Ini Alasan Teknis Membenamkan Turbo di Mobil F2

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : FIA Formula 2 | Editor: Andi Wahyudi | 4 April 2018

SPORTKU.COM

Ajang balap Formula 2 tahun ini sangat berbeda, bukan hanya dari dimensi mobil tetapi juga jantung pacunya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, tahun ini mobil Formula 2 akan menggunakan teknologi turbo di dalamnya. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang tidak mengadopsi turbo sebagai jantung pacu mereka. Bagi Didier Perrin, Technical Director FIA Formula 2, ada alasan khusus mengapa untuk saat ini mesin turbo diaplikasikan pada mobil Formula 2.

Dalam sebuah wawancaranya bersama Team Jagonya Ayam, Perrin, mengatakan salah satu alasannya adalah untuk mendekatkan spesifikasi mobil Formula 2 dengan balapan Formula 1.

"Saya rasa ada turbo di mobil membuat mobil semakin berbeda. Pebalap butuh waktu untuk beradaptasi dan bagi kami ini sangat krusial di mobil baru ini karena seperti yang anda tahu kami ingin membuat mobil ini sedekat mungkin dengan mobil F1," terang Perrin.

Baca juga:
WTCR 2018 DIKLAIM LEBIH SERU DAN KOMPETITIF

Bagi Perrin, dengan cara seperti itu mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk membuat pebalap lebih kompetitif. Pasalnya, untuk mengikuti spesifikasi mobil Formula 1 yang kini menggunakan mesin hibrida, pengembangan mobil akan memakan biaya yang sangat besar. "Kami tak mungkin membuat mobil hibrida, karena itu akan sangat mahal dan rumit untuk sebuah kompetisi selevel ini," tambahnya.

Dengan membenamkan turbo sebagai bagian dari perubahan, Perrin juga menjelaskan dengan adanya turbo, maka mobil Formula 2 akan lebih banyak menghasilkan torsi. Sehingga meskipun pihaknya belum mampu untuk mengembangkan mesin hibrida di Formula 2, mereka mensiasatinya dengan memberikan sistem turbo di mobil ini.

Bagi Perrin, dengan adanya turbo, maka keterampilan pebalap pun akan sedikit berbeda namun akan lebih mendekatkan mereka ke jenjang berikutnya yakni Formula 1. Selain itu, mobil ini juga dirancang untuk bisa dipakai saat balapan dengan tekanan suhu 36 derajat celcius, karena ia tahu Formula 2 akan melakoni balapan di Bahrain, Abu Dhabi yang terkenal dengan suhu panas yang ekstreme. Di atas kertas, mobil Formula 2 2018 memiliki tenaga sebesar 620 hp dengan kecepatan mencapai 330 kpj.

Mesin Formula 2 2018 mengadopsi sistem turbo

konfirmasi-tim-pebalap-formula-520401e5d295ef4.png

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : FIA Formula 2 | Editor: Andi Wahyudi | 4 April 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Sean Gelael Bekerja dengan Profesional

Sean Gelael Bekerja dengan Profesional

FORMULA 2
Sean Gelael Berpeluang Gantikan Harltey

Sean Gelael Berpeluang Gantikan Harltey

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company