Madura United Permalukan Persija di SUGBK

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono | 13 May 2018

MU Permalukan Persija di SUGBK

SPORTKU.COM

Madura United berhasil mempermalukan Persija Jakarta dalam lanjutan Liga 1 2018, Sabtu (12/5) malam WIB.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Persija Jakarta di laga ini sepertinya sudah memikirkan Piala AFC karena mereka menurunkan pemain lapis kedua. Tidak ada nama seperti Marko Simic, Riko Simanjuntak, Sandi Sute, atau Maman Abdurahman dalam starting XI Macan Kemayoran.

Sebaliknya, di kubu tamu memainkan skuad terbaik seperti Zah Rahan Krangar, Greg Nwakolo, serta Bayu Gatra Sanggiawan di lini depan. Dan hal itu terbukti karena di menit awal Madura langsung tampil menekan. Anak asuh Milomir Seslija mengawali laga dengan sangat baik lewat upaya Slamet Nurcahyo yang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti meski tembakannya masih bisa diamankan penjaga gawang Persija, Daryono.

Setelah peluang tersebut, Madura kian gencar memberikan tekanan. Hasilnya, pemain belakang Persija melakukan pelanggaran terhadap Bayu Gatra yang berujung penalti. Fabiano Beltrame yang menjadi eksekutor, tidak menyianyiakan peluang tersebut meski awalnya tendangan pemain asal Brasil sempat diblok tapi bola rebound mampu disambar dan membuat skor menjadi 0-1 di menit keempat. 

Baca Juga:
Strategi Ali Adrian di WSSP300

Usai gol tersebut, Madura kian bersemangat. Greg Nwakolo yang melakukan aksi individu melepaskan tendangan dari sudut sempit tapi untungnya masih bisa dihalau penjaga gawang tuan rumah. Persija yang terus mendapat tekanan mencoba keluar menyerang, peluang pun didapat di menit ke-18 melalui Fitra Ridwan. Sayangnya, tendangan Fitra masih bisa ditepis oleh Hery Prasetyo. 

Gol pertama Madura United dicetak Fabiano Beltrame

persija-vs-madura-united-82848bc2b1dc8f8.JPG

Peluang tersebut seolah membangkitkan semangat tuan rumah. Tak lama setelahnya, Macan Kemayoran kembali mendapat peluang melalui tendangan salto Vava Mario yang masih menyamping dari gawang Madura.

Dan hingga babak pertama berakhir tak ada lagi gol tercipta. Skor tetap bertahan untuk keunggulan Madura United 0-1.

Di babak kedua, Persija langsung melakukan perubahan dengan memasukkan Ramdani Lestaluhu menggantikan Fitra Ridwan. Masuknya Ramdani pun berhasil memberi warna baru dalam serangan Persija meski anak asuh Stefano Cuguura Teco masih kesulitan membongkar pertahanan Madura United.

Selanjutnya, demi meningkatkan data gedor, Teco mulai memasukkan pemain kuncinya, Riko Simanjuntak yang menggantikan Rudi Widodo pada menit 57. Masuknya Riko, permainan sektor sayap Persija kembali hidup setelah sebelumnya tak berkutik. 

Hingga pada akhirnya, Simic harus masuk untuk mempertajam lini depan. Kehadiran Riko dan Simic terbukti tepat. Berulang kali Persija mendapat peluang lewat Riko dan Simic yang sudah berhadapan dengan penjaga gawang. Tetapi sangat disayangkan tendangan Simic justru melambung jauh di atas gawang. 

Kemudian, tak lama setelah peluang gagal dari Simic, Persija berhasil mencetak gol melalui Ramdani Lestaluhu. Namun, gol tersebut dianulir wasit karena wasit menilai Ramdani sudah terperangkap offside.

Terus bermain menyerang, Persija pun seolah lupa akan lini belakang mereka. Alhasil, lewat serangan balik cepat, Zah Rahan berhasil mengelabui bek Persija sebelum menaklukkan Daryono dan membawa Madura unggul dua gol.

Setelah gol itu, Madura mulai menerapkan strategi bertahan. Pemain belakang, Munhar dimasukkan Milo untuk memperkuat lini belakang. Pertahanan rapat dari Madura di sisa laga pun sangat berhasil karena hingga pertandingan berakhir, tuan rumah tidak mampu mencetak gol. 

Madura United resmi memberikan kekalahan perdana bagi Persija di SUGBK sekaligus menjadi kemenangan perdana mereka di kandang lawan. Selain itu, kemenangan kian terasa manis karena membuat mereka naik ke puncak klasemen sementara menggeser Persipura Jayapura yang di laga lain takluk oleh Persib Bandung.

Baca Juga:
Ibrahimovic ke Piala Dunia 2018

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono | 13 May 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Amarah Mourinho Kepada Pemain MU

Amarah Mourinho Kepada Pemain MU

FOOTBALL
Chelsea dan Batasan Peminjaman Pemain

Chelsea dan Batasan Peminjaman Pemain

FOOTBALL
Pelatih Bologna Puji  Juventus

Pelatih Bologna Puji Juventus

FOOTBALL
Arsene Wenger Belum Mau Pensiun

Arsene Wenger Belum Mau Pensiun

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company