image Lin Jarvis - Foto: MCN Gigi Dall'Igna - Foto: Red Bull Fausto Gresini - Foto: Aprilia Davide Brivio - Foto: MCN Alberto Puig -  Foto: MCN

5 Bos Tim Pabrikan MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : Ultimate Motorcycling | Editor: Andi Wahyudi | 16 May 2018

uploads/news/2018/05/5-bos-tim-pabrikan-918471e4e9bc8cd.jpg

5 Bos Tim Pabrikan MotoGP

5-bos-tim-pabrikan-55168d315368d4c
5-bos-tim-pabrikan-115562aacfd470a
5-bos-tim-pabrikan-926620188376167
5-bos-tim-pabrikan-71470e8c960d9d1
5-bos-tim-pabrikan-6363928c0d051ab

1. Alberto Puig di Repsol Honda

Nama Alberto Puig memang masih seumur jagung di tubuh Repsol Honda. Puig resmi menggantikan peran Livio Suppo sebagai Team Manager Repsol Honda di MotoGP. Puig diakui Honda Racing Corporation (HRC) mampu menggantikan posisi Suppo karena memiliki pengalaman dan koneksi di dunia balap cukup tinggi.

Puig sendiri menjalani debutnya sebagai bos Repsol Honda pada 28 Januari 2018 lalu dengan mendampingi pebalap Marc Marquez dan Dani Pedrosa saat menjalani tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia. Puig memang memiliki hubungan panjang dengan Honda yang sudah terjalin selama 25 tahun.

Puig juga pernah menjabat sebagai pelatih pebalap di kawasan Asia dalam ajang Asia Talent Cup (ATC). Di mana ATC sendiri merupakan ajang balap di level Asia untuk mencari bibit-bibit pebalap muda yang nantinya bisa diarahkan ke level lebih tinggi seperti MotoGP.

Masuknya Puig ke Repsol Honda juga menjadi tanggung jawab besar. Di mana dia menggantikan Livio Suppo yang sukses membawa Honda meraih beberapa gelar terbaik di MotoGP. Suppo sendiri menjadi pimpinan skuat Honda sejak 2010.

Sejak itu terjadi perubahan signifikan kedua dalam tampuk kepemimpinan Honda selama dua tahun, setelah pensiunnya wakil presiden HRC Shuhei Nakamoto 2016. Banyak yang memuji performa Suppo, termasuk Marquez yang telah menghabiskan waktu bersama dia selama lima tahun terakhir ini.

Tugas Puig juga harus melapor ke HRC Director-General Manager Race Operations, Management Division, Tetsuhiro Kuwata. Dia bersama Technical Manager, Takeo Yokoyama bertanggung jawab atas operasi balap.

Puig juga merupakan mantan pebalap GP500. Mantan pebalap kelahiran Barcelona, Spanyol ini juga memiliki reputasi yang luar biasa di dunia balap. Sebelum memutuskan pensiun di usia 30 tahun.

Baca Juga
Yamaha Mulai Imbangi Kawasaki dan KTM di WSSP300

Text : Suhartono | Photo / Video : Ultimate Motorcycling | Editor: Andi Wahyudi | 16 May 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company