image

Buntut Panjang Insiden Rossi vs Marquez, FIM Turun Tangan

Text : Suhartono | Photo / Video : Visordown | Editor: Andi Wahyudi | 20 April 2018

SPORTKU.COM

Senggolan antara Valentino Rossi dan Marc Marquez di MotoGP Argentina 2018 lalu menimbulkan banyak masalah.

Salah satu masalah yang kini menjadi pembicaraan serius FIM adalah pemisahan antara tugas pokok FIM Stewards dan Race Direction. Menurut Vito Ippolito selaku Presiden FIM, FIM Stewards bertanggung jawab untuk memberikan sanksi disiplin, sedangkan Race Direction menangani manajemen lomba.

“Pada tahun-tahun terakhir kami berpikir bagaimana meningkatkan manajemen MotoGP selama balapan. Di masa lalu, Race Direction memiliki semua tanggung jawab, tidak hanya untuk mengelola balapan, tetapi juga untuk menghukum para pengendara," buka Vito Ippolito.

“Kami berpikir akan jauh lebih baik untuk memisahkan kedua fungsi ini karena Race Direction sangat sibuk, ada tanggung jawab besar tetapi manajemen lomba harus memutuskan bagaimana memutuskan posisi grid saat bendera merah, mengambil keputusan tentang apakah balapan basah atau kering dan para juri adalah pengurus FIM. Sekarang kita memisahkan dua fungsi ini, acara ini berbeda karena sekarang Anda adalah juri, juri berbeda dari Race Direction."

Vito Ippolito menjelaskan jika FIM Stewards diisi oleh orang-orang ahli untuk bisa menengahi jika nantinya ada insiden seperti Rossi dan Marquez. Di mana tugas utama mereka memberikan hukuman atau sanksi. Tentu saja, orang-orang yang berada di ruang gerak FIM Stewards adalah mereka yang sudah memiliki banyak pengalaman di bidangnya.

Baca Juga
Suzuki Mulai Lirik Lorenzo

"Saya dapat menambahkan bahwa setelah setiap balapan ada analisis, sebuah studi tentang apa yang terjadi selama balapan, tentang perilaku pebalap atau tentang masalah lain apa pun yang bisa menimbulkan penalti. Kemudian kami memiliki banyak stewards, lebih dari 20 untuk setiap kejuaraan MotoGP. Kami memilih sebagian kecil dari para pengurus ini, salah satunya adalah permanen untuk setiap balapan dan yang lainnya bergantian," jelas Vito Ippolito.

Dengan adanya struktur baru ini, Vito Ippolito mengatakan ada beberapa segi keuntungan yang bisa didapatkan. "Race Direction terlalu sibuk, mereka tidak punya cukup waktu untuk mengelola balapan pada saat yang sama dan memberikan sanksi, kami berpikir bahwa jika kita memisahkan dua struktur ini, kita akan memiliki hasil yang lebih baik karena pada akhirnya mereka dapat menjatuhkan hukuman selama acara, ini yang sangat penting."

"Kita tidak hanya harus adil tetapi menunjukkan bahwa kita adil dan untuk alasan ini kami memutuskan bahwa kami akan memisahkan fungsi ini," tutup Vito Ippolito.

Baca Juga
AHM Luncurkan All New Vario 150, Tampil Lebih Sporti
DFSK, SUV Cina Cita Rasa Eropa

Text : Suhartono | Photo / Video : Visordown | Editor: Andi Wahyudi | 20 April 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company