Ratusan Pesepeda Gowes Moedik

Text : Andi Wahyudi | Photo / Video : Robek.org | 8 June 2018

SPORTKU.COM

Kini mudik bukan hanya didominasi pemilik mobil atau motor. Para pecinta sepedapun kini bisa melaksanakan mudik dengan bersepeda.

Dengan tajuk #GowesMoedik2018 tercatat 148 pesepeda yang antusias untuk mudik dengan menggunakan sepeda. Dikutip dari laman Bike to Work Indonesia, para peserta #GowesMoedik2018 akan mengawali perjalanan mereka usai menunaikan sholat jumat, (8/6).

Perjalanan mereka akan dimulai di Paramount Land Gading Serpong Tangerang menuju markas Korlantas Polri di jalan MT Haryono, Jakarta untuk berbuka puasa dan kemudian meninggalkan Jakarta menuju kampung halaman masing-masing. Sepanjang perjalanan, para peserta tetap terhubung dengan penyelenggara Gowes Moedik.

"Kami mencoba untuk memberikan support pada pesepeda yang melakukan Gowes Mudik dengan memanfaatkan jejaring di daerah dan membantu mengupayakan pengadaan beberapa perlengkapan seperti jersey, kaos, asuransi, aplikasi pemantau, dan lainnya," ujar Ketua Panitia #GowesMoedik2018, Vidi Widyastomo.

Secara terpisah, Ketua B2W Indonesia, Poetoet Soedarjanto menyampaikan bahwa dari tahun ke tahun peminat Gowes Mudik ini semakin bertambah. Poetoet menambahkan bahwa misi awal dari Gowes Mudik ini harus tetap dilaksanakan oleh para peserta yaitu; (1) Menunjukkan bahwa sepeda bisa menjadi alat transportasi alternatif, (2) Dari sisi ibadah bahwa bersepeda jarak jauh sambil tetap berpuasa adalah suatu hal yang bisa dilakukan, ini menunjukkan bahwa puasa tidak seharusnya menjadi alasan untuk bermalas-malasan dan tidak produktif.

“Untuk teman-teman yang muslim, sekedar mengingatkan dan sepatutnya dijalankan karena gowes mudik dilakukan bersamaan dengan bulan suci ramadhan yang hanya setahun sekali maka yang pertama, harus tetap berpuasa walaupun berkatagori musafir dan yang kedua, harus tetap menjalankan ibadah wajib dan memperbanyak amalan-amalan sunnah, sebisa mungkin lakukan tarawih walaupun sendiri, dzikir, ngaji, dan lain-lain. Oleh karenanya atur sebaik mungkin ritme/jadwal gowes sehari-harinya, pelajari rute sebaik-baiknya (hitung jarak dan kemampuan kayuhan) sehingga dapat menjalankan 2 hal tersebut diatas," ujar Poetoet.

Baca juga
Peran Indonesia Dalam Sejarah Sepeda

Baca juga
Rahasia Kemenangan Lorenzo di Italia

Text : Andi Wahyudi | Photo / Video : Robek.org | 8 June 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Juara Dunia TTT 2018

Juara Dunia TTT 2018

ROAD BIKE
Pebalap Indonesia di Kejuaraan Dunia

Pebalap Indonesia di Kejuaraan Dunia

ROAD BIKE
Tim Canyon-SRAM Juara Dunia

Tim Canyon-SRAM Juara Dunia

ROAD BIKE
Indonesia Ikuti Kejuaraan Dunia

Indonesia Ikuti Kejuaraan Dunia

ROAD BIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company