image

Mengejutkan, Crutchlow Akan Tinggalkan MotoGP?

Text : Suhartono | Photo / Video : LCR | 28 April 2018

SPORTKU.COM

Kabar mengejutkan datang dari Cal Crutchlow. Pebalap asal Inggris tersebut mengisyaratkan akan segera meninggalkan MotoGP.

Crutchlow telah membalap di MotoGP sejak tahun 2011 silam. Tahun pertamanya di MotoGP, Crutchlow menjadi pebalap satelit Monster Yamaha Tech3. Bersama tim besutan Herve Poncharal tersebut, Crutchlow bertahan hingga tiga tahun. Prestasi terbaiknya di MotoGP 2013 dengan menduduki posisi 5 klasemen akhir.

Di tahun 2014, Crutchlow hengkang dari Monster Yamaha Tech3. Kariernya semakin moncer dan langsung menjadi pebalap pabrikan untuk Ducati Team di MotoGP 2014. Dengan motor balapnya Ducati Desmosedici GP14, Crutchlow hanya bisa mengakhiri balapa di posisi 13 klasemen akhir.

Hanya satu musim di Ducati Team, Crutchlow kembali lagi menjadi pebalap satelit. Kali ini bersama Honda. Di MotoGP 2015, Crutchlow membalap untuk CMW LCR Honda. Sedangkan sejak tahun 2016 hingga kini dirinya membalap bersama LCR Honda.

Namun kini setelah cukup lama bertahan di MotoGP, pebalap satu anak ini justru mengungkapkan hal mengejutkan. Crutchlow mengisyaratkan untuk meninggalkan MotoGP. Bahkan dirinya telah merencanakan jika nantinya sudah tak lagi berkecimpung di MotoGP, maka akan membalap di AMA Superbike.

Tak kunjung menjadi pebalap pabrikan Honda mungkin bisa menjadi salah satu alasan Crutchlow mempunyai keinginan untuk meninggalkan MotoGP. Di mana tim pabrikan Honda sepertinya masih akan tetap mempertahankan duet Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Baca Juga
Kratingdaeng Supercrosser Endurocross 2018 Masuki Putaran Akhir

"Rencana saya selalu sama untuk balapan di AMA Superbike, dan rencana itu masih begitu. Jejak di Amerika Serikat itu berdebu, keras, bergelombang, mirip dengan tempat asal saya, seperti Oulton Park dan Cadwell Park. Saya suka balap seperti itu. Jadi saya masih ingin melakukan itu," ungkap Crutchlow.

Crutchlow memang menjadi salah satu pebalap yang pernah turun di beberapa ajang bergengsi. Sebelum menjadi pebalap MotoGP, Crutchlow justru memulai kariernya dari British Supersport Championship (BSS) bersama Honda di tahun 2004 hingga 2006 (menjadi juara umum).

Setelah itu Crutchlow naik kelas ke British Superbike Championship (BSB). Di musim perdananya tahun 2007 Crutchlow bersama Suzuki dan di tahun 2008 dengan Honda. Masih dengan Honda, di tahun 2005 hingga 2006 Crutchlow hengkang ke World Supersport Championship (WSS). Masih di WSS, Crutchlow juga bersama Yamaha di tahun 2009.

Baru di tahun 2008, Crutchlow menjadi pebalap wildcard di kelas tertinggi World Superbike Championship (WSBK) dengan pabrikan Honda. Tahun 2010 membalap satu musim penuh di WSBK bersama Yamaha sebelum akhirnya di tahun 2011 hengkang ke MotoGP.

Sementara itu, MotoAmerica sekarang adalah Kejuaraan Superbike yang terus berkembang di seluruh Amerika. Salah satu pebalap top dunia yang membalap di AMA Superbike adalah Wayne Rainey yang juga merupakan mantan pebalap MotoGP di era GP500.

Baca Juga
Suzuki GSX-R150 Terbaru Lebih Stylish, Diproduksi Terbatas
Halep Tergusur, Pliskova Tempuh Laga Alot

Text : Suhartono | Photo / Video : LCR | 28 April 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company