image

Suka-Duka Come Back Mario Balotelli di Timnas Italia

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Espn Fc | Editor: Andi Wahyudi | 2 June 2018

SPORTKU.COM

Kembalinya Mario Balotelli ke Timnas Italia diwarnai dengan prestasi dan cemooh. Mengapa bisa demikian?

Setelah empat tahun absen membela Timnas Italia, Mario Balotelli kembali dipanggil. Ini lantaran kebijakan yang dilakukan oleh pelatih baru Gli Azzuri, Roberto Mancini yang mengatakan bahwa penampilan pemain berusia 27 tahun bersama OGC Nice di musim ini terbilang baik.

Balotelli sukses mencetak 18 gol di Ligue 1 musim ini bersama Nice. Dengan demikan, ia keluar sebagai pemain tersubur keempat di kompetisi tertinggi sepak bola Prancis dan bila ditotal, mantan pemain Liverpool dan AC Milan itu sukses mencetak 26 gol bagi klub tersebut di semua ajang yang diikuti.

Selain itu faktor lain yang membuat Mancini yang notabene pernah menukangi Balotelli ketika di Inter Milan dan Manchester City itu mengatakan bahwa sang pemain saat ini sudah lebih dewasa ketimbang empat tahun lalu. "Selain semakin dewasa, dalam dua tahun terakhir Balotelli juga tampil sangat baik," ujar Mancini seperti dikutip dari Football Italia.

Keputusan untuk memanggil Balotelli dianggap sebagai keputusan tepat. Pemain yang menjalani debut bersama Timnas Italia pada tahun 2010 itu sukses mencetak gol saat Gli Azzuri melawan Arab Saudi dalam laga persahabatan internasional.

Balotelli sukses mencetak satu dari dua gol kemenangan Italia melawan Arab Saudi dengan skor 2-1. Tentu ini menjadi sebuah prestasi mengingat sudah lama ia tak bermain bagi negaranya sejak dicueki oleh Antonio Conte dan Giampiero Ventura.

Sayang, meski tampil menjadi pahlawan negara tersebut, Balotelli justru mendapatkan perlakuan yang tak menyenangkan dari suporter Italia yang hadir dalam laga yang dilakukan pada St Gallen, Swiss pada 28 Mei 2018 lalu.

Mereka membentangkan spanduk bertuliskan "Kapten kami adalah pemain berdarah Italia". Adapun maksud spanduk yang bernada rasial itu lantaran Balotelli sendiri saat ini menjadi salah satu pemain yang akan dicalonkan sebagai kapten bagi Gli Azzuri di masa depan.

Penunjukan Balotelli sebagai kapten Timnas Italia sendiri berdasarkan tradisi yang mana pemain dengan caps timnas terbanyak berhak mendapatkan keistimewahan tersebut. Balo sendiri tercatat telah tampil sebanyak 34 pertandingan.

Baca juga
Ricciardo Tidak Berharap Raih Poin

Saat ini, Bek AC Milan, Leonardo Bonucci menjadi kapten Italia lantaran dirinya telah tampil sebanyak 77 pertandingan. Bila Bonucci memutuskan pensiun atau tak dipanggil, entah penurunan performa atau cedera maka Balotelli yang bisa menggantikannya.

Sementara, Balotelli sendiri dikenal sebagai pemain yang memiliki reputasi buruk sebagai trouble maker dimasa lalu, meski saat ini pemain yang tampil di Piala Dunia 2014 itu telah menunjukan perubahan menjadi lebih dewasa.

Dukungan Balotelli sebagai kapten Timnas Italia di masa depan sendiri mendapatkan dukungan dari Mancini dengan syarat sang pemain harus bisa tampil konsisten untuk bisa kembali lagi bermain bagi negaranya di laga-laga berikutnya.

"Di tim nasional, ban kapten selalu milik pemain dengan jumlah laga terbanyak. Jika Balotelli dalam starting line up dan menjadi pemain terbanyak yang membela Italia, maka dia akan menjadi kapten," kata Mancini seperti dilansir dari Football Italia.

“Jika meninggalkan Nice, Balotelli perlu menemukan klub dimana dirinya bisa bermain secara reguler, mencetak gol, dan terus berkembang," sambungnya.

Balotelli sendiri dipastikan akan meninggalkan Nice. Dan musim depan ia bisa didatangkan dengan gratis. Kembalinya dirinya di kancah internasional dan sukses mencetak gol tentu menjadi sebuah promosi yang baik bagi dirinya untuk menghadapi musim depan dengan pengalaman baru.

Baca juga
Menanti Pembuktian Generasi Emas Belgia

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Espn Fc | Editor: Andi Wahyudi | 2 June 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company