image Tandem Lima Mobil Allen Yong Drift Camp Akbar Rais Drift Camp Juga Menghadirkan Kelas Untuk Kategori Mobil Pick Up Indonesian Drift Community

Peran Drift Camp Bangun Generasi Muda Drifting Di Indonesia

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 3 May 2018

uploads/news/2018/05/kiprah-drift-camp-di-49049e5d66e2c85.JPG

Kiprah Drift Camp Di Indonesia

kiprah-drift-camp-di-6607380c5b10321
kiprah-drift-camp-di-27966418953c533
kiprah-drift-camp-di-15616b19d890c58
kiprah-drift-camp-di-9577479963f4f1d
kiprah-drift-camp-di-54414ebdf690c15
kiprah-drift-camp-di-85826a63e36b9f7
SPORTKU.COM

Seperti ajang balapan pada umumnya, drifting juga butuh regenerasi agar kiprahnya di industri otomotif dapat terus berkembang.

Belakangan ini ajang kompetisi drifting sedang mengalami siklus bangun dari tidur. Ramainya kegiatan yang mengatasnamakan kompetisi maupun latihan drifting sudah kembali bergejolak, setelah sebelumnya sempat dikabarkan mati suri.

Indonesian Drift Community (IDC) yang terbentuk pada 2008 silam mencoba untuk menghadirkan bibit-bibit baru calon pebalap drifter di Indonesia, dengan cara mengadakan sebuah latihan rutin bertajuk Drift Camp, yang merupakan ajang latihan bersama dengan para drifter pro, rookie, dan drift star.

Di mana para drifter bisa saling berbaur, berbagi ilmu, dan pengalaman. Drift Camp lebih mengutamakan kekeluargaan. Para pemula bisa bertanya apa saja kepada para senior-seniornya.

Ajang latihan Drift Camp ini dicetuskan pertama kali pada tahun 2009 di kawasan JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Agar dunia drifting lebih dikenal oleh khalayak pecinta otomotif di seluruh Indonesia, IDC mencoba untuk melebarkan sayap Drift Camp ke daerah-daerah. Karena berdasarkan pengalaman, banyak anak muda berbakat justru ditemukan di luar Ibu Kota Jakarta.

Kombes Pol. Dwi Irianto, Sik. Msi. yang merupakan Pembina dan Pelindung IDC mengatakan, "Kegiatan ini diadakan pertama kali dalam rangka memperkenalkan drifting ke daerah-daerah dan kepada para penggemar otomotif di wilayah".

"Ternyata setelah beberapa kali diadakan, banyak sekali yang antusias dengan drifting. Kita mencoba untuk memperkenalkan drift agar mereka tidak hanya melihat olahraga ini sebatas di televisi saja, melainkan mereka bisa mengenal lebih dekat dengan drifting. Mereka juga bisa mengetahui sistem penilaian drifting itu seperti apa," lanjut Dwi Irianto yang juga sebagai pelindung acara Drift Camp.

Baca Juga :
Intersport Drift Academy

Drift Camp mulai merambah ke wilayah Makassar, Lampung, Solo, Karawang, Bekasi, dan beberapa kota kecil lainnya. Antusias mereka pun bisa diacungkan jempol, karena peminatnya juga berasal dari para drifter yang sudah bergelut di slalom, touring, drag race dan ajang balapan lainnya.

"Tahun ini kita ada rencana untuk mengadakan Drift Camp di Yogyakarta," ujar Denny Pribadi selaku Ketua IDC.

Setiap tahunnya, Drift Camp hanya diadakan sebanyak dua kali, di awal tahun dan akhir tahun. Ada dan tidak adanya event drifting, Drift Camp tetap konsisten diadakan.

"Kita bikin di awal tahun, agar drifter bisa pemanasan sebelum lanjut ke ajang kejurnas atau kompetisi drift. Sedangkan di akhir tahun, untuk latihan biasa aja," jelas Denny yang juga merupakan pebalap ISSOM.

IDC berharap dengan diadakannya Drift Camp, olahraga ngepot ini semakin digemari oleh kaum muda, semakin banyak peminatnya, dan tentunya event-event drift semakin banyak.

"Drift Camp setahun hanya diadakan dua kali, dan memang dari awal kita sepakatnya dua saja. Kalau terlalu banyak nanti malah jenuh. Drift Camp bisa hidup terus hingga saat ini karena juga didukung oleh sponsor-sponsor setia yang sudah komit untuk terus bersama-sama dengan IDC, dan semoga kegiatan ini bisa memajukan drifting di Tanah Air," tutup Denny Pribadi.

Baca Juga :
Sebelas Drifter Beraksi Freestyle Di IIMS 2018

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 3 May 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company