Main Curang, Marquez Dijatuhi Hukuman Penalti di MotoGP Amerika

Text : Suhartono | Photo / Video : MCN | 22 April 2018

SPORTKU.COM

Marc Marquez harus kehilangan posisi pole-nya di MotoGP Austin, Amerika 2018 setelah dijatuhi hukuman penalti.

Pebalap Repsol Honda tersebut sejatinya merebut posisi pole di kualifikasi MotoGP Amerika 2018. Marquez menjadi yang tercepat di babak kualifikasi dengan catatan waktu 1menit 3.658detik. Namun Marquez tak akan memulai balapan dari posisi pole. Sebab dirinya dijatuhi hukuman penalti karena memperlambat laju motornya. Bintang MotoGP asal Spanyol itu pun melorot tiga posisi dan akan memulai balapan grid ke-4.

"Di tikungan ke-15, Marquez terlihat melakukan balapn dengan cara tidak bertanggung jawab yang memperlambat lajunya dan mengganggu pebalap lain. Ini melanggar pasal 1.21.2 dari peraturan FIM World Championship Grand Prix," ungkap FIM MotoGP Stewards Panel Notification of Sanction seperti dikutip SPORTKU.com dari Crash.

FIM dalam hal ini menegaskan jika pebalap harus melakukan balapan dengan cara yang bertanggung jawab dan tidak menyebabkan bahaya bagi rider lainnya, baik di sirkuit atau di pit lane. Sementara itu, Marquez menjelaskan bahwa dirinya memperlambat motornya karena di depannya ada Andrea Iannone yang juga memperlambat motornya.

Baca Juga
Marquez Mau Perpanjang Rekor Kemenangan di MotoGP Amerika

"Race Direction mengatakan hukuman diberikan karena saya dianggap berada di racing line dan Iannone di luar racing line. Tapi oke, saya hanya mundur empat meter di grid. Saya masih mendapatkan lap tercepat dan penghargaan pole position," ungkap Marquez yang mengklaim posisi pole ke-6 kalinya secara beruntun sejak 2013.

Sementara itu, Marquez yang kini menempati grid ke-4 akan memulai balapan bersama Valentino Rossi di grid 5 dan Jorge Lorenzo di grid 6. Sedangkan di baris terdepan ada Maverick Vinales di posisi pole dan Iannone ke-2. Pebalap satelit Johann Zarco dipromosikan untuk menempati grid 3.

Terlepas dari drama kualifikasi, Marquez tetap menjadi favorit untuk memperpanjang rekor kemenangannya di Sirkuit Cota. Di mana penampilan Marquez tak terkalahkan sejak tahun 2013 silam.

"Hari ini adalah hari yang sangat baik bagi kami, kami melakukan langkah yang baik dari kemarin dan saya merasa lebih baik dengan motor. Saya bisa menjaga waktu lap yang sama dengan cara yang lebih aman," tutup Marquez.

Baca Juga
Rossi Ingin Akhiri Dominasi Marquez di MotoGP Amerika
Giroud: Terima Kasih Wenger!

Text : Suhartono | Photo / Video : MCN | 22 April 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Mimpi Dimas ke Moto2 Terwujud

Mimpi Dimas ke Moto2 Terwujud

MOTO2
Pebalap Indonesia Didiskualifikasi

Pebalap Indonesia Didiskualifikasi

ROAD RACE
Marquez Juara Dunia di Jepang

Marquez Juara Dunia di Jepang

MOTOGP
Kilas Balik MotoGP Jepang

Kilas Balik MotoGP Jepang

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company