image

Rasis, FIFA Denda Rusia Rp400 juta

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Pinterest | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: soccerway | 9 May 2018

SPORTKU.COM

FIFA menjatuhkan hukuman berupa denda kepada asosiasi sepak bola Rusia sebesar 25 ribu euro atau Rp400 juta lantaran penonton rasis.

Otoritas tertinggi sepak bola dunia (FIFA) menjatuhkan hukuman berupa denda sebesar sebesar 25 ribu euro atau Rp400 juta kepada asosiasi sepak bola Rusia (RFU) lantaran aksi diskriminasi yang dilakukan oleh suporter Timnas Rusia dalam laga persahabatan melawan Prancis di Saint-Petersburg Stadium, Rabu 28 Maret 2018 lalu.

Dalam pertandingan yang berakhir dengan kekalahan Rusia 1-3 atas Prancis tersebut, dua pemain andalan Les Blues, Paul Pogba dan Ousmane Dembele menjadi target diskriminasi oleh penonton Rusia yang rasis dengan menirukan suara monyet ketika kedua pemain tersebut tengah membawa bila.

Lantaran itulah, FIFA pun menindak tegas perlakuan tersebut dan menuding pihak penyelenggaran—dalam hal ini RFU—yang tak mampu mengendalikan massa dengan melanggar peraturan FIFA mengenai pelarangan perilaku diskriminasi.

"FIFA memiliki pendekatan toleransi nol terhadap diskriminasi dan telah menerapkan serangkaian langkah untuk memerangi diskriminasi dan mempromosikan keragaman, termasuk sistem pemantauan anti-diskriminasi, yang telah aktif sejak 2015, untuk mengamati dan melaporkan semua 871 pertandingan 2018 kualifikasi Piala Dunia FIFA dan, pertandingan Piala Konfederasi FIFA 2017 dan Piala Dunia FIFA 2018, " bunyi pernyataan FIFA seperti dilansir dari Soccerway, Selasa (8/5).

Baca juga
Bayern Muenchen Perpanjang Kontrak Ribery

"Pada turnamennya, termasuk Piala Dunia FIFA 2018, FIFA juga telah memperkenalkan prosedur tiga langkah dalam kasus insiden diskriminatif, yang memungkinkan wasit untuk secara aktif campur tangan untuk membuat perilaku diskriminatif berhenti,” sambung pernyataan tersebut.

Penggemar sepak bola di Rusia sendiri memang dikenal sebagai suporter yang rasis. Dua tim papan atas Liga Rusia, Zenit dan Spartak mendapatkan denda pada bulan lalu lantaran adanya nyanyian rasis di stadion mereka.

Hal ini tentunya menjadi preseden buruk mengingat negara tersebut tak lama lagi akan menyelenggarakan putaran final Piala Dunia 2018 yang akan digelar pada pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018 mendatang.

Baca juga
Anderon Juara Umum AMA Supercross

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Pinterest | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : soccerway | 9 May 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company