image Tim WISSEMU sedang memasak Tenda tempat menginap dua pendaki Indonesia di di Everest Base Camp (EBC) Dua pendaki Indonesia telah tiba di Everest Base Camp (EBC)

Dua Pendaki Wanita Indonesia Dekati Puncak Gunung Everest

Text : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 25 April 2018

uploads/news/2018/04/pendaki-indonesia-dekati-gunung-6229037c315f24a.jpg

Pendaki Indonesia Dekati Gunung Everest

dua-pendaki-wanita-indonesia-2172977cdac3cfa
dua-pendaki-wanita-indonesia-36745a8b3908efd
dua-pendaki-wanita-indonesia-40871d76ada6c6b
SPORTKU.COM

Tim The Women of Indonesia’s Seven Summits Expedition Mahitala-Unpar (WISSEMU) telah sampai di Everest Base Camp (EBC).

Fransiska Dimitri Inkiriwang (Deedee) dan Mathilda Dwi Lestari (Hilda), dua pendaki Indonesia yang tengah menyelesaikan misinya mendaki 7 gunung tertinggi di 7 lempeng benua berbeda telah tiba di Everest Base Camp, Nepal. Mereka kini telah berada di di ketinggian 5.200meter di atas permukaan laut (mdpl) sejak Kamis, (19/4) lalu.

Deedee dan Hilda kini semakin dekat dengan mimpi untuk menggapai puncak Gunung Everest yang memiliki ketinggian 8.848 mdpl. Setelah tiga minggu mempersiapkan diri di sekitar daerah Nepal dan Tibet, Tim WISSEMU akhirnya tiba di tempat yang disebut-sebut sebagai titik awal pendakian ke Gunung Everest.

Dalam pendakian ini sendiri, Tim WISSEMU akan mengambil jalur utara lewat Tibet. Jalur ini dipilih dengan pertimbangan menghindari penumpukan pendaki ketika menuju puncak. Meski sebagai gantinya, tim harus menghadapi medan-medan yang lebih curam pada jalur ini.

Mulai dari titik ini, akses komunikasi ke luar juga akan semakin terbatas. Rencananya Tim akan menghabiskan tujuh hari di EBC. Hari-hari tersebut akan dimanfaatkan untuk berlatih kembali teknik-teknik pendakian yang dibutuhkan agar bisa mencapai puncak Gunung Everest. Mulai dari penggunaan crampon, ice axe, sampai dengan pengaplikasian tali temali dan segala persiapan lain untuk menunjang keselematan.

Baca Juga
Klasemen Sementara WSBK 2018, Rea Semakin Jauh di Puncak

“Akhirnya kami sampai EBC. Artinya semua akan jadi lebih berasa real. Everest akan kelihatan tiap hari, suasananya sudah masuk wilayah dengan ketinggian di atas 5.000an (mdpl), bersama dengan orang-orang di sekitar yang punya tujuan sama untuk bisa sampai di puncak Gunung Everest,” ungkap Hilda.

Sebelum sampai titik ini, tim sempat menghabiskan waktu mengelilingi bangunan-bangunan bersejarah di Tibet. Dalam ekspedisi ini, bukan hanya puncak Gunung Everest yang dikejar, melainkan pembelajaran dan pengetahuan baru mengenai adat dan budaya dari suatu daerah dapat menjadi benefit tambahan.

Tim sempat mengunjungi Potala Palace, bangunan utama dari Lhasa yang berada tepat di pusat kota. Bukan cuma berhenti di situ, tim juga melanjutkan untuk mengunjungi Biara Sera yang merupakan tempat belajar Tradisi Budha Mahayan utama yang didirikan pada tahun 1419.

Deedee dan Hilda sebelumnya dilepas dari Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (29/3) lalu. Dua orang mahasiswi yang masih terdaftar aktif di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung ini sebelumnya telah mengibarkan bendera Merah Putih di enam puncak gunung tertinggi. Mereka mencatatkan diri sebagai tim perempuan Iandonesia pertama yang berhasil mencapai puncak Gunung Denali (6.190 mdpl), Alaska dan Gunung Vinson Massif, Antartika (4.190 mdpl).

Pendakian menuju puncak Gunung Everest akan menggenapi rangakaian ekspedisi Seven Summits yang telah dimulai sejak tahun 2014. Perjalanan ini ditargetkan akan memakan waktu hingga 57 hari sejak pelepasan di Jakarta.

Baca Juga
Honda Gelar CBR Race Day Untuk Komunitas
FIA Berencana Rumuskan Perubahan Baru dalam Pitstop

Text : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 25 April 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Debut eSport di SEA Games

Debut eSport di SEA Games

ACTUAL
Palembang Tuan Rumah Kejuaraan Triathlon

Palembang Tuan Rumah Kejuaraan Triathlon

ACTUAL
Pencak Silat Jelajah Arab Saudi

Pencak Silat Jelajah Arab Saudi

ACTUAL
Kaleidoskop Olahraga Tanah Air 2018

Kaleidoskop Olahraga Tanah Air 2018

ACTUAL

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company