John Isner Raih Gelar Miami Terbuka Pertama Kalinya

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : Miami Open & ATP | 2 April 2018

Isner Raih Gelar Miami-Terbuka Pertama

SPORTKU.COM

Petenis AS John Isner meraih gelar juara dalam final Miami Terbuka yang menegangkan, Senin (2/4).

Sebuah final menawan dari John Isner yang menempuh rally untuk menaklukkan Alexander Zverev dengan tiga set mencengangkan 6-7 (4), 6-4, 6-4. Ini merupakan gelar pertama ATP World Tour Masters 1000 yang bersejarah bagi Isner. Petenis Amerika dan Jerman menutup bab terakhir di Crandon Park, berjuang selama dua setengah jam.

Pada usia 32 tahun, 11 bulan, Isner adalah pemenang paling tua pertama di level ATP World Tour Masters 1000. Faktanya, hanya dua pemain lain yaitu Agassi dan Federer yang lebih tua dari Isner memenangkan gelar Masters 1000. Ia membalikkan rekor 0-3 di final tingkat elit, setelah sebelumnya menjadi runner-up untuk Roger Federer di Indian Wells 2012, dengan Rafael Nadal di Cincinnati 2013 dan Andy Murray di Paris 2016.

Kemenangan Isner memiliki implikasi ATP Rankings yang signifikan juga, dimana penduduk asli Carolina Utara ini naik delapan peringkat sebagai No. 9 dunia. Isner yang menambahkan 1.000 poin untuk peringkat ATP dan mengantongi hadiah $ 1.340.860, merebut kembali sebagai petenis No. 1 Amerika.

Isner memasuki final setelah meraih 37 service berturut-turut, hanya menghadapi satu break point dalam rentang itu. Dan ia tampak menjadi kuat dari dua lawannya pada tahap awal, beraksi cepat di lapangan dan melemparkan forehandnya dengan penuh percaya diri.

Baca Juga:
Stephens, Sang Juara Miami Terbuka

Zverev yang memulai laga dengan lambat, melakukan kesalahan ganda untuk memberi Isner dua break point dalam  pembukanya. Seperti yang telah dilakukan sepanjang minggu, Isner agresif melumat service pada dua pengembalian dan ia segera mengirim pukulan pendek untuk mendapatkan kesempatan ketiga. Tapi Zverev melakukannya dengan baik untuk mengesampingkan tiga peluang break, serta dua lainnya saat 3-2.

Set pertama akan ditentukan oleh tie-break, dimana kedua pemain berjuang melawan ketegangan. Memimpin terombang-ambing dari satu sisi ke sisi lain, sebelum akhirnya Zverev meraih empat poin untuk kemenangan pada set pembuka setelah tepat satu jam.

Set kedua yang dimulai dengan dominasi lawan dan di bawah tekanan permainan Zverev yang luar biasa, Isner mulai menghemat energi di set kedua. Dengan Zverev service pada 4-all, sebuah forehand yang mendalam dari raket Isner akan memaksa Zverev melakukan  beberapa kesalahan yang mencolok. Dan Isner akan menutup set kedua setelah menyimpan sepasang break point untuk pertandingan berikutnya.

Isner terus meningkatkan tekanan di set ketiga meskipun gagal mengkonversi pada empat break point. Petenis Amerika itu mengklaim break kedua dari kejuaraan itu untuk 5-4 dan menutup di game berikutnya denga ace nya yang ke-18 untuk tampil sebagai pemenang. Secara total, ia meluncurkan 44 winner dan rally di bawah lima poin sepanjang final (73-58).

Isner akhirnya memecahkan kekuasaan Zverev pada seri Head to head mereka, mengklaim kemenangan pertamanya. Pada empat pertemuan mereka terjadi pada kejuaraan ATP World Tour Masters 1000. Selain itu, Isner adalah petenis Amerika pertama yang menang di Miami sejak Andy Roddick pada tahun 2010. Ia juga sebagai pemain pertama di luar peringkat 10 Besar untuk mengangkat trofi sejak tahun 1991, ketika terakhir petenis No. 18 Jim Courier menang.

Isner melakukan performa baik sepanjang dua minggu ini, menjatuhkan hanya satu set dalam perjalanan kemenangannya. Ia juga menorehkan kemenangan meyakinkan atas petenis 5 besar Marin Cilic, Hyeon Chung dan Juan Martin del Potro. Ini menandai pertama kalinya dia mengalahkan sepasang petenis Top 5 yaitu Cilic dan Zverev dalam satu turnamen.


Baca Juga:
Sosialisasi MTB XCE

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : Miami Open & ATP | 2 April 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

 Michael Jordan, Inspirasi Kemenangan Federer

Michael Jordan, Inspirasi Kemenangan Federer

TENNIS
Duo Federer-Djokovic Keok di Chicago

Duo Federer-Djokovic Keok di Chicago

TENNIS
Dimitrov-Edmund Buka Kemenangan Piala Laver

Dimitrov-Edmund Buka Kemenangan Piala Laver

TENNIS
Serena Diganjar Sejumlah Hukuman Denda

Serena Diganjar Sejumlah Hukuman Denda

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company