image

Cara Tim Liga 1 Hadapi Bulan Puasa

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Youtube | Editor: Andi Wahyudi | 19 May 2018

SPORTKU.COM

Liga 1 tetap bergulir meski masuknya bulan puasa. Bagaimana cara tim-tim konstestan Liga 1 menyiasatinya?

Ajang tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 dipastikan tetap akan dilangsungkan dalam kondisi bulan ramadhan kali ini. Setidaknya mulai pekan kesembilan, sejumlah pertandingan tetap digelar—kecuali laga Persebaya dan Persib yang ditunda lantaran situasi keamanan akibat bom bunuh diri di Surabaya.

Sebagai gantinya, pertandingan Liga 1 bisa dinikmati di malam hari, tepatnya mulai pukul 20.30 WIB. Selain itu, setiap hari hanya akan maksimal menyelenggarakan dua pertandingan di waktu yang sama di akhir pekan sehingga setiap tim bisa memiliki waktu istirahat empat sampai lima hari setiap pekannya.

Meski demikian, hal tersebut dianggap terlalu padat. Apalagi, masing-masing tim peserta Liga 1 akan menghadapi empat sampai lima pekan berlaga selama bulan puasa. Hal ini ditakutkan terlalu banyak menguras energi pemain yang tak berada dalam kondisi normal lantaran tak melakukan aktivitas makan dan minum dari pagi sampai petang.

Tentunya, menghadapi bulan puasa, pemain dituntut untuk tidak kehilangan sentuhannya lantaran dituntut untuk bisa meraih hasil maksimal demi mengangkat prestasi klub. Untuk itulah, sejumlah program latihan pun dibuat untuk bisa mengatasi masalah saat pemain tengah menjalani puasa.

Pelatih Persib Bandung, Mario Gomez mengaku telah menyiapkan program latihan khusus yang ia dapat saat melatih tim asal Malaysia, Johor Darul Takzim.

“Puasa tidak menjadi masalah. Program latihan untuk pertandingan tetap jalan tanpa gangguan. Saya bisa pastikan pemain tetap bisa beribadah dengan baik. Saya sudah tahu mengenai ini saat melatih di Malaysia, tentu saya akan berdiskusi dengan pemain,” kata Gomez dilansir dari situs resmi klub Persib.

Baca juga
Dovizioso Perpanjang Kontrak Dengan Ducati

“Nantinya pemain akan dilibatkan dalam memilih waktu latihan yang tepat. Misalnya berlatih dekat dengan waktu berbuka puasa atau di malam hari,” lanjutnya.

Sementara, pelatih Madura United, Milomir Seslija mengaku tak memiliki latihan spesial bagi anak asuhnya sepanjang bulan puasa.

"Tak ada latihan spesial. Baik-baik saja bila mereka puasa di siang hari dan pemain latihan di malam hari. Semua terkendali,” kata pelatih asal Bosnia dan Herzegovina itu.

Mantan pelatih Arema itu mengatakan bahwa justru puasa puasa tidak akan mengganggu pemainnya, justru sebaliknya membuat anak asuhnya semakin kuat.

“Ini bulan yang spesial, Semua orang menjadi lapar saat ramadhan namun mendapatkan pengampunan. Ini menjadi baik sebab menjadikan tim menjadi lebih baik dan menjadi pemain yang lebih baik,” sambungnya.

Di luar pelatih Liga 1, pelatih Timnas Paralympics Singapore, Khairul Asyraf yang sering mengadakan coaching clininc di Indonesia mengatakan bahwa saat-saat tersulit bagi pesepak bola profesional adalah dalam dua minggu awal yang mana mereka harus dituntut adaptasi, namun lebih ke pola tidur, setelah itu tak ada masalah yang serius sehingga bisa tetap latihan tanpa mengganggu ibadah puasa.

Biasanya untuk atlet profesional, efek puasa adalah pada awal ramadhan, biasanya dua minggu pertama. Hal ini disebabkan terutama karena pola tidur irregullar untuk sahur. Tetapi setelah dua minggu, adaptasi menetapkannya dan kinerja pelatihan biasanya stabil. Jika pelatihan selalu dilakukan di malam hari sebelum berbuka puasa, tidak akan ada efek negatif," kata Asyraf.

"Ini adalah studi ilmiah. Jadi bagi saya, saya akan membantu proses adaptasi dalam dua minggu pertama, setelah itu mereka akan kembali normal. Jadi penurunan kinerja dapat diharapkan untuk dua minggu," sambungnya.

Baca juga
Nadal Jumpa Djokovic di Semifinal

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Youtube | Editor: Andi Wahyudi | 19 May 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company