image

UCI Ungkap Cara Deteksi Doping Mekanis

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: cyclingweekly | 22 March 2018

SPORTKU.COM

UCI baru-baru ini mengungkap beberapa langkah yang akan dilakukan terkait penggunaan motor di ajang balap sepeda.

Hal itu diumumkan Federasi olahraga bersepeda internasional itu pada sebuah jumpa pers di Jenewa, Swiss.

Salah satu metode yang akan dilakukan UCI adalah penggunaan alat pemindai mini untuk mendeteksi kecurangan teknologi pada setiap sepeda pebalap.

Presiden UCI, David Lappartient, mengungkapkan, UCI akan mengoperasikan sebuah trailer yang dilengkapi mesin x-ray pada ajang Klasik di Eropa pekan ini. Mobil ini akan bekerja dengan sistem sebelumnya dan mengawasi 50 persen ajang tour dunia.

UCI juga telah bekerja sama dengan lembaga dari Prancis, Alternative Energies, dan Komisi Energi Atom (CEA) untuk mengembangkan magnetometer, yang dapat mendeteksi penggunaan motor pada sepeda dan roda.

Menurut Lappartient maupun deputi direktur CEA Gabriele Fioni, sistem pendeteksian yang tengah dikembangkan akan menggunakan magnetometer dalam mendeteksi medan magnet yang muncul akibat penggunaan motor dalam frame atau roda elektromagnetik.

Ketika terdeteksi, peringatan akan dikirim ke komisaris UCI, yang selanjutnya dapat menemukan sepeda dan pebalap yang menggunakan dan membawa sepeda tersebut ke mesin x-ray di finish atau membongkarnya untuk mencari motor yang dimaksud.

Kedepannya, juga akan dikembangkan metode yang mampu mengidentifikasi tanda-tanda frekuensi radio (RFID) pada sepeda dan roda, agar komisaris lomba bisa menyelidiki perubahan sepeda dan peralatan yang mencurigakan selama balapan, terutama jika ada dugaan kepada pebalap yang berganti sepeda - dari yang dilengkapi motor ke sepeda yang “bersih”- guna menghindari pemeriksaan motor. 

Baca juga:
MICK HANNAH JUARA CRANKWORX AIR DH

Baca juga:
HAJAR SINGAPURA, LUIS MILLA PUJI PERFORMA FEBRI 

Sebelum sistem tersebut siap digunakan, komisaris UCI akan mengandalkan mesin x-ray baru, yang akan memberikan tes "definitif" terhadap motor.

Presiden UCI David Lappartient berharap tidak akan ada yang tertangkap lantaran menggunakan motor tersembunyi. Tetapi, jika ada yang tergoda untuk menggunakan motor, maka mereka tidak bisa lolos dari pemeriksaan.

"Peran UCI adalah menjamin kredibilitas hasil lomba dan melindungi atlet. Kami ingin menunjukkan bahwa pebalap kami menunggangi sepeda dengan persyaratan yang sama. Kami ingin membuktikan bahwa setiap orang berada pada level yang sama," kata Lappartient.

“Pertarungan melawan kecurangan teknologi adalah untuk menunjukkan bahwa olahraga kita sehat, untuk menunjukkan bahwa para atlet mematuhi peraturan dan menjamin semuanya berjalan normal. Ini berarti, harus ada pemeriksaan,” tambahnya.

UCI juga bekerja dengan federasi nasional untuk mengembangkan solusi yang memungkinkan komisaris di balapan amatir untuk memeriksa sepeda pebalap. Langkah ini juga masih dalam pengembangan. Tetapi kemungkinan akan serupa dengan uji “iPad” yang saat ini digunakan oleh komisaris UCI.

Sebelumnya, UCI telah menggunakan berbagai metode untuk mendeteksi motor tersembunyi, termasuk menggunakan sinar-X. Tetapi fokus dalam beberapa tahun terakhir adalah pada penggunaan kamera thermal imaging (citra suhu) yang dipegang oleh komisaris balapan di belakang sepeda dan uji ketahanan magnetik, dengan menggunakan perangkat tablet yang disesuaikan untuk memindai sepeda, pada sebelum dan sesudah balapan.

Namun metode tersebut menuai banyak kritik. Penyelidikan bersama oleh televisi Perancis dan Jerman, serta surat kabar dari Italia, menemukan bukti bahwa perangkat tablet UCI tidak dapat mendeteksi motor elektromagnetik yang tersembunyi pada roda.

UCI berharap, kombinasi pemeriksaan yang sangat teknis pada tingkat profesional dan metode pengujian baru, yang akan tersedia untuk federasi nasional akan membuat olahraga bersepeda menjadi “bersih”.

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : cyclingweekly | 22 March 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company