image

Mengenal Tim Satelit di MotoGP 2018

Text : Suhartono | Photo / Video : Fajrin Fathia | 26 May 2018

SPORTKU.COM

Di ajang bergengsi MotoGP, sejatinya hanya da dua sebutan untuk tim yang berkompetisi.

Dua tim tersebut adalah pabrikan dan satelit. Tim pabrikan bisa disebut sebagai tim utama yang ikut berkompetisi seperti Yamaha, Honda, Suzuki, Ducati dan juga KTM. Sedangkan tim satelit bisa disebut sebagai 'anaknya' tim utama.

Berikut SPORTKU.com rangkum tim satelit MotoGP.
1. Tech3
Tim Tech3 didirikan oleh mantan pebalap Herve Poncharal, engineer Guy Coulon dan Bernard Martignac. Tech3 memulai balapan pada tahun 1990 di Kelas 250cc menggunakan sepeda motor Honda dan Suzuki. Pada tahun 1999, tim bermitra dengan Yamaha untuk tim pabrik dan pada tahun 2000 pebalap mereka, Olivier Jacque dan Shinya Nakano dmenempati posisi pertama dan kedua dalam Kejuaraan Dunia 250.

Pada tahun 2001 tim memindahkan seluruh operasi ke kelas utama GP500 dengan Yamaha, Jacque dan Nakano mengandalkan motor balap YZR500 dengan nama tim Tech 3 Yamaha. Namun sejak 2007 status mereka berubah menjadi tim satelit hingga saat ini.

Tech3 adalah tim balap sepeda motor yang saat ini bersaing di MotoGP dengan nama Monster Yamaha Tech3 dan di Moto2 dengan nama Tech3 Moto2. Tech3 berfungsi sebagai tim junior untuk Movistar Yamaha MotoGP, dengan tujuan mengembangkan keterampilan pebalap muda yang menjanjikan untuk tim senior.

Setelah 20 tahun menjadi tim satelit Yamaha, pada awal 2018 Tech3 yang berkantor pusat di Bormes Les Mimosas, Perancis mengumumkan untuk beralih ke KTM setelah akhir musim 2018.

Baca Juga
Ban Balap, Lebih Baik Pakai Angin Biasa atau Nitrogen?

Text : Suhartono | Photo / Video : Fajrin Fathia | 26 May 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company