image

Sedih, Dani Pedrosa Harus Pensiun dari MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 7 June 2018

SPORTKU.COM

Dani Pedrosa telah mengumumkan mundur dari tim Repsol Honda yang selama ini telah membesarkan namanya.

Kabar hengkangnya Pedrosa dari tim Repsol Honda memang cukup mengejutkan publik. Posisi Pedrosa di Repsol Honda pun digantikan oleh Jorge Lorenzo yang akan mulai aktif menjadi rekan setim Marc Marquez sejak musim 2019 hingga 2020 mendatang.

Lalu banyak spekulasi yang menyebutkan jika Pedrosa akan menjadi pebalap tim satelit SIC Petronas Yamaha. Namun belum ada kepastian resmi baik dari pihak Pedrosa maupun SIC Petronas Yamaha. Pedrosa yang kini sudah berusia 32 tahun justru akan pensiun dari ajang balap MotoGP.

Pedrosa dikatakan akan mengumumkan pensiunnya di MotoGP Catalunya pada akhir pekan mendatang. Pedrosa akan bersaing di Grand Prix ke-296 dan menjadi yang terakhir kalinya pada 18 November nanti di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Pebalap asal Spanyol ini memang sudah lama mengenal Honda. Sejak debutnya di ajang GP pada Kelas 125cc, dia sudah menjadi salah satu andalan Honda. Pada tahun 2003 yang menjadi musim terakhir Pedrosa di Kelas 125cc, dia juga sekaligus keluar sebagai Juara Dunia.

Tahun 2004 dan 2005, Pedrosa naik ke Kelas 250cc. Selama dua tahun tersebut, Pedrosa juga sukses besar dengan menjadi Juara Dunia. Baru di musim 2006, Pedrosa membalap dengan Repsol Honda di kelas bergengsi MotoGP. Namun hingga kini Pedrosa belum juga berhasil menjadi Juara Dunia MotoGP.

Baca Juga
Beda Ban Balap dengan Compound Soft, Medium, dan Hard

Meskipun Pedrosa kadang-kadang bernegosiasi dengan Suzuki di masa lalu dan dua tahun lalu dikabarkan akan menjadi pengganti Lorenzo di Movistar Yamaha, tetapi dia selalu setia pada Honda. Terungkap pula jika sebenarnya sejak 6 tahun lalu Pedrosa telah mengungkapkan keinginannya untuk mundur dari MotoGP. Hal ini dia sampaikan kepada Casey Stoner.

Tapi kemudian Honda memboyong Juara Dunia Moto2 Marc Marquez ke tim di tahun 2013 lalu. Hal ini memberikan peluang bagi Pedrosa untuk menjadi Juara Dunia MotoGP. Sayangnya, peluang itu kandas ketika justru Marquez yang sukses dengan torehan gelar perdana Juara Dunia MotoGP sebagai pebalap rookie.

Dan sementara Marquez telah mencetak 38 kemenangan MotoGP selama lima setengah tahun terakhir, mengamankan empat gelar juara dunia. Sedangkan Pedrosa hanya berhasil meraih sembilan kemenangan dalam periode yang sama. Hasil yang berbanding terbalik antara senior dan junior.

Sejatinya, jika saja Pedrosa tak mengundurkan diri, masih ada pilihan lain untuk tetap menjadi pebalap di tim pabrikan. Sebab hingga kini masih ada Suzuki dan Aprilia yang masing-masing menyisakan satu kursi lagi.

Baca Juga
Hafizh Syahrin Perpanjang Kontrak dengan Tech3
Krisis Penjaga Gawang Hantui Argentina di Piala Dunia 2018

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 7 June 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company