Kerja Keras Galang Hendra di WSSP300 Italia

Text : Suhartono | Photo / Video : Yamaha | Editor: Andi Wahyudi | 14 May 2018

Galang Hendra Tembus Posisi 5

SPORTKU.COM

Hasil manis didapatkan oleh Galang Hendra Pratama dengan menembus posisi 5 di Seri 3 World Supersport 300 (WSSP300).

Tampil di Sirkuit Imola, Italia, pebalap binaan Yamaha Racing Indonesia (YRI) ini berhasil memberikan kejutan. Memulai balapan dari grid 14, pebalap muda 19 tahun asal Kota Yogyakarta ini mengakhirinya di peringkat 5. Sebetulnya hasil Superpole 2 (SP2), Galang Hendra berada di urutan ke-10, namun terkena penalti karena menurunkan kecepatan pada racing line hingga harus turun di grid ke-14.

Namun hal itu justru menjadi penyemangat tersendiri bagi Galang Hendra untuk bisa tampil lebih baik dari seri sebelumnya di Assen, Belanda. Sejak lampu start padam, pebalap Yamaha Pata Semakin di Depan Biblion Motoxracing Team langsung menunjukkan tajinya.

Pada lap pembuka, penggeber Yamaha YZF-R3 ini sudah bisa menduduki posisi 8. Pada lap ke-2, Galang Hendra kembali naik satu posisi ke nomor 7. Sempat melorot ke urutan 10 saat balapan baru memasuki lap 3. Namun segala upaya terus dilakukan Galang Hendra untuk bisa berada di rombongan depan.

Perjuangan Galang Hendra kembali membuahkan hasil manis. Pada lap 4, posisinya kembali di peringkat 7. Sejak masuki lap 5, Galang Hendra sudah berhasil di posisi 6 dan bertahan hingga lap 8. Pada lap 9 dan 10, Galang Hendra melorot lagi ke posisi 7. Pada lap penutup, Galang Hendra bisa mengakhiri balapan di peringkat 5.

Baca Juga
Paramount Land Dukung Penuh Kemajuan Sprint Rally di Indonesia

“Saat ini saya bahagia karena dapat finish ke-5. Saya melakukan start dengan baik dengan dukungan perfoma motor yang sangat baik. Saya sempat mengalami kontak dengan pebalap lainnya. Namun saya tetap tenang dan fokus. Pada lap terakhir, saya memotong beberapa rider hingga saya merebut posisi ke-5," ungkap Galang Hendra.

"Pada seri selanjutnya, saya akan lebih fokus lagi dan akan tampil all out pantang menyerah. Saya akan melakukan yang terbaik untuk Merah Putih Semakin Di Depan," tutup Galang Hendra, pebalap yang tergabung dalam Yamaha R3 bLU cRU Challenge.

Perlu dipahami, bahwa pemenang WSSP300 Italia 2018 adalah Ana Carrasco, pebalap yang geber Kawasaki Ninja 400. Ninja 400 dan KTm RC390R memang terbukti mendominasi hingga tiga seri WSSP300 2018. Sementara Yamaha YZF-R3 yang memiliki kubikasi silinder terkecil terseok untuk mengejar ketertinggalan.

Pihak penyelenggara memang masih terus mengupayakan formulasi yang tepat agar semua merek memiliki potensi yang sama untuk tampil kompetitif. Menggunakan batasan limiter RPM dan penambahan atau pengurangan bobot hingga Seri 3 masih belum terlihat berimbang.

Yamaha R3 dengan bobot yang sama dengan kompetitor masih mengalami kendala saat akselerasi keluar dari tikungan dan top speed di trek lurus. Meski begitu, di Seri 3 ini penampilan para pebalap yang geber Yamaha YZF-R3 sudah sedikit menunjukkan potensinya untuk bersaing di barisan depan.

Baca Juga
Pendaki Wanita Indonesia Siap Mengibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Everest
Menpora: Indonesia Bikin Sejarah di MXGP

Text : Suhartono | Photo / Video : Yamaha | Editor: Andi Wahyudi | 14 May 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Pebalap AHM Berburu Podium

Pebalap AHM Berburu Podium

ROAD RACE
Lorenzo Absen di MotoGP Jepang

Lorenzo Absen di MotoGP Jepang

MOTOGP
Marquez Juara Dunia MotoGP 2018?

Marquez Juara Dunia MotoGP 2018?

MOTOGP
Nico Terol Gabung MotoE 2019

Nico Terol Gabung MotoE 2019

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company