Vakum 15 Tahun Balapan, Pebalap Ini Kembali Mengaspal

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 26 March 2018

Pelampiasan Balap Hakim Putratama

SPORTKU.COM

Putaran pertama ISSOM 2018 banyak menyertakan pebalap baru, salah satunya adalah Hakim Putratama yang berlaga di dua kejuaraan sekaligus.

Rasa kangen dengan adrenalin saat berada di dalam kokpit mobil balap akhirnya menuntun pebalap Hakim Putratama untuk kembali ngegas di ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM). Di putaran pertama ini, Hakim, langsung ngegas di dua kejuaraan, yakni Honda Brio Speed Challenge dan Indonesia Touring Car Championship.

Pebalap yang bernaung di bawah Delta Garage ini mengaku masih banyak yang harus dipelajari lagi setelah belasan tahun lalu absen dalam dunia balap nasional. Bagi Hakim, tahun ini ada beberapa perbedaan yang mencolok bagi dirinya.

"Pertama, kondisi sirkuit sudah beda. Kedua, umur juga sudah bertambah. Tapi ya memang intinya harus latihan terus sih sebenarnya. Karena pas kualifikasi dari awal itu waktunya terus mengalami perbaikan. Ya gradually, mulai dari 2menit 07detik, 2menit 06detik, dan terakhir 2menit 05detik," ujar Hakim.

Baca juga:
HIGHLIGHTS MONS ROYALE DUAL SPEED AND STYLE

Sementara ketika disinggung mengenai alasan memilih Honda Brio sebagai pacuannya, pria kelahiran Palembang ini mengatakan pemilihan Brio karena dengan mempertimbangkan beberapa faktor.

"Sebenarnya kenapa milih Brio? Pertama karena ini adalah comeback yang sudah sekian belas tahun, mobil Brio-lah yang paling cocok. Kedua adalah karena mobil ini yang lebih affrodable, dengan alasan tidak banyak acak-acak mesin, mesin juga dalam kondisi standar, tidak banyak dibongkar-bongkar, hanya di tune aja," tambahnya.

Bicara mengenai performa yang ia tampilkan saat gelaran pertama ISSOM ini, hasil yang ditorehkan memang belum maksimal. Hal tersebut dikarenakan kemampuannya yang menurun lantaran jarang berada di balik kemudi mobil balapnya. Namun demikian, Hakim, mengatakan dirinya tetap puas dengan apa yang ia lalui di putaran pertama.

"Puas banget. Hari ini puas banget, walaupun sempet out, tapi seneng banget. Pas balapan saya out di tikungan keempat sirkut Sentul. Saya memang jarang latihan. Saya baru latihan itu dua kali sama Haridarma, dan sekali sebelum free practice, sehabis itu langsung kualifikasi," imbuh Hakim usai melakoni balap.

Baca juga:
TERHENTI DI SEMIFINAL, BSB HANGTUAH SUDAH MAKSIMAL

Adapun pekerjaan selanjutnya yang harus ia lakukan adalah dengan mempelajari karakter sirkuit terlebih dahulu. Ini adalah sebuah modal yang harus ia kuatkan agar menunjang performanya nanti. "Lebih kepemahanan lintasan dulu, racing linenya dibenerin lagi. Tapi ya harapan sih pengen improve terus. Insya Allah jika tidak ada halangan akan ikut terus," pungkas Hakim.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 26 March 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Dua Rival Terberat Yoga Prabowo

Dua Rival Terberat Yoga Prabowo

TOURING
Gerhard Lukita Borong Pole Position

Gerhard Lukita Borong Pole Position

ETCC
Pirelli Libatkan Tiga Pebalap F1

Pirelli Libatkan Tiga Pebalap F1

FORMULA 1
Avila Bahar Kuda Hitam ITCC

Avila Bahar Kuda Hitam ITCC

ITCC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company