Petra Kvitova Capai Gelar Madrid Terbuka Untuk Ketiga Kali

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : Madrid Open | 13 May 2018

Kvitova Capai Gelar Ketiga Madrid-Terbuka

SPORTKU.COM

No.10 unggulan Petra Kvitova meraih gelar ketiga kalinya pada Madrid Terbuka, usai menaklukkan kiki Bertens di final, Minggu (13/5).

Pencapaian tiga kali juara Kvitova ini sekaligus sejarah pertama dalam kejuaraan Madrid Terbuka. Sebelumnya Kvitova mengangkat trofi Madrid pada tahun 2010 dan 2015.

Final kali ini sungguh melelahkan. Ia berjuang keras, menempuh pertarungan maraton melawan spesialis tanah liat Kiki Bertens. Jauh dari pertemuan sebelumnya di tahun 2015, dimana Kvitova mengalahkan Bertens hanya dalam 36 menit di lapangan rumput Wimbledon, kini ia harus ekstra dua jam 35 menit yang melelahkan untuk mengalahkan petenis Belanda, dengan 7-6 (6), 4 -6, 6-3.

Kvitova harus menggali lebih dalam dan memanfaatkan pengalamannya bertahun-tahun untuk melawan Bertens, yang sedang bertarung dalam kariernya sebagai finalis Premier Mandatory yang pertama. Datang ke Madrid setelah mengangkat trofi pada turnamen kandangnya di Praha, petenis Ceko itu bermain di pertandingan kesebelasnya dalam 13 hari, dan kini kelelahan itu nampak di final.

Sepasang game maraton mengatur nada pertandingan sejak awal, dengan empat poin break yang ditawarkan pada kedua game. Bahkan, lima dari delapan game pembukaan berlalu dengan deuce, tanda betapa erat yang harus diperebutkan. Bertens melampaui lebih dulu, unggul 2-4, sebelum Kvitova membalas dengan level 4-4, dan set pertama ditentukan oleh tiebreak.

Kvitova nyaris tidak bisa maju, dengan Bertens menyimpan dua set poin, tetapi sayang petenis Belanda tersebut membenamkan pukulan forehandnya ke net untuk menyerahkan set ke Kvitova.

Kelelahan yang mendera justru membuat Kvitova tetap bertahan. Setelah set pembuka berjalan 76 menit, Bertens memanfaatkan peluang. Ia meningkatkan levelnya untuk mengklaim break tunggal di 4-3. Pemain Belanda itu tetap agresif, menarik Kvitova ke reli panjang dan ia mengambil set kedua untuk menyamakan kedudukan.

Set terakhir adalah momentum antara dua pemain yang mulai terjebak dalam duel keputus asaan. Empat break point diciptakan dalam maraton dua pertandingan pembuka dan pasangan ini membagi tiga service di antara keduanya. Pada akhirnya, Kvitova yang unggul terlebih dahulu dan menyegel di depan. Ia mematahkan service pada kedudukan 4-2 dan kembali pada kedudukan 5-3 untuk menutup pertandingan setelah hampir tiga jam.

Kemenangan itu menempatkan Kvitova pada pencapaian empat gelar WTA tur terkemuka pada tahun 2018. Ia mengangkat piala di St. Petersburg, Doha, dan Praha. Ini menandai masa-masa terbaiknya selama satu musim dalam kariernya. Kvitova mengklaim kemenangannya yang ke-30 pada musim ini. Paling awal ia pernah mencapai level ini sebelumnya pada tahun 2011 Prancis Terbuka.

Meski hanya sebagai runner up, Kiki Bertens akan memiliki hikmah tersendiri. Peringkatnya akan naik menjadi ke-15 sedangkan Kvitova akan naik dari No.10 ke No.8 dunia.



Baca Juga:
Dominic Thiem ke Final Madrid Terbuka Untuk Kedua Kali

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : Madrid Open | 13 May 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Serena Diganjar Sejumlah Hukuman Denda

Serena Diganjar Sejumlah Hukuman Denda

TENNIS
Pegunungan Alpen, Kunci Sukses Djokovic?

Pegunungan Alpen, Kunci Sukses Djokovic?

TENNIS
Dongeng AS-Terbuka Djokovic Berakhir Bahagia

Dongeng AS-Terbuka Djokovic Berakhir Bahagia

TENNIS
Jepang Rayakan Kemenangan Osaka

Jepang Rayakan Kemenangan Osaka

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company