image

Jeda Internasional yang Membosankan

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Shoreline Media Group | Editor: Andi Wahyudi | 25 March 2018

SPORTKU.COM

Pertandingan uji coba internasional dianggap tak memiliki nilai apapun dan terkesan hanya mencari untung.

Dalam seminggu ini dipastikan tidak akan ada pertandingan antar klub, terutama di liga-liga besar Eropa. Hal tersebut sebagai imbas dari kalender FIFA yang menjadwalkan pertandingan antar negara berjatuk uji coba internasional.

Tentunya hal ini bisa dibilang sebagai bencana. Pasalnya, kegiatan menyaksikan klub kesayangan di akhir pekan akan terhenti. Memang, sebagai gantinya, laga antara negara juga tak kalah seru. Misalnya, pertandingan antara Argentina melawan Italia, Jerman bertemu Spanyol, Inggris beradu dengan Belanda, hingga Portugal yang bersua dengan Mesir.

Namun, tensi pertandingan antar negara yang hanya bertajuk laga persahabatan tentu tak sebanding dengan pertandingan liga, apalagi bagi tim-tim papan atas yang tengah bersaing untuk merebutkan gelar juara.

Memang laga internasional seperti Portugal melawan Mesir kali ini bisa dibilang pertandingan yang memiliki atensi yang tinggi. Pasalnya, dua pemain dalam pertandingan tersebut, yakni Cristiano Ronaldo dan Mohamed Salah tengah bersaing dalam merebutkan sepatu emas musim ini.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Ronaldo sukses bangkit dengan kembali menunjukan ketajaman dengan mencetak 22 gol sejauh ini. Ia pun masuk dalam daftar 10 besar calon peraih sepatu emas 2018. Sementara, Salah kini sukses memimpin dengan raihan 28 gol.

Laga kedua negara itu sendiri berakhir dengan skor 2-1 dimana Portugal unggul dari Mesir. Ronaldo mencetak dua gol dan Salah sukses memasukan satu gol.

Akan tetapi, lagi-lagi pertandingan kedua negara hanya uji coba. Meski mempengaruhi peringkat dalam rangking FIFA, namun tak ada gelar yang diraih membuat ajang pertandingan internasional antar negara baru akan terasa bila di ajang Piala Dunia saja—atau turnamen regional benua seperti Piala Eropa, Piala Asia, Piala Afrika, Copa Amerika, dll.

Baca juga
Menanti Debut Gerry Salim di Balapan Moto3

Virus FIFA

Yang membuat penggemar sepak bola khawatir dalam laga uji coba internasional adalah virus FIFA. Virus FIFA sendiri merupakan istilah yang diberikan kepada pemain yang terkena cedera lantaran dipanggil untuk membela negaranya.

Benar saja, satu nama besar yang mendapatkan virus FIFA di laga uji coba kali ini adalah Sami Khedira. Gelandang andalan Juventus itu mendapatkan cedera lutut saat membela Jerman melawan Spanyol pada Sabtu (24/3) dini hari WIB.

Lantaran cedera tersebut, Kheidera terancam tak bisa membela Juventus di babak perempaf final Liga Champions melawan Real Madrid pada 4 April 2018 mendatang. Hal ini tentu merugikan Bianconerri yang tengah membutuhkan tenaga pemain berusia 30 tahun tersebut.

Virus FIFA sendiri juga tak hanya menyebabkan cedera. Tapi juga menjadi pemain kurang fit. Tentu hal ini juga tak diinginkan. Terutama bila itu menimpa pemain inti tim. Bayangkan misalnya, Salah yang selama ini menjadi andalan bagi Liverpool dalam mencetak gol kemudian harus dicadangkan selama sepekan lantaran kondisinya tidak 100 persen.

Tentunya, hal ini akan menjadi kerugian besar bagi Liverpool yang begitu bergantung kepada penyerang asal Mesir tersebut terutama dalam mencetak gol. Bagi Liverpool yang tengah mengincar gelar di musim ini tentu tak ingin kehilangan poin lantaran mandegnya gol.

Meski demikian, pada akhirnya jeda internasional juga bisa disyukuri. Lantaran saat-saat itu pemain bisa pulang dengan membela negara. Yang pasti, siapapun pemain akan senang bila dirinya membela negara, meski hanya sebatas pertandingan persahabatan seperti yang diungkapkan Scott McTominay yang merasakan debut perdana bersama negaranya, Skotlandia.

“Dan itu adalah momen yang sangat membanggakan bagi saya ketika dia (pelatih timnas) memanggil saya,” ungkap McTominay seperti dikutip dari The Scotsman.

Baca juga
Debut Mengecewakan Bert Van Marwijk

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Shoreline Media Group | Editor: Andi Wahyudi | 25 March 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company