image

MAT7 Explore Borneo Hari Pertama, Tantangan Trek Panjang

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 31 March 2018

uploads/news/2018/03/mat7-explore-borneo-hari-5008914ebced792.JPG

MAT7 Explore Borneo Hari Pertama

mat-22370f709c025b2
mat-52584e656a6e204
mat-924125e7fb35c8b
SPORTKU.COM

Ribuan peserta dari berbagai daerah di Indonesia ikut ajang Malang Adventure Trail 7 (MAT7) Explore Borneo.

Para bikers penghobi trail adventure mulai menjelajahi rute panjang di hari pertama, Sabtu (31/3). Mereka memulai langkah panjangnya dari Kantor Gubernur Kalimantan Selatan pada jam 10.00 WITA. Sebanyak 2.684 peserta dilepas langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.

Pada hari pertama ini, peserta diwajibkan melahap trek sejauh kurang lebi 150 kilometer. Di mana panitia dari NSO Project yang bekerjama dengan Gerombolan Trail Kalsel dan Pro GT menyajikan jalur wisata di kawasan Banjar. Ini sesuai dengan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) yang memang ingin memperkenalkan destinasi wisata di wilayahnya kepada khalayak ramai.

Meski masih sebatas entertainment dan fun, namun rute didominasi jalur pegunungan dan membuat para peserta wajib menyeberangi sungai. Begitu juga dengan tanah berlumpur khas Kalimantan yang terkenal lengket menjadi santapan wajib para crosser. Pemandangan menarik juga terlihat saat mereka harus menyeberangi sungai Jeram Alam Roh Tujuh Belas yang berada dalam kawasan Taman Hutan Raya Sultan Adam.

Meski sungai tak begitu dalam, namun tidak berarti mudah untuk bisa menyebaringnya. Tak banyak para crosser yang terjatuh ketika mendaratkan ban motor trail mereka ke air. Akan tetapi, banyak pula para crosser yang dengan mudah melahap derasnya arus sungai. Aksi mereka pun tak pelak menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat sekitar.

“Asyik dan seru bisa melihat motor trail menyebrangi sungai ini. Biasanya sungai ini dipakai anak-anak untuk berenang dan bermain,” ujar Sulistio, warga setempat saat melihat aksi para crosser.

Baca Juga
Touring Wisata Suzuki GSX 150 Season 3

Tidak itu saja, panitia juga menyajikan jalan berbatu dan berpasir yang berada di atas pegunungan. Yang menarik jalur tersebut merupakan jalan lintas menuju Batu Licin yang sedang dibuka oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Apalagi di jalur ini menyajikan pesona alam pegunungan dengan lembah-lembah hijau yang dapat menyejukan mata para peserta.

Sementara itu, satu persatu peserta mulai mencapai garis finish di Bukit Kiram, Banjarbaru. Terlihat muka-muka sumingrah para crosser setelah seharian berpacu dengan adrenaline. Di hari kedua, para peserta akan memulai perjalanan sepanjang 80 kilometer dari Bukit Kiram menuju Kantor Gubernur Kalimantan Selatan.

"Saya belum pernah ikuta MAT dan sangat penasaran dengan jalur adventure di sini. Persiapan sudah saya lakukan dari jauh hari untuk bisa ngegas di MAT7 explore Borneo,” ujar Irma Ferdiana, crosser wanita asal Surabaya yang tampil dengan tunggangan KTM Sixdays 250 dan telah 4 kali mengikuti ajang MAT.

"Untuk bisa menaklukkan trek, dibutuhkan fisik dan teknik yang mumpuni untuk melewati jalur tanah berlumpur khas Borneo,” ujar Ramli Kurniawan, crosser asal Medan, Sumatera Utara.

Baca Juga
Hadapi Semifinal, Pelita Jaya Datangkan Dua Pemain Asing
Parjo 2018 Ajak Komunitas Berkarya (Video)

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 31 March 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company