3 Juni ditetapkan sebagai Hari Bersepeda Dunia

Text : Andi Wahyudi | 3 June 2018

SPORTKU.COM

Pada 12 April 2018, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendeklarasikan tanggal 3 Juni sebagai Hari Sepeda Dunia (World Bicycle Day).

Presiden UCI David Lappartient mendorong semua orang untuk melakukan sesuatu yang terkait dengan sepeda pada hari bersejarah ini. “Bagaimana Anda dapat merayakan Hari Sepeda Dunia? Ada banyak cara! Atur perjalanan yang menyenangkan dengan teman-teman, berkomitmen untuk bersepeda ke kantor atau sekolah setidaknya sekali seminggu, ajak anak-anak Anda untuk berkeliling di sekitar lingkungan Anda, atau mendaftar untuk perlombaan lokal. Percayalah, anda akan dikelilingi oleh wajah tersenyum!" ujar David.

"Kami senang bahwa PBB telah menyatakan 3 Juni sebagai Hari Sepeda Dunia," tambahnya.

Sebuah pertemuan para pemimpin internasional di markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York City belum lama ini juga sepakat untuk menyoroti sepeda sebagai alat untuk pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Hadir dalam pertemuan itu Direktur Kabinet UCI dan Hubungan Internasional Marjorie Guillaume serta Presiden Bersepeda AS dan anggota Komite Manajemen UCI, Bob Stapleton.

Baca juga
Industri Dihimbau Dukung Olahraga Sepeda Indonesia

Michael Moller, Direktur Jenderal PBB di Jenewa, menyampaikan pandangannya terkait dengan World Bicycle Day.

“Olahraga adalah alat yang ampuh untuk mempromosikan perdamaian dan mencapai tujuan pembangunan. Nilai-nilai olahraga menemukan gema mereka di PBB, yang pondasinya terletak pada nilai-nilai universal yang melampaui perbedaan budaya, dan kedudukan sosial, bahasa dan agama," ujar Moller

"Aktivitas fisik seperti bersepeda, tidak hanya berkontribusi secara langsung untuk melaksanakan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, mereka juga menumbuhkan nilai-nilai dimana kemajuan bergantung pada toleransi dan rasa hormat, kerja tim dan permainan yang adil," tambahnya.
 
“Di Jenewa, PBB membantu mempromosikan bersepeda melalui partisipasi beberapa badan PBB dalam inisiatif 'GenèveRoule', yang menyediakan komuter dengan sepeda sewaan. PBB juga menyelenggarakan kompetisi tahunan 'Bike to Work' di mana tim-tim anggota staf PBB bersepeda untuk bekerja setiap hari dan mencatat jarak yang tercakup bersama-sama," sambung Moller.

Masa depan sepeda terlihat cerah. Penelitian menunjukkan bahwa bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kematian sebesar 41% dan beralih dari mengemudi ke bersepeda ke tempat kerja akan menghemat rata-rata 750kg emisi CO2 setiap tahun. Menurut Federasi Pengendara Sepeda Eropa, setiap tahun, bersepeda di Eropa menghasilkan manfaat ekonomi senilai €513 miliar (sekitar Rp7,7T).

Pemerintah dan lembaga internasional di seluruh dunia semakin mengakui peran yang dapat dimainkan oleh sepeda dalam menangani isu-isu penting zaman sekarang, seperti mengurangi emisi gas rumah kaca atau mendorong inklusivitas dan integrasi. Sebagai bagian dari promosi sepeda sebagai alat untuk pembangunan, PBB menyambut inisiatif yang mengorganisir bersepeda di tingkat nasional dan lokal, untuk mempromosikan kesehatan fisik dan mental, dan mengembangkan budaya bersepeda di masyarakat.

Baca juga
Koleksi Menarik Museum Sepeda Roeselare

 

 

Text : Andi Wahyudi | 3 June 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Pump Track World Championship

Pump Track World Championship

CYCLING
Daerah Aktif Gelar Balap Sepeda

Daerah Aktif Gelar Balap Sepeda

CYCLING
Aspal Baru Sirkuit Sentul

Aspal Baru Sirkuit Sentul

CYCLING
Prestasi Balap Sepeda Indonesia

Prestasi Balap Sepeda Indonesia

CYCLING

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company