image

MotoGP Indonesia, Masihkan Sekadar Wacana?

Text : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 11 May 2018

SPORTKU.COM

Kabar penyelenggaraan MotoGP Indonesia masih saja menjadi pembicaraan hangat di kalangan elit Sirkuit Sentul.

Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat yang memiliki panjang lintasan 4,12 kilometer tersebut sejatinya memang pernah menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia MotoGP. Saat itu masih dengan GP500 sebagai kelas paling bergengsinya yang dilaksanakan di Sirkuit pada tahun 1996 dan 1997.

Sejak beberapa tahun belakangan ini, Sirkuit Sentul terus menggeliat ke publik untuk kembali menjadi penyelenggara MotoGP. Bahkan Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports sebagai penyelenggara MotoGP juga sudah beberapa kali mengunjungi Indonesia.

Dorna memang mengaku tertarik untuk menggelar salah satu seri MotoGP di Indonesia. Keberadaan jutaan fan fanatik MotoGP Indonesia memang menjadi salah satu indikasi ketertarikan Dorna untuk menggelar MotoGP di Bumi Pertiwi Indonesia.

Namun ada permalasahan yang memuat keinginan Dorna dan juga publik Indonesia selalu saja tak menemui titik terang. Adalah keberadaan sirkuit yang memadai. Sirkuit Sentul yang terus melobi Dorna pun dituntut untuk dilakukan renovasi besar-besaran di berbagai sisi. Baik di treknya sendiri maupun memperbaiki sarana dan prasarana serta fasilitas sirkuit.

Permintaan Dorna untuk memperbaiki Sirkuit Sentul bertepuk sebelah tangan. Hingga kini wajah Sirkuit Sentul masih sama seperti dulu. Tak ada sedikit pun perubahan yang terjadi di sana. Pihak Sirkuit Sentul pun mengaku kesulitan mencari sumber dana sebagai modal perbaikan trek.

Namun hal itu tak membuat pihak Sirkuit Sentul mati langkah. Tinton Soeprapto terus melakukan pembicaraan dengan berbagai orang penting termasuk bersama pihak pemerintahan Joko Widodo melalui Moeldoko selaku Kepala Staf Kepresidenan. Bahkan Presiden Jokowi juga sudah terlihat mengunjungi Sirkuit Sentul belum lama ini.

Baca Juga
Berapa Tinggi Badan Para Pebalap MotoGP?

Text : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 11 May 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company