Asian Games 2018, Perputaran Uang Mencapai Rp45 Triliun

Text : Suhartono | Photo / Video : Inasgoc | Editor: Andi Wahyudi | 13 June 2018

SPORTKU.COM

Perhelatan akbar Asian Games 2018 pada bulan Agustus nanti diharapkan bisa memberikan manfaat yang besar kepada bangsa Indonesia.

Asian Games 2018 akan berlangsung di Indonesia, tepatnya di Kota Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan pada 18 Agustua hingga 2 September mendatang. Salah satu manfaat yang dirasakan oleh masyarakat adalah dampak langsung ekonomi dari berbagai sektor.

Hasil hitungan Bappenas memperkirakan total dampak ekonomi langsung penyelenggaraan Asian Games 2018, baik dari sisi pengeluaran pengunjung, investasi infrastruktur pendukung dan operasionalisasi acara adalah sebesar Rp45,1 triliun terhitung sejak 2015 hingga 2018, yaitu sejak persiapan sampai dengan acara berlangsung.

Erick Thohir, Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 menjelaskan bahwa penyelenggaraan Asian Games 2018 akan memberikan legacy dan membawa dampak positif yang besar bagi Indonesia baik dari sisi dampak ekonomi, dampak sosial dan juga alih pengetahuan dari negara maju di Asia bahkan dunia.

Baca Juga
Penyesalan Hector Barbera Setelah Dipecat Pons Racing

Pria yang juga menjabat sebagai President Inter Milan tersebut menegaskan bahwa Asian Games 2018 bukanlah hanya menjadi ajang untuk adu prestasi melainkan juga sebagai event untuk menciptakan perdamaian di Asia dan khususnya Indonesia.

“Berdasarkan perhitungan sementara Bappenas untuk dampak ekonomi dari pengeluaran pengunjung selama tinggal di Indonesia untuk Asian Games 2018 sebesar Rp3,6 triliun dengan komposisi 88 persen pengeluaran berasal dari penonton dan wisatawan, diikuti 4,67 persen pengeluaran oleh atlet, 3,96 persen pengeluaran awak media, 2,34 persen pengeluaran officials, dan 0,77 persen pengeluaran sukarelawan. Akomodasi diperkirakan menjadi komponen pengeluaran terbesar yang mencapai Rp1,3 triliun,” jelas Erick.

Sementara itu, Asian Games 2018 selain dihelat di Jakarta dan Palembang, juga dilaksanakan di beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung yang tersebar di Provinsi Jawa Barat dan Banten. Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade.

Baca Juga
Karena Kasus Alkohol, Pons Racing Pecat Hector Barbera
Ismed Sofyan Nikmati Momen Lebaran di Kampung Halaman

Text : Suhartono | Photo / Video : Inasgoc | Editor: Andi Wahyudi | 13 June 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Klarifikasi Kemenpora Terkait Bonus Pelatih

Klarifikasi Kemenpora Terkait Bonus Pelatih

ACTUAL
Medali Emas Mongolia Dicabut

Medali Emas Mongolia Dicabut

ACTUAL
Perbandingan Bonus di Asian Games

Perbandingan Bonus di Asian Games

ACTUAL
Daftar Negara Tidak Meraih Medali

Daftar Negara Tidak Meraih Medali

ACTUAL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company