Akankah City Permalukan Manchester United?

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 6 April 2018

Akankah City Permalukan MU?

SPORTKU.COM

Manchester City berpeluang sangat besar mempermalukan rival sekota mereka, Manchester United pada pertandingan Sabtu (7/4). 

Juara Premier League musim 2017/2018 sepertinya akan terjawab saat Man. City menjamu United di Etihad di pekan ke-32. Pasalnya, City dipastikan menjadi juara jika mereka bisa mengalahkan armada Jose Mourinho di pertandingan tersebut.

Dan jika menang maka perolehan poin City menjadi 87 angka, unggul 19 poin dari United di urutan kedua. Dengan menyisakan enam pertandingan lagi, jelas poin The Citizen tidak akan terkejar lagi oleh tim lain, bahkan seandainya mereka kalah di enam partai tersebut.

Ambisi lain yang diemban oleh anak asuh Pep Guardiola selain mengunci gelar secepat mungkin adalah mempermalukan MU. Tentu saja bisa mengalahkan dan merayakan gelar juara di depan rival sekota membuat kesenangan tersendiri. Terlebih, sudah lama City selalu saja dianggap klub kelas dua di Manchester setelah United.

Sejak era Sir Alex Ferguson, publik dunia atau bahkan masyarakat di Manchester tidak menganggap kehadiran The Citizen. Barulah sejak diakuisisi oleh taipan asal Uni Emirat Arab (UEA) pada 2008 silam, City menjelma menjadi kekuatan menakutkan di daratan Inggris.

Baca Juga:
PSMS Dua Kali 'Dikerjai' Wasit, Djanur: Kami Sangat Dirugikan!

Dengan gelontoran dana segar dari Sheikh Mansour, City bisa mendaratkan pemain berlabel bintang yang sebelumnya mungkin ogah bermain di Etihad. Dan pada akhirnya upaya mereka membangun tim mapan bisa terwujud setelah menjuarai Premier League pada musim 2011/2012 dan 2013/2014. 

Pertarungan panas di musim lalu menyebabkan Marouanne Fellaini dikartu merah (Sky Sports)

mu-vs-city-690840efaf98975.jpeg

Tapi meski berhasil juara, City tetap mendapat sindiran dari penggemar The Red Devils. Mereka dianggap sebagai 'tetangga berisik' yang hanya juara dengan cara instan. Tetapi, hal itu tidak membuat mereka menghentikan kebijakan mendatangkan pemain mahal.

Puncaknya terjadi pada musim panas 2016 lalu saat mereka berhasil menggaet salah satu manajer terbaik dunia, Pep Guardiola. Meski di musim perdananya gagal membawa trofi, namun musim ini penampilan mereka sangat luar biasa.

Bisa dilihat dari catatan mereka di liga yang hanya sekali menelan kekalahan dari 31 pertandingan. Tentu sangat luar biasa bukan? Belum lagi catatan gol yang mereka buat mencapai 88 gol dan hanya kebobolan 21 yang membuat mereka sebagai tim tertajam di Premier League.

Dan untuk pertandingan ini,. Pep Guardiola sepertinya sudah menyiapkan timnya dengan sangat baik. Hal ini sebenarnya bisa dilihat saat mereka kalah telak dari Liverpool di leg pertama perempat final Liga Champions, Kamis (5/4). 

Di pertandingan itu, pemain City terlihat tidak bersemangat untuk meladeni permainan cepat Liverpool di awal pertandingan. Dan untuk pertama kalinya, Pep menggunakan lima bek di sebuah pertandingan. Suatu yang tidak pernah terjadi karena mantan pelatih Barcelona itu selalu menganut paham sepak bola yang menyerang.

Maka sedikit bisa disimpulkan pada laga itu konsentrasi City sudah terbagi untuk pertandingan melawan Manchester United. Terlepas dari performa luar biasa Liverpool, harus diakui City bermain jauh di bawah level mereka selama ini saat itu.

Sejauh ini Pep lebih unggul dari Mourinho (The18.com)

mu-vs-city-95989a5c817680e.jpg

Faktor lain yang membuat pertandingan kontra United sangat menarik ialah duel antara dua manajer Pep Guardiola vs Jose Mourinho. Kedua manajer ini memang menjadi rival sejati sejak masih melatih di La Liga. Kala itu, Pep masih bersama Barcelona dan Mourinho melatih Real Madrid. 

Memang dari catatan pertemuan keduanya, Pep jelas unggul karena dari 20 pertemuan ia menang 10 laga berbanding empat kemenangan dari Mourinho dan enam pertandingan berakhir imbang. Dalam pertemuan terakhir kedua tim ini Desember 2017 lalu, City mampu mempermalukan United di Old Trafford dengan skor 2-1. 

Di pertandingan ini pun City sebenarnya lebih diunggulkan jika melihat catatan pertemuan kedua tim di Premier League. Karena dari lima pertemuan terakhir di liga City menang dua kali sedangkan United hanya sekali dan dua pertandingan imbang. Meski, Pep Guardiola juga tidak bisa lengah karena dari empat pertandingan terakhirnya, Paul Pogba Cs. selalu meraih kemenangan. 

Kini tentu saja kita semua menanti apakah tetangga yang berisik tersebut bisa mempermalukan Manchester United? 

Baca Juga:
Lima Pesepakbola Mata Keranjang

Baca Juga:
Jelang Paris-Roubaix

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 6 April 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Fakhri: Lawan Vietnam Seperti Latihan

Fakhri: Lawan Vietnam Seperti Latihan

FOOTBALL
Mourinho Semprot Pemain MU

Mourinho Semprot Pemain MU

FOOTBALL
Demi Gengsi, Persib Harus Menang

Demi Gengsi, Persib Harus Menang

FOOTBALL
Kontraknya Segera Berakhir, Valverde Santai

Kontraknya Segera Berakhir, Valverde Santai

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company