image

Menang Telak Atas Roma, Liverpool Tatap Final Liga Champions

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Champions League | 25 April 2018

uploads/news/2018/04/liverpool-sikat-roma-di-75902ca3b0266ae.jpg

Liverpool Sikat Roma di Anfield

liverpool-vs-roma-673871a5ae3d0fe
liverpool-vs-roma-9745515c09812f1
SPORTKU.COM

Liverpool menang telak atas AS Roma dengan skor 5-2 di leg pertama semifinal Liga Champions, Rabu (25/4) dini hari WIB.

Bermain di Anfield, Liverpool langsung bermain agresif seperti biasa sejak awal. Mengandalkan trio lini depan Roberto Firmino, Sadio Mane, serta Mohamed Salah yang punya kecepatan, lini belakang Roma dibuat kewalahan di laga ini.

Tetapi, Permainan cepat The Reds harus memakan korban, setelah Alex Oxlade-Chamberlain mengalami cedera dan harus diganti di menit 17 oleh Georginio Wijnaldum. Masuknya Wijnaldum ternyata membawa berkah karena lini tengah tuan rumah kian bertenaga.

Terbukti, pada menit ke-30, Sadio Mane mendapatkan peluang sangat baik setelah lolos dari kawalan pemain belakang Roma. Namun, sangat disayangkan tendangan pemain asal Senegal tersebut masih melambung di atas mistar gawang.

Baca Juga:
Pangarang Slalom Team Akui Tidak Maksimal di Putaran Kedua

Salah saat mencetak gol kedua Liverpool

liverpool-vs-roma-9745515c09812f1.jpg

Kemudian, tak lama berselang giliran Salah yang memberi ancaman. Sayangnya, tendangan kaki kiri Salah masih bisa ditepis oleh penjaga gawang Roma, Alison Becker. Skor pun tetap bertahan tanpa gol.

Sebaliknya, I Giallorossi sebenarnya tampil cukup berani dengan keluar menyerang, tapi rapatnya lini belakang Liverpool yang dikawal Dejan Lovren serta Virgil van Dijk membuat anak asuh Eusebio Di Francesco terlihat kesulitan.

Terus tampil menekan, tuan rumah akhirnya berhasil memecah kebuntuan saat pertandingan memasuki menit ke-35. Berawal dari dari tusukan Salah, pemain asal Mesir tersebut kemudian melepaskan tendangan melengkung yang tidak bisa dijangkau oleh Alison. Skor menjadi 1-0 untuk The Reds.

Unggul satu gol, Liverpool kian bersemangat menambah gol selanjutnya. Dan tak lama berselang giliran pemain belakang, Dejan Lovren yang mencoba peruntungan lewat tandukan usai menerima umpan Salah. Tapi sundulan pemain asal Kroasia itu digagalkan mistar gawang.

Tuan rumah tidak menyerah, gol kedua yang ditunggu akhirnya tercipta saat laga memasuki 45. Berawal dari serangan balik cepat, kombinasi antara Firmino dan Salah membuyarkan pertahanan Roma. Nama terakhir pun berhasil mencetak gol keduanya di laga ini setelah memperdaya Alison. Skor berubah menjadi 2-0 untuk tuan rumah sekaligus mengakhiri jalannya babak pertama.

Di babak kedua, kembali Liverpool langsung tancap gas. Sebaliknya Roma seakan tidak diberikan nafas oleh anak asuh Juergen Klopp. Gol tambahan langsung tercipta di menit 56 setelah Mane melepaskan tendangan menyusur tanah yang menembus gawang Roma usai menerima assist dari Salah.

Tertinggal tiga gol, Roma semakin terpuruk. Tidak ada serangan berarti dari wakil Italia tersebut yang mengarah ke gawang Liverpool. Sebaliknya, Liverpool semakin nyaman bermain dan terus menerus menggempur lini belakang Roma.

Lima menit setelah gol ketiga, tim asal Marseyside kembali menambah keunggulan lewat Firmino. Kembali Salah menjadi kreator terciptanya gol keempat setelah melepaskan umpan cut inside ke dalam kotak penalti yang diselesaikan dengan mudah oleh striker asal Brasil itu.

Melihat gawangnya kebobolan empat gol, Di Francesco coba melakukan perubahan dengan menarik Daniele De Rossi dan memasukkan Maxime Gonalons untuk menyeimbangkan lini tengah.

Tetapi upaya Roma terlihat sia-sia karena Liverpool justru kembali menambah gol di menit 69. Firmino kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah tandukannya merobek gawang Alison usai menerima umpan sepak pojok James Milner.

Dzeko mencetak gol untuk memperkecil kedudukan 

liverpool-vs-roma-673871a5ae3d0fe.jpg

Dan saat pertandingan memasuki menit 75, Klopp mulai melakukan perubahan dengan mengganti Salah dan memasukkan Danny Ings. Ditariknya Salah pun membuat daya gedor Liverpool menurun karena tidak ada lagi serangan yang berbahaya dilancarkan tuan rumah.

Sebaliknya, Roma mampu bermain lebih baik dan lebih nyaman menguasai penguasaan bola. Hasilnya, Edin Dzeko mampu memperkecil kedudukan lewat golnya di menit ke-81 setelah menerima umpan terukur Radja Nainggolan.

Mampu mencetak satu gol, Roma mulai percaya diri. Beberapa kali mereka mampu membahayakan gawang tuan rumah lewat Dzeko meski masih gagal.

Pada akhirnya, usaha dari anak asuh Di Francesco membuahkan hasil setelah wasit menunjuk titik putih pada menit 85 karena Milner melakukan handball di kotak terlarang. Diego Perotti yang menjadi eksekutor pun sukses mengeksekusi penalti sehingga membuat skor menjadi 2-5.

Akhirnya, gol tersebut menjadi yang terakhir di laga ini karena hingga wasit meniup peluit akhir tidak ada lagi gol tambahan tercipta. Liverpool keluar sebagai pemenang dengan skor 5-2 di leg pertama kali ini.

Namun, meski meraih kemenangan langkah Liverpool menuju final belum selesai karena masih ada leg kedua yang akan dilangsungkan di markas Roma pekan depan. Apalagi, Roma punya tren positif jika bermain di Stadion Olimpico seperti saat menyingkirkan Barcelona di perempat final.

Dan di leg kedua nanti, Dzeko dkk. membutuhkan tiga gol untuk melaju ke partai puncak. Sedangkan bagi Liverpool hanya membutuhkan hasil imbang atau minimal tidak kalah lebih dari tiga gol jika ingin melenggang ke final.

Baca Juga:
Momen Penting Final IBL 2018

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Champions League | 25 April 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company