Kisah Inspiratif Cedric Kipre, Dari Penganggur Hingga Masuk Timnas Pantai Gading

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Motherwell Official | Editor: Andi Wahyudi | 3 April 2018

Kisah Inspiratif Cedric Kipre

SPORTKU.COM

Cedric Kipre membuktikan bahwa menyerah bukanlah sebuah pilihan. Sempat menganggur, kini ia jadi andalan Timnas Pantai Gading.

Tiada yang mengetahui pasti garis tangan seseorang. Atas dasar itulah mengapa manusia dituntut oleh Tuhan untuk tidak berhenti berusaha dan berharap kepadaNya. Hal ini pun berlaku juga bagi pesepakbola bernama Cedric Kipre.

Kipre terpilih untuk ikut ambil bagian dari seleksi Timnas Pantai Gading dalam uji coba internasional beberapa waktu lalu setelah tampil impresif bersama kesebelasan asal Skotlandia, Motherwell. Pemain yang berposisi sebagai pemain belakang itu tampil sebanyak 41 pertandingan dan sukses memberikan enam asisst bagi rekan setimnya.

Sebelum akhirnya menjalani debut bersama Timnas Pantai Gading U-23 pada 27 Mater 2018 lalu, Kipre yang lahir di Prancis mengaku tak pernah terpikirkan bisa membela negara yang merupakan tempat kelahiran orang tuanya bila merujuk pada karir sepak bolanya yang tak berjalan mulus dalam beberapa tahun terakhir.

Kipre yang didatangkan dari akademi Paris Saint-Germain pada 2014 silam itu sebelumnya tergabung dalam Leicester City. Namun, dalam tiga musim bermain di tim yang sukses menjuarai Liga Primer Inggris 2015/2016 itu hanya bermain di timLeicester Reserve—tim yang beranggotakan pemain yang berada di usia 23 tahun—tanpa pernah sekalipun menjalani laga debut sebagai pemain profesional.

Kipre sendiri sebenarnya pernah dipinjamkan oleh Leicester ke tim Corby Town yang berlaga di national League North atau liga kasta amatir di inggris. Namun, pemain kelahiran Paris, 9 Desember 1996 itu hanya bermain sebulan di klub tersebut dan hanya tampil sebanyak tiga pertandingan.

Setelah itu karir Kipre seakan mandeg dengan hanya mentok di tim reverse. Hal yang membuat Leicester pun tak memperpanjang kontraknya sehingga pemain bertinggi badan 191 cm itu dilepas dengan bebas transfer akhir musim lalu.

Menganggur dengan status tak sekalipun tampil di laga profesional alias berstatus pemain amatir membuat Kipre tentu memiliki kesulitan untuk membuat cv-nya bisa terlihat bagus di mata calon klubnya.

Ditengah kesulitan yang Kipre alami, secercah harapan pun menghampiri dirinya. Ia mendapatkan tawaran dari Motherwell. Namun, klub kontestan Liga Utama Skotlandia itu hanya menawarkan trial bukan kontrak profesional.

Namun, Kipre yang dipercaya tampil di ajang pre season bersama Motherwell sukses tampil impresif. Hal tersebut membuat dirinya diberikan kontrak oleh manajemen klub. Usai diberikan kontrak, ia pun akhirnya menjalani debutnya di klub tersebut pada 5 Juli 2017.

Baca juga
Sanggupkah Vettel Ulangi Kejayaannya?

Usai debut, penampilan fenomenal yang ditunjukan oleh Kipre membuat dirinya selalu menjadi pilihan utama pelatih Motherwell, Stephen Robinson. Hal inilah yang pada akhirnya membut pemain berusia 21 tahun itu dipanggil oleh Timnas Pantai Gading.


“Jelas saya sangat bangga. Saya mendengar beberapa bulan lalu tentang kemungkinan itu. Kemudian beberapa hari yang lalu, saya bertemu Kolo Toure dan dia memberi tahu saya bahwa dia akan menelepon saya segera, dan kemudian dia menelepon saya kemarin,” ungkap Kipre dikutip dari Motherwell Times.

“Saya merasa saya telah membuat orang tua saya bangga. Ibuku memanggilku tadi malam dan benar-benar bahagia. Saya akan bermain untuk Pantai Gading untuk orang tua saya karena keduanya berasal dari sana, jadi jelas mereka sangat bangga,” ujar pesepak bola bernomor punggung 21.

Tahun lalu saya tidak bermain sepakbola profesional. Tahun ini, saya bermain di setiap pertandingan, jadi ini adalah dunia baru bagi saya,” sambungnya.

Kebahagiaan Kipre semakin lengkap lantaran dalam waktu dekat ia kembali disodori kontrak baru oleh manajemen Motherwell. Inilah penandatangan kontrak ketiganya selama sembilan bulan terakhir dirinya berada di klub tersebut.

“Mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan akan ditandatangani karena saya senang tinggal. Aku merasa baik," kata Kipre dikutip dari Daily Record, Selasa (3/4).

Memang, Kipre sendiri belum tampil bersama Timnas Pantai Gading senior, namun bila dirinya tetap konsisten menjaga penampilannya, bukan tidak mungkin kisah perjalan karirnya bisa menjadi inspirasi bagi pesepak bola lainnya yang memiliki kondisi serupa dengan dirinya.


Baca juga
Cerita Soal Kepindahan Carlos Sainz Jr

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Motherwell Official | Editor: Andi Wahyudi | 3 April 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Fakhri: Lawan Vietnam Seperti Latihan

Fakhri: Lawan Vietnam Seperti Latihan

FOOTBALL
Mourinho Semprot Pemain MU

Mourinho Semprot Pemain MU

FOOTBALL
Demi Gengsi, Persib Harus Menang

Demi Gengsi, Persib Harus Menang

FOOTBALL
Kontraknya Segera Berakhir, Valverde Santai

Kontraknya Segera Berakhir, Valverde Santai

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company