image

Alasan Alisson Becker Jadi Kiper Utama Brasil di Piala Dunia 2018

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : The Liverpool Offside | Editor: Andi Wahyudi | 28 May 2018

SPORTKU.COM

Inilah alasan mengapa kiper AS Roma, Alisson Becker layak menjadi pilihan utama Timnas Brasil di Piala Dunia 2018 mendatang.

Piala Dunia 2018 akan segera dimulai, namun Pelatih Timnas Brasil, Tite nampaknya masih kesulitan dalam menentukan kiper utama yang akan dipilih antara Ederson Moraes dan Alisson Becker yang menjadi kandidat.

Ederson yang menjadi pilihan utama di kesebelasan Manchester City sukses membawa klubnya itu menjadi juara Liga Primer Inggris. Kiper berusia 24 tahun itu tampil sebanyak 36 pertandingan di liga dengan catatan hanya kemasukan 26 gol dan sukses menjaga gawangnya tetap perawan dalam 17 pertandingan.

Mantan penjaga gawang Benfica itu membuat City menjadi tim yang paling sedikit kebobolan di Liga Primer Inggris musim ini. Tak heran bila namanya masuk dalam nominasi Golden Glove di ajang tertinggi sepak bola di Inggris tersebut.

Sementara pesaingnya, Allison tak kalah hebat. Menjadi penjaga gawang nomor satu di Roma. Pemain berusia 25 tahun itu tampil sebanyak 37 pertandingan dengan kebobolan 28 gol dan sukses mencatatkan clean sheet sebanyak 17 pertandingan di Serie A.

Roma sendiri menjadi tim kedua yang paling jarang kebobolan di Serie A musim ini dengan hanya 28 gol atau beda empat dari Juventus yang dikawal oleh kiper legenda, Gianluigi Buffon.

Sama-sama memiliki jumlah clean sheet 17 pertandingan di liga membuat baik Ederson dan Alisson sama-sama memiliki peluang untuk mengisi posisi pertama penjaga gawang Timnas Brasil, namun adalah Alisson yang nampaknya akan dipilih oleh Tite.

Penampilan Ederson di musim perdananya di City memang dikatakan luar biasa. Ia sukses beradaptasi dan mampu menyingkirkan Claudio Bravo sebagai kiper utama di klub tersebut.

Baca juga
Suzuki Nex II Meluncur

Namun kehebatan Ederson di klub yang dimiliki oleh taipan kaya asal Uni Emirat Arab itu dikelilingi oleh bek-bek tangguh dunia macam Nicolas Otamendi, Eliaquim Mangala, john Stones, Vincent Kompany, Kyle Walker, hingga Danilo.

Wajar bila Ederson sangat terbantu dengan kehdiran deretan bek tersebut sehingga tugasnya bisa dibilang lebih mudah.

Sementara, Alisson memiliki tantangan tersendiri. Di musim lalu ia hanya menjadi ban serep dari Wojciech Szczesny. Bisa dibilang dia baru tampil menjadi pilihan utama di musim ini. Roma sendiri memang memiliki bek-bek tangguh macam Federico Fazio, Kostas Manolas dan Aleksandar Kolarov. Namun, tentu kualitas pemain-pemain tersebut masih kalah bersinar dengan deretan pemain belakang milik City yang dibeli dengan harga fantastis.

Selain itu, Alisson sendiri, meski di musim lalu dirinya hanya menjadi cadangan di Roma, namun ia tetap terpilih untuk tampil sebagai kiper utama bagi Timnas Brasil ketimbang Ederson yang tampil reguler di Benfica. Kesempatan kiper jebolan Internacional itu tampil reguler di Piala Dunia 2018 tentu semakin kuat.

Menilik dari taktik Tite yang bermain dengan mengandalkan permainan kolektif, Alisson yang bisa bermain sebagai sweeper kiper tentu menjadi opsi terbaik bagi Timnas Brasil ketimbang Ederson. Kemampuan Alisson yang kerap menipu penyerang lawan lewat gerakan olah bolanya juga bisa menjadi nilai lebih dari Ederson, meskipun sang rival juga memiliki kemampuan passing jarak jauh yang baik.

Bila bicara dari statistik Whoscored, Alisson memiliki jumlah clearances tiap game dengan raihan 1,1 persen atau lebih baik dari Ederson yang hanya 0,8 persen. Selain itu Alisson juga memiliki umpan per game lebih banyak, yakni 29,2 persen ketimbang Ederson yang hanya 25,1 persen.

Meski demikian, siapapun yang dipilih, pelatih Brasil, Tite adalah orang yang beruntung lantaran memiliki dua kiper yang sama baiknya.

Baca juga
Podium Perdana Pebalap Turki

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : The Liverpool Offside | Editor: Andi Wahyudi | 28 May 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company