Navratilova: McEnroe Dibayar 10 kali Lebih Besar

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : BBC | Editor: Andi Wahyudi | 19 March 2018

Navratilova Tuntut Kesetaraan Honor

SPORTKU.COM

Legenda tenis wanita Martina Navratilova menuduh BBC pilih kasih soal nilai honorarium antara komentator pria dan wanita.

Alasan Navratilova akan kesenjangan pembayaran ini mengemuka setelah menemukan fakta bahwa rekan komentatornya yang juga seorang legenda tenis John McEnroe dibayar paling sedikit 10 kali lebih banyak darinya.

Peraih gelar Wimbledon sembilan kali ini mengatakan kepada media Panorama bahwa dia dibayar sekitar £ 15.000 oleh BBC untuk peran komentatornya di Wimbledon. Sementara McEnroe memperoleh antara £ 150.000 dan £ 199.999. Paket pembayaran McEnroe terungkap dalam daftar honorarium atlet papan atas pada musim panas lalu.

Dalam sebuah wawancara untuk Panorama yang bertajuk Britain’s Equal Pay Scandal, mengudara pada Senin, Navratilova mengatakan, "Ini mengejutkan karena John McEnroe memperoleh setidaknya £ 150.000 ... Saya mendapatkan sekitar £ 15.000 untuk Wimbledon. Kecuali John McEnroe melakukan pekerjaan-pekerjaan lain di luar Wimbledon. Dia mendapatkan paling sedikit 10 kali lebih banyak".

Navratilova yang mengatakan bahwa dia diberi bayaran yang yang tak serbanding dengan pria dalam melakukan pekerjaan yang sama, menambahkan: "Kami tidak diberitahu yang sebenarnya, itu pasti. Masih terlihat jelas network untuk kaum pria. Intinya adalah bahwa suara laki-laki lebih dihargai daripada suara perempuan". Dia juga menambahkan bahwa agennya akan meminta lebih banyak nilai bayaran di masa depan.

Menanggapi tuduhan Navratilova, BBC Sport melakukan pembelaan, dengan mengatakan bahwa peran McEnroe adalah "skala, cakupan dan komitmen waktu yang berbeda". Kepada Navratilova, BBC menambahkan, "Mereka sama sekali tidak sebanding".

Seorang juru bicara mengatakan, "Bersama Sue Barker (mantan pemain tenis dan seorang presenter) John dianggap sebagai profil yang mumpuni untuk Wimbledon kita. Dia adalah suara yang menentukan dalam cakupan BBC. Dia secara luas dianggap sebagai ahli atau komentator terbaik dalam olahraga ini. Ia sangat dihargai oleh pemirsa kami dan kontrak eksklusifnya memiliki konsekuensi tidak dapat bekerja sebagai komentator di media Inggris lainnya tanpa seizin kami. Upahnya mencerminkan semua ini. Jenis kelamin bukanlah faktor."

Baca Juga:
Del Potro Hentikan Ambisi Rekor Tak Terkalahkan Federer

Panorama mengatakan bahwa McEnroe, juara Wimbledon tiga kali itu, tampil sekitar 30 kali untuk BBC di Wimbledon tahun lalu, dibandingkan dengan penampilan Navratilova yang ke-10.

Daftar gaji yang terkait gender di BBC meletup pada musim panas lalu ketika media tersebut menerbitkan daftar penghasilan para bintang atlet. Dalam daftar tersebut terungkap bahwa wanita hanya berjumlah tiga dan tujuh besar adalah pria. Hal ini menyebabkan lebih dari 40 presenter wanita berprofil tinggi, termasuk Clare Balding, Fiona Bruce dan Emily Maitlis, menyerukan perubahan melalui sebuah surat kepada Director General BBC, Tony Hall.

Kehebohan bersuara para presenter itu mendorong BBC untuk meninjau struktur pembayarannya, dengan perusahaan menemukan bahwa pria dibayar 9,3% lebih banyak daripada rata-rata wanita pada untuk kelas penyiar. Selain itu juga hampir 500 karyawan kemungkinan mendapat bayaran lebih rendah daripada rekan kerja dalam peran yang sama, hanya karena mereka berbeda jenis kelamin.

Sementara itu, mantan editor Cina Carrie Gracie yang mengundurkan diri dari perannya dalam demonstrasi karena ketidaksetaraan dan sekarang bekerja untuk BBC di London, mengatakan kepada Panorama bahwa dia dapat meninggalkan perusahaan tersebut. Gracie juga didukung oleh mantan presenter berita BBC Maxine Mawhinney yang mengatakan bahwa dia mempertimbangkan untuk membawa kasus ini.

Fran Unsworth, Director of News and Current Affairs BBC, mengatakan kepada Panorama: "Kami tidak berpikir bahwa kami telah bertindak secara tidak sah sehubungan dengan kesetaraan upah. Namun itu tidak berarti bahwa kasus ini tidak ada dan masalah ketidaksetaraan. Kita perlu mengatasinya. "

Baca Juga:
Taklukan Kastkina, Naomi Osaka Raih Gelar ATP Pertamanya
Daftar Gaji Pebalap Satelit MotoGP 2018

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : BBC | Editor: Andi Wahyudi | 19 March 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Lagu Resmi Asian Para Games

Lagu Resmi Asian Para Games

HOT ISSUE
Prediksi Galang ke Superspot 600

Prediksi Galang ke Superspot 600

HOT ISSUE
Api Obor Melintasi Garis Khatulistiwa

Api Obor Melintasi Garis Khatulistiwa

HOT ISSUE
Heboh Peraturan Baru Sirkuit Sentul

Heboh Peraturan Baru Sirkuit Sentul

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company