image Roger De Vlaeminck, Eddy Merckx (depan) dan Freddy Maertens pada Flanders tahun 1977 (Foto: cyclingtips) Tour Flanders tahun 1952 (Foto: Cyclist.co.uk) Crash di Koppenberg (Foto: Cyclist.co.uk) Niki Terpstra Juara Tour Flanders 2018 (Foto: Quickstepfloorscycling)

Kisah Perjalanan Tour Flanders

Text : Adi Supriyatna | Editor: Dedi Hermawan | Media Source: Dari berbagai sumber | 5 April 2018

uploads/news/2018/04/kisah-perjalanan-tour-flanders-78136e7cee7bcf4.jpg

Kisah Perjalanan Tour Flanders

kisah-perjalanan-tour-flanders-665056622cf8da2
kisah-perjalanan-tour-flanders-47838732add8252
kisah-perjalanan-tour-flanders-553723e365b34fc
niki-terpstra-juara-tour-825359737796233
SPORTKU.COM

Tour Flanders adalah lomba balap sepeda tahunan yang diadakan di Belgia setiap musim semi.

Tour Flanders juga telah menjadi perlombaan balap sepeda paling penting di Flanders dan sejak 2005 tour ini menjadi bagian dari Tour Dunia (WorldTour). Race ini digelar pada awal April setiap tahunnya.

Tour yang dalam bahasa Belanda disebut Ronde van Vlaanderen ini telah menjadi salah satu dari lima monumen ajang balap sepeda, bersama dengan Milan-San Remo, Paris – Roubaix, Liège – Bastogne – Liège dan Giro di Lombardia.

Salah satu ciri khas dari Tour Flanders – dan tour klasik lainnya- race ini memiliki lintasan yang mendaki, tajam, dan berbatu. Pada tahun 2016 misalnya, terdapat 17 kawasan dengan lintasan berbatu yang harus dilewati para pebalap.

Tour of Flanders pertama diadakan pada tahun 1913, tepatnya pada 25 Mei oleh Karel van Wijnendaele yang juga berprofesi sebagai jurnalis surat kabar olahraga Sportwereld. Kala itu, tour ini melintasi dua provinsi di sebelah barat Flanders, dimulai dari Ghent dan finish di Mariakerke, yang berjarak 330 km.

Baca juga:
HIGHLIGHTS RED BULL PUMP TRACK WORLD CHAMPIONSHIP, BALI

Baca juga:
MOBIL-MOBIL BARU DI ARENA WTCR 2018

Tour Flanders pertama diikuti 37 pesepeda dan diiringin oleh lima mobil bantuan. Race waktu itu dimenangkan oleh Paul Deman.

Tour Flanders hanya mengalami interupsi selama Perang Dunia I. Kemudian, sejak 1919 race ini selalu digelar tanpa terputus sampai sekarang.

Banyak kalangan yang menyebutkan bahwa pada Tour Flanders memiliki kaitan antara bersepeda di Flandria dan kalangan Flemish.

Tour ini menjadi satu-satunya event yang diselenggarakan di wilayah yang diduduki Jerman selama Perang Dunia Kedua, meski diselenggarakan dalam perjanjian penuh dan kontrol dari militer Jerman.

Pihak Jerman, waktu itu, tidak hanya mengizinkan dan menikmati jalannya balapan, tetapi juga membantu polisi rute. Hal itu pula yang kemudian menyebabkan banyak tudingan bahwa kalangan Flemish memiliki ikatan yang kuat dengan Nazi Jerman.

Flanders mengalami perubahan yang besar pada tahun 1970-an. Perlombaan yang sebelumnya dikenal karena lintasannya yang sulit mulai berubah dimana banyak jalan asli yang telah diaspal dan membuat kursus jauh lebih mudah.

Pada tahun 1973 finish Flanders dipindahkan lagi, ke Meerbeke, dekat dengan Muur van Geraardsbergen, yang menjadi bagian legendaris dari perlombaan.

Pada tahun 1976, wilayah Koppenberg dimasukkan dalam Flanders. Daerah ini ditakuti oleh banyak orang karena 22% lintasannya yang berbatu.

Sejak digelar pertama kali, Flanders telah memunculkan 6 orang yang memegang rekor kemenangan terbanyak di ajang Tour Flanders. Mereka adalah Achiel Buysse, Eric Leman, Johan Museeuw dan Tom Boonen, Fiorenzo Magni (Italia) dan Fabian Cancellara (Swiss), yang masing-masing pernah memenangkan Flanders sebanyak tiga kali.

Sejak tahun 2004, Tour Flanders turut melombakan perlombaan wanita dan rutin digelar setiap tahunnya. Race tersebut berlangsung pada hari yang sama dengan pria, tetapi dengan jarak yang lebih pendek.

Para pebalap mengalami crash di Koppenberg (Foto: Cyclist.co.uk)kisah-perjalanan-tour-flanders-553723e365b34fc.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Editor: Dedi Hermawan | Media Source : Dari berbagai sumber | 5 April 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company