image Lin Jarvis - Foto: MCN Gigi Dall'Igna - Foto: Red Bull Fausto Gresini - Foto: Aprilia Davide Brivio - Foto: MCN Alberto Puig -  Foto: MCN

5 Bos Tim Pabrikan MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : Ultimate Motorcycling | Editor: Andi Wahyudi | 16 May 2018

uploads/news/2018/05/5-bos-tim-pabrikan-918471e4e9bc8cd.jpg

5 Bos Tim Pabrikan MotoGP

5-bos-tim-pabrikan-55168d315368d4c
5-bos-tim-pabrikan-115562aacfd470a
5-bos-tim-pabrikan-926620188376167
5-bos-tim-pabrikan-71470e8c960d9d1
5-bos-tim-pabrikan-6363928c0d051ab

2. Lin Jarvin di Movistar Yamaha

Nama Lin Jarvis memang sudah sangat identik dengan tim pabrikan Yamaha yang kini menjadi Managing Director. Jarvis sudah sejak tahun 1999 malang melintang di dunia balap MotoGP. Sebelum itu Jarvis bekerja dengan Yamaha Eropa dan melakukan berbagai fungsi yang berbeda termasuk menjadi marketing, communications dan corporate communication.

"Saya mulai bertanggung jawab atas kegiatan di sini (MotoGP) pada bulan Januari 1999. Itu terjadi karena pada tahun 1998, Yamaha memutuskan sudah waktunya untuk mengendalikan nasib mereka sendiri sejak Wayne Rainey dengan manajemen timnya berhenti. Yamaha mengambil alih aset yang dia miliki, pada dasarnya sebuah tim yang berbasis di Amsterdam dan Yamaha Eropa juga berbasis di Amsterdam. Jadi sejak saat itu kami mendirikan Yamaha Motor Racing (YMR). Saya yang memulai perusahaan itu dan proyek itu," ungkap Jarvis diungkap dari situs ontrackoffroad.

"Kami mendirikan YMR di Belanda dan saya menjalankan perusahaan di sana selama lima tahun. Fase awalnya adalah di GP500, yang kemudian menjadi MotoGP. Tetapi setelah dua tahun kami kemudian mengambil alih kegiatan balap Yamaha Eropa juga. Jadi di bawah YMR kami menjalankan superbike, motocross, enduro, dan pada dasarnya segala sesuatu termasuk balap jalanan."

"Pada saat tertentu di tahun 2004, yang efektif ketika Valentino bergabung dengan kami, program MotoGP menjadi semakin penting. Kami sudah berhenti bermain di panggung itu. Sementara perusahaan berbasis di Amsterdam itu bukan benar-benar pilihan ideal untuk operasi balap. Jadi kami menggunakan fasilitas yang kami miliki di Italia untuk secara bertahap menempatkan lebih banyak dan lebih banyak kegiatan tim yang sebenarnya termasuk logistik."

"Dan kemudian Valentino Rossi bergabung dan kami meningkatkan program kami secara signifikan. Itu sangat masuk akal untuk benar-benar fokus dan mendedikasikan YMR ke MotoGP dan kami menutup perusahaan di Belanda. Kami menutupnya dan kami membuka kembali Yamaha Motor Racing SRL baru di Italia pada bulan Januari 2005. Jadi saya pindah ke sana pada 2005 dan kemudian pada tahun 2007 kami membuat perubahan besar untuk benar-benar mengubah seluruh bangunan dan yang lainnya. Pada bulan November 2008 kami membuka YMR sebagaimana adanya saat ini," jelas Jarvis.

Hingga kini Jarvis memang masih menjadi sosok penting untuk roda kehidupan Yamaha di MotoGP. Segala sesuatu yang diputuskan tim tentu saja menjadi tanggung jawab besar bagi Jarvis.

Baca Juga
Pebalap MotoGP Berstatus Bapak

Text : Suhartono | Photo / Video : Ultimate Motorcycling | Editor: Andi Wahyudi | 16 May 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company