Bencana Alam Indonesia Inspirasi Lahirnya Sepeda

Text : Andi Wahyudi | Photo / Video : Wikipedia | 4 June 2018

Sejarah Sepeda dan Peran Indonesia

SPORTKU.COM

Mungkin banyak yang tidak mengetahui jika Indonesia punya peran tidak langsung dalam lahirnya sepeda. Loh, kok bisa?

Agak unik memang, tapi sejarah tidak bisa dipungkiri bahwa lahirnya sepeda pertama kali justru dipicu oleh kejadian yang bermuasal di Indonesia. Alkisah, letusan dahsyat Gunung Tambora pada tahun 1815 menyebabkan timbulnya dampak yang sangat luas di seluruh dunia.

Tahun itu dikenal sebagai "the year without summer" lantaran matahari tertutup debu vulkanis yang menyebabkan terjadinya perubahan iklim secara drastis. Di wilayah 4 musim, terjadi musim dingin dalam jangka waktu lama yang berimbas pada berubahnya siklus kehidupan.

Timbul berbagai bencana, salah satunya munculnya kematian massal pada kuda. Sebagaimana diketahui, kuda merupakan salah satu sumber penggerak transportasi pada saat itu. Kondisi yang buruk membuat banyak kuda yang mati atau tidak bisa berfungsi maksimal.

Terkait dengan itu, pada tahun 1817, Baron Karl von Drais, seorang pelayan publik di Baden, Jerman, menemukan Laufmaschine (mesin yang dapat berlari) yang populer disebut Draisine. Desain Draisine terbilang sederhana, yaitu dua roda yang dihubungkan dengan kayu di bagian atasnya. Untuk menjalankannya, penumpang harus melangkah dan ketika meluncur kakinya diangkat. Mirip seperti push bike saat ini.

Text : Andi Wahyudi | Photo / Video : Wikipedia | 4 June 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Dari Mana Malaysia Biayai Pebalapnya?

Dari Mana Malaysia Biayai Pebalapnya?

DID U KNOW
Event Balap di Bawah Dorna

Event Balap di Bawah Dorna

DID U KNOW
Data dan Fakta Sirkuit Chang

Data dan Fakta Sirkuit Chang

DID U KNOW
Misteri Lubang Lampu Mobil Balap

Misteri Lubang Lampu Mobil Balap

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company