Setting Ergonomis, Tangki Motor Balap Harus Enak Dipeluk

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Ultimatemotorcycling | Editor: Andi Wahyudi | 11 June 2018

SPORTKU.COM

Belakangan, kemenangan Jorge Lorenzo bersama Ducati di Italia juga dihasilkan berkat kustom tangki yang dilakukan. Seberapa besar peranan tangki tersebut?

Secara kasat mata, memang bentuk tangki motor balap memiliki bentuk yang sama. Namun demikian, antara pebalap yang satu dan yang lain, tentunya memiliki karakter tangki motor yang berbeda. Oleh karena itu, kemenangan yang diraih oleh Lorenzo di Mugello, Italia, beberapa waktu lalu begitu spesial lantaran ia telah melakukan kustom pada tangki Desmosedici.

Baca juga:
FORMULA E RILIS KALENDER MUSIM 2018/2019

Ketika dikonfirmasi berapa besar peranan tangki dalam balapan, Fabrianus Balank, pebalap Indonesia yang kini berkarir di Kejuaraan IRS bersama Honda ICE Racing, menjelaskan secara merinci pentingnya peranan tangki motor dalam balapan. Bagi pebalap yang tahun ini menggeber All New CBR 250RR, peranan tangki tersebut lebih ke arah ergonomis dan gaya balap. "Pasti pengaruh ke gaya balap, karena itu membantu handling secara keseluruhan," buka Balank ketika dihubungi SPORTKU.

Bahkan, pebalap yang pernah menyabet gelar Juara Nasional di kelas 150  ini mengatakan, setidaknya besarnya peranan tangki itu dalam pengembangan motor sekitar 50 persen. "Kalau ditanya berapa persen, mungkin 50 persen. Karena, tangki motornya harus enak dan sesuai dengan riding position. Seperti posisi kaki kanan dan kiri, serta enak 'dipeluk' pas lagi cornering," tambah Balank

Baca juga:
SEBASTIAN VETTEL REDAM AMBISI HAMILTON DI GP KANADA

Di samping itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga saat melakukan fitting tangki. Karena, selain saat bermanuver di tikungan, peranan tangki juga cukup besar saat melibas track lurus. "Sama ketika straight, kalau tangki yang enak itu pas kita menaruh dagu di tangki, itu menimbulkan kenyamanan. Karena saat lintasan straight, dagu harus ditempel ke tangki," imbuhnya.

Oleh karenanya, ia tidak heran ketika ia mengetahui Lorenzo melakukan kustom tangki di motornya. Untuk itu, peranan tangki di motor MotoGP sangat besar. "Penting banget, apa lagi untuk MotoGP yang kecepatannya bisa sampai 300 kpj, sangat mempengaruhi banget. Pas lagi cornering, itu dengkulnya harus menempel banget ke tangki, dan kita juga sembari 'ngerangkul' tangkinya. Jadi kalau MotoGP itu di saat riding position motor tegak, kalau di lintasan lurus kita tidak meluk tangki, dia akan goyang, dan kalau dipeluk baru diam, dan lebih ergonomis," pungkasnya.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Ultimatemotorcycling | Editor: Andi Wahyudi | 11 June 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Mimpi Dimas ke Moto2 Terwujud

Mimpi Dimas ke Moto2 Terwujud

MOTO2
Pebalap Indonesia Didiskualifikasi

Pebalap Indonesia Didiskualifikasi

ROAD RACE
Marquez Juara Dunia di Jepang

Marquez Juara Dunia di Jepang

MOTOGP
Kilas Balik MotoGP Jepang

Kilas Balik MotoGP Jepang

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company