesliga (Jerman), Serie A (Italia), dan Piala Liga Inggris (Inggris). Untuk ajang internasional, FIFA sudah menerapkan teknologi untuk membantu wasit di ajang Piala Konfederasi 2017 lalu.

Baca juga
Perjalanan Pacific Bike di Indonesia

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Gmdsports | Editor: Dedi Hermawan | 17 March 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company