Pertahanan Terbaik Ada di Barcelona

Text : Aga Buge Katiara | Editor: Andi Wahyudi | 29 March 2018

SPORTKU.COM

Musim 2017/2018 mungkin menjadi momen langka bagi Barcelona karena lini belakang mereka sebagai yang terkuat di lima liga top Eropa.

Mungkin kita tak akan asing jika Barcelona dikenal sebagai tim yang hobi membobol gawang lawan karena mereka dikenal punya lini depan yang sangat menakutkan. Namun, jika berbicara lini belakang, tentu saja banyak yang menyangsikan hal itu karena sejak era Pep Guardiola, gawang mereka selalu mudah dibobol tim lawan.

Namun, hal itu tidak terjadi di musim ini. Bersama Ernesto Valverde, Barcelona seolah berbenah. Memang formasi dasar 4-4-2 yang diterapkan Valverde turut memberikan kontribusi besar dalam meminimalisir gol yang bersarang di gawang mereka. 

Tentu saja tangguhnya jika membicarakan lini belakang tidak akan terlepas dari sosok penjaga gawang. Ya, Marc Andre Ter Stegen di musim ini membuktikan semakin matang dan menunjukkan kelasnya sudah sejajar dengan pemain top macam Manuel Neuer atau Gianluigi Buffon. 

Baca Juga:
Lima Pesepakbola Dunia Jatuh Miskin

Terbukti, jumlah kebobolan Barcelona di musim ini menjadi yang paling sedikit jika dibandingkan pemuncak klasemen lima liga top Eropa seperti Juventus, Manchester City, Bayern Munchen, dan Paris Saint-Germain (PSG). Sejauh ini, tim asal Catalan baru kemasukan 13 gol, dan hebatnya di Liga Champions mereka juga baru kebobolan dua gol saja dari fase grup hingga perempat final.

Angka penyelamatan penjaga gawang juga Barcelona menjadi yang tertinggi, yaitu sebanyak 67 penyelamatan. Jelas sangat jauh jika dibandingkan Juventus (42), PSG (47), City (44), dan Bayern (39). Tentu saja, faktor lini belakang yang kuat bisa menjadi modal berharga Barcelona di sisa musim ini. 

Apalagi mereka masih mengikuti tiga kompetisi dan berpeluang meraih treble winners. Jelas menjadi hal yang menyenangkan apabila bisa menjadi juara ditambah memiliki pertahanan terkuat di Eropa atau bahkan dunia. 

pertahanan-terbaik-tim-eropa-623949740090101.jpg

Baca Juga:
Kunci Sukses SM ke Final

Baca Juga:
Kemenangan Ferrari Penuh Emosional

Text : Aga Buge Katiara | Editor: Andi Wahyudi | 29 March 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

10 Kemenangan Dramatis Valentino Rossi

10 Kemenangan Dramatis Valentino Rossi

INFOGRAPHIC
Jejak Karir Fernando Alonso

Jejak Karir Fernando Alonso

INFOGRAPHIC
Lima Atlet Curi Perhatian

Lima Atlet Curi Perhatian

INFOGRAPHIC
Atlet Asian Games Mendadak Kaya

Atlet Asian Games Mendadak Kaya

INFOGRAPHIC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company