image Mendaki menjelang Batu Hobon Segabian peserta test rute GFNY Samosir Dua rider melintasi turunan Dua rider melintasi turunan Peserta test rute GFNY Samosir sebelum start di Tuk Tuk Peserta test rute GFNY Samosir setelah menikmati atraksi Gondang Naposo

Rute GFNY Samosir Dinilai Mengejutkan

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna, Muhamad Dahroji | Editor: Andi Wahyudi | 2 May 2018

uploads/news/2018/05/test-rute-gfny-samosir-29606d20bb7f07a.jpg

Test Rute GFNY Samosir

test-rute-gfny-samosir-6510995a90bbafd
test-rute-gfny-samosir-89557f1be4929e7
test-rute-gfny-samosir-3104089406c5d26
test-rute-gfny-samosir-84919f872edfb97
test-rute-gfny-samosir-544822d30470584
test-rute-gfny-samosir-155642cabae99cf
SPORTKU.COM

Ajang kejuaraan balap sepeda GFNY Samosir 2018 di Sumut akan berlangsung beberapa bulan lagi. Bagaimana persiapannya?

Pihak penyelenggara, GFNY Indonesia, terus memantau perkembangan lokasi, khususnya terkait kondisi lintasan atau jalan raya yang akan digunakan pada ajang tersebut.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar uji coba lintasan yang dilakukan pada Sabtu (28/4) lalu. Event ini ditujukan untuk melihat secara langsung kondisi jalan raya yang akan dilalui oleh para peserta nantinya, sekaligus memberikan kesempatan penggemar sepeda untuk dapat menikmati secara langsung lintasan yang nantinya akan dilalui.

Rute yang dicoba secara langsung oleh para rider adalah berjarak sekitar 102km, dimulai dari Tuk Tuk dan kembali ke lokasi yang sama.

Dari Tuk Tuk hingga Pangururan, kondisi jalan didominasi dengan jalan flat (datar). Di beberapa bagian, para peserta bisa menjumpai panorama alam Samosir yang menawan, Danau Toba yang terbentang di sisi kanan jalan dan pemukiman dengan arsitektur Batak yang khas.

Setelah Pangururan, para rider mulai dihadang dengan tanjakan-tanjakan yang curam, yang berakhir di kawasan Batu Hobon. Meski demikian, para rider juga disuguhkan panorama alam yang sangat memikat dan mampu mengobati rasa lelah.

Dari Batu Hobon, kondisi rute mulai berubah. Rute kali ini didominasi dengan turunan panjang, yang memungkinkan para rider untuk memacu sepedanya dengan cepat.

Sebelum finish di Tuk Tuk, para peserta singgah di kawasan pantai wisata Pasir Putih Tandarabun untuk menikmati atraksi kesenian tradisional, Festival Gondang Naposo, yang juga menjadi agenda wisata di Samosir.

Menurut sejumlah peserta, kondisi jalan di Samosir saat ini sudah sangat baik, meski masih ada beberapa bagian yang masih dalam proses perbaikan.

“Sangat surprise karena jalan sangat mulus, walaupun masih ada beberapa (bagian) yang masih dalam proses perbaikan,” kata AKBP Eko Suprihanto yang pernah menjabat sebagai Kapolres Samosir.

Hal senada disampaikan peserta lainnya, Willy.

“Rutenya menarik. Pertamanya flat selanjutnya climbing. Climbing-nya juga enggak terlalu parah. Managable lah ya,” kata Willy.

“Samosir itu lumayan sejuk. Pemandangan itu sangat bagus, karena kita di (bekas) kaldera gunung api. Sama tanjakannya itu loh yang paling mantap buat saya,” pungkas pria yang berdomisili di Hong Kong itu.

Test Rute GFNY Samosir sendiri bersamaan dengan diselenggarakannya event Toba Audax 2018, yang menempuh rute sepanjang sekitar 250km.

Baca juga:
AKSI AARON GWIN TAKLUKAN JALUR LOSINJ

Baca juga:
INI PARA PEMENANG INTERSPORT DRIFT ACADEMY JAKARTA


Peserta test Rute GFNY Samosir

test-rute-gfny-samosir-3104089406c5d26.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna, Muhamad Dahroji | Editor: Andi Wahyudi | 2 May 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company