image

Tampil Buruk di WSBK Inggris, Tom Sykes Luapkan Emosi ke Kawasaki

Text : Suhartono | Photo / Video : Kawasaki | Editor: Andi Wahyudi | 28 May 2018

SPORTKU.COM

Tom Sykes mengaku kesal dengan hasil buruk saat tampil di Seri 6 World Superbike (WSBK) 2018.

Membalap sebagai tuan rumah di Sirkuit Donington Park, Inggris, namun penampilan Tom Sykes justru tak bisa maksimal. Pebalap Kawasaki Racing Team (KRT) ini gagal mempersembahkan kemenangan untuk para pendukungnya di Inggris.

Sebelum babak final, Sykes sebenarnya sudah mencatat berbagai prestasi terbaik. Dimana dia meraih posisi pole yang menjadi rekornya disepanjang kariernya dalam ajang WSBK. Raihan pole position di WSBK Inggris 2018 menjadi yang ke-44 kali. Catatan itu melampui rekor sepanjang masa Troy Corser.

Memulai balapan dari grid terdepan tentu memberikan banyak keuntungan bagi Sykes. Sayangnya, balapan tak berjalan mulus dan hanya bisa bertengger di podium 3. Perebutan podium 3 berlangsung sengit dengan rekan setimnya Jonathan Rea. Sedangkan finish terdepan adalah Michael Van der Mark, pebalap Pata Yamaha.

Sykes masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki hasil di Race 2. Sykes berjuang keras saat dirinya memulai balapan dari grid 7. Tapi hasil akhir hingga bendera finish berkibar, Sykes hanya bisa finish ke-6. Sykes terjebak di belakang pebalap Milwaukee Aprilia Lorenzo Savadori hampir sepertiga balapan.

Baca Juga
Suzuki Nex II Tebar Pesona di PRJ

Namun justru Sykes menyalahkan motor balapnya Kawasaki Ninja ZX-10RR yang dirasakan tidak sesuai dengan gaya balapnya. Masalah itu ditengarai juga menjadi penyebab tampil buruknya Sykes di beberapa balapan terakhir ini. Sykes mengultimatum Kawasaki untuk melakukan perubahan besar-besaran di balapan berikutnya di Brno.

"Saya pikir kami belum mendapatkan paket yang tepat untuk bisa menunjukkan potensi saya sepenuhnya. Kami masih bisa meraih Superpole dan membuat lap tercepat yang merupakan hal utama, tetapi saya tidak bisa mendapatkan yang terbaik dari motor yang sangat membuat saya frustasi saat ini," ungkap Sykes.

"Saya sangat kecewa dan frustasi dengan balapan ini. Saya merasa seperti rooke (pebalap baru) lagi. Mengatakan saya kesal adalah sebuah pernyataan yang meremehkan. Saya berbicara kepada Marcel bahwa saya marah dan saya tidak mengerti mengapa sepeda motor tidak bisa melakukan apa yang saya inginkan," kesal Sykes,

"Saya tahu apa yang saya mampu dan saya punya potensi untuk memenangkan balapan setiap akhir pekan. Itu tidak diragukan dalam pikiran saya tetapi Anda harus mampu melakukan berbagai hal dan pada saat ini Kawasaki lebih menyukai gaya balap yang berbeda," tegas Sykes.

Kekesalan Sykes menambah kuat spekulasi yang mengatakan dirinya akan hengkang ke pabrikan Yamaha pada musim 2019 mendatang. Sedangkan Michael Van der Mark yang meraih kemenangan ganda di WSBK Inggris 2018 diberitakan akan meninggalkan Yamaha dan beralih ke Kawasaki.

Baca Juga
Marc VDS, Tim Balapnya Pengusaha Bir
Susi Susanti Beberkan Masalah Tim Thomas Indonesia

Text : Suhartono | Photo / Video : Kawasaki | Editor: Andi Wahyudi | 28 May 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company