image Para peserta volta pertama (Wikipedia) Mariano Canardo juara volta 7 kali antara tahun 1920 dan 1930 (Wikipedia)

Sejarah Panjang Volta Catalunya

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Voltacatalunya | 29 March 2018

uploads/news/2018/03/sejarah-panjang-volta-catalunya-1533489227e9211.jpg

Sejarah Panjang Volta Catalunya

sejarah-volta-86818fdcefaa5c5
sejarah-volta-99108ce14ceecd0
SPORTKU.COM

Volta Catalunya menjadi salah satu ajang kejuaraan balap sepeda penting yang masuk dalam kelender tour dunia (WorldTour).

Dengan status tersebut, ajang ini pun selalu diikuti para pebalap top dunia, terutama pebalap terbaik asal Spanyol.

Sesuai namanya, Volta a catalunya, race ini bertempat di wilayah Catalonia, Spanyol. Race ini juga menjadi salah satu yang tertua di negeri Matador tersebut.

Menurut catatan penyelenggara, Volta Catalunya pertama kali diselenggarakan pada 6 Januari 1913 oleh komunitas Katalan. Kala itu, event ini ingin menyampaikan pesan modernisasi dan kosmopolitan di wilayah tersebut.

Pada era modern, Volta diselenggarakan oleh Club Deportivo Barcelona. Saat itu, event ini menempuh rute sepanjang 363 kilometer, yang bagi menjadi 3 etape. Etape 1 berjarak 97km, dengan rute Barcelona dan Tarragona, melewati Sitges, etape kedua - Tarragona ke Lleida - berjarak 111km dan etape 3, Segrià ke Barcelona (157km).

Dari Plaza de Sarria, Volta diikuti 34 peserta dan 22 peserta diantaranya tiba di Sants velodrome dimana race berakhir, dengan Sebastian Masdeu sebagai juara.

Pasca event tersebut, sang promotor - Miquel Arteman, Narciso Masferrer dan Jaume Grau merasa sangat puas. Olahraga ini pun mulai berkembang di komunitas Catalan dan tak hanya di kalangan elite.

Baca juga:
HIGHLIGHTS EWS PUTARAN PERTAMA

José Magdalena, yang berada di urutan kedua pada edisi pertama, menang di Volta kedua. Selanjutnya Juan Martí, yang pada race sebelumnya di posisi kedua, menjadi juara pada tahun 1913. Saat itu kondisi lintasan seperti kondisi lintasan MTB saat ini.

Saat race berlangsung, orang-orang sudah memenuhi tepian jalan untuk menunggu pebalap sepeda yang melintas. Sayang sekali, saat berkecamuknya Perang Eropa, "Volta" sempat terhenti hingga tahun 1920.

Setelah perang berkahir, Volta kembali berlanjut. Kali ini, Volta diselenggarakan oleh Spanish Velocipedica Union, yang menjadi cikal bakal terbentuknya Unió Esportiva de Sants pada tahun 1922. Volta sempat berhenti pada tahun 1937 dan 1938 akibat perang sipil.

Joseph Pelletier, Miguel Mucio, Víctor Fontán atau Salvador Cardona adalah beberapa juara di era tahun 1920 dan 1930. Selanjutnya, Mariano Canardo mendominasi Volta dengan 7 kemenangan (1928, 1929, 1930, 1932, 1935, 1936 dan 1939).

Pada saat itu Volta sudah menjadi sesuatu yang prestise, dengan adanya etape baru, pesta di setiap akhir etape dan menjadi sebuah representasi internasional yang besar. Dari halaman surat kabar 'La Publicitat' Josep Mª Planes memuji sosok Canardo sebagai tokoh yang bisa menciptakan keramaian yang memenuhi jalanan.

Periode pascaperang dan Perang Dunia, menjadi momen dimulainya kembali Volta. Julian Berrendero, Delio Rodriguez, Bernardo Ruiz, Emilio Rodriguez, Jesus Lorono, Miquel Poblet atau Salvador Botella menang dalam balapan di masa sulit itu.

Pada tahun 1945, Unio memutuskan untuk menggelar "Volta"edisi XXV lebih semarak menjadi dua minggu, dan mencakup hampir semua wilayah Catalonia.

Baca juga:
DAFTAR PEMAIN ASING DI KLUB IBL PERTALITE 2017/2018

Seiring dengan situasi Eropa yang damai, penandatanganan perjanjian dan pakta Spanyol-AS yang di disahkan oleh Mr. Marshall, tahun-tahun berikutnya menjadi perkembangan yang terbaik untuk Volta.

Jaque Anquetil menang pada tahun 1967 dan memberi jalan bagi semua mitos besar tentang pebalap sepeda modern - Eddy Merckx, Franco Bitossi, Luís Ocaña, Felice Gimondi, Domingo Perurena, Bernard Thevenet, Fausto Bertoglio, Freddy Maertens, Francesco Mosser, Johan Van de Velde, Vicent Belda, Marino Lejarreta, José Recio, Sean Kelly, Robert Millar atau Álvaro Pino.

Pada tahun 1970, Volta merayakan masa keemasannya, dengan memperpanjang rute ke l'Alguer, Andorra atau Menorca, dan etape yang spektakuler di Ramblas.

Perburuan gelar Volta di Plaza de Sants pun menjadi sesuatu sangat populer. Ribuan anak-anak sekolah akan meninggalkan kelasnya masing-masing, untuk menyambut para pebalap sepeda yang berjuang keras saat melewati kota.

Pasca era Mariano Cañardo pada tahun 1987, muncullah nama Miguel Indurain yang kemudian menjadi tokoh sentral.

Laudelino Cubino, Hernán Buenahora, Claudio Chiapucci, Laurent Jalabert, Alex Zulle, Maurizio Fondriest, Fernando Escartín, Manuel Beltran, Jose Maria Jimenez, Joseba Beloki, Roberto Heras, Alejandro Valverde, dan Joaquim Rodríguez adalah nama-nama lain yang tak bisa dipisah dari Volta.

Sejak itu pula "Volta" telah menjadi balapan Klasik yang tidak bisa dilepaskan dari kalender olahraga internasional dan masuk 'UCI Pro Tour' eksklusif. Setelah 'Tour' dan 'Giro' tidak ada kompetisi beretape yang lebih tua di seluruh dunia, daripada yang ada di Catalan tersebut. 

Mariano Canardo juara Volta 7 kali antara tahun 1920 dan 1930 (Wikipedia)

sejarah-volta-99108ce14ceecd0.JPG

 

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Voltacatalunya | 29 March 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Valverde Tercepat di Etape 3

Valverde Tercepat di Etape 3

ROAD BIKE
Gaviria Berjaya Dikandang

Gaviria Berjaya Dikandang

ROAD BIKE
Tim WorldTour Terinspirasi F1

Tim WorldTour Terinspirasi F1

ROAD BIKE
Juara Dunia di UAE Tour

Juara Dunia di UAE Tour

ROAD BIKE

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company