Mobil Balap Ferrari yang Tidak Jadi Balapan

Text : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 14 June 2018

SPORTKU.COM

Produsen sekaliber Scuderia Ferrari, rupanya juga pernah gagal menurunkan salah satu mobil balap produksi di ajang balap.

Itu adalah Ferrari 637, mobil balap Indycar yang sempat dibangun oleh Scuderia Ferrari, namun gagal diturunkan dalam kejuaraan tersebut. Meskipun mobil sudah diproduksi, dan sudah rampung, namun produsen berlogo Kuda Jingkrak tersebut tidak jadi menurunkan amunisi tersebut di dalam arena peraduan. Gagalnya Ferrari menurunkan mobil tersebut, ada sekelumit kisah dibaliknya.

Hal tersebut berawal dari protes yang dilayangkan oleh Scuderia Ferrari kepada FIA saat balapan Formula 1 1987 silam. Saat itu, Scuderia Ferrari melakukan protes karena FIA melarang penggunaan mesin V12. Sehingga, dengan begitu Ferrari pun mengancam untuk keluar dari Formula 1. Akhirnya, Scuderia Ferrari benar-benar memutuskan hengkang dari Formula 1, dan berencana untuk masuk ke dalam Indycar.

Melihat situasi seperti itu, FIA tidak mau gegabah. Akhirnya, pelarangan mesin V12 yang sempat dilarang, akhirnya ditiadakan. Scuderia Ferrari, yang tadinya sudah berniat untuk masuk dalam balapan Indycar, akhirnya menutup pintu tersebut. Karena FIA telah berbesar hati untuk mengeliminasi regulasi tersebut, Ferrari meninggalkan Indycar dan mobil Indycar yang telah diproduksi, sama sekali tidak dipakai di arena balap.

Belakangan, berdasarkan beberapa informasi yang beredar, Ferrari memang mendapatkan hak veto istimewa untuk peraturan regulasi di FIA.

Baca juga
Lewis Hamilton Disindir Pebalap Indycar

Baca juga
Kecelakaan Maut Indycar Indianapolis 500

Text : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 14 June 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Pirelli Lakukan Perubahan Ban F1

Pirelli Lakukan Perubahan Ban F1

FORMULA 1
Konsentrasi Tumpuan Utama di Final

Konsentrasi Tumpuan Utama di Final

GYMKHANA
Nissan Siapkan Pengganti Alexander Albon

Nissan Siapkan Pengganti Alexander Albon

FORMULA E
Pengakuan McLaren Mengenai Stoffel Vandoorne

Pengakuan McLaren Mengenai Stoffel Vandoorne

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company