Mengenal Lebih Dekat 21 Sirkuit F1 2018

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Drive | Editor: Andi Wahyudi | 19 June 2018

6. Sirkuit Monako - GP Monaco

Grand Prix Monaco pertama kali menggelar F1 pada tahun 1950, tetapi sirkuit ini telah menggelar balapan Eropa sejak 1929. Sirkuit Monaco terletak di tengah kota yang dikelilingi oleh tempat hiburan seperti hotel, kasino, dan pelabuhan private. Itulah sebabnya, gelaran F1 di negara ini terbilang eksklusif.

Sirkuit ini memiliki panjang lintasan hanya 3,337km, dan berisi 19 tikungan. Walaupun memiliki lintasan pendek dan sempit, sirkuit ini punya sejarah panjang dalam kalender Formula 1. Uniknya, FIA membebaskan persyaratan minimum jarak sirkuit untuk menggelar F1.

Juan Manuel Fangio adalah pebalap yang pertama kali menang di Grand Prix Monaco pada tahun 1950. Sedangkan pebalap yang paling banyak meraih kemenangan adalah Ayrton Senna, ia naik podium tertinggi sebanyak enam kali.

Sirkuit ini memiliki tikungan khas di bawah terowongan yang mampu memacu adrenalin pebalap. Bahkan juara dunia Formula 1 tiga kali di era 1980-an Nelson Piquet pernah mengatakan, "Tikungan terowongan ini seperti mengelilingi ruang keluarga Anda di mana masuk ke ruang gelap dan keluar dengan cahaya yang terang. Ini sangat bahaya bagi pandangan karena Anda tidak mengetahui kejadian apa yang terjadi selepas terowongan."

Menariknya meski Sirkuit Monaco telah mengalami perubahan sebanyak empat kali, terowongan tetap ada dan menjadi ciri khas. Perubahan itu terjadi antara tahun 1929-1972, 1973-1975, 1976-1985, dan terakhir 1986-1996.

7. Sirkuit Gilles Villeneuve - GP Kanada

Sirkuit ini pertama kali dibuka pada tahun 1978 dan awalnya diberi nama Ile Notre-Dame Circuit yang mampu menampung 100.000 pengunjung.

Sirkuit itu kemudian berganti nama di tahun 1982 menjadi Gilles Villeneuve untuk menghormati pebalap Formula 1, Joseph Gilles Henri Villeneuve, yang tewas saat balapan F1 di Belgia pada tahun yang sama.

Joseph Gilles Henri Villeneuve juga merupakan pebalap pertama yang meraih podium kemenangan di Sirkuit Gilles Villeneuve tahun 1978. Saat itu Joseph yang tengah bernaung di tim Ferrari berhasil mencatatkan waktu tercepat 1jam 57menit 49.196detik.

Sirkuit Gilles Villeneuve memiliki panjang 4,361km dengan total putaran sebanyak 70 lap dan 14 tikungan. Sirkuit yang memiliki trek lurus panjang dan zona pengereman mendadak ini terkenal dengan dinding yang terletak di luar pintu keluar chicane sebelum garis finis lurus.

Dinding itu dijuluki The Wall of Champions, dan pernah membuat pebalap Jenson Button dan Sebastian Vettel menjadi korban dari keganasan tembok.

Wall of Champions yang berada di tikungan ke-13 juga pernah memaksa beberapa pebalap lainnya untuk pensiun dari lintasan karena tabrakan tembok yang menyebabkan munculnya virtual safety car. Tembok tajam itu ditandai dengan iklan Tourism Quebec.

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Drive | Editor: Andi Wahyudi | 19 June 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Pirelli Lakukan Perubahan Ban F1

Pirelli Lakukan Perubahan Ban F1

FORMULA 1
Konsentrasi Tumpuan Utama di Final

Konsentrasi Tumpuan Utama di Final

GYMKHANA
Nissan Siapkan Pengganti Alexander Albon

Nissan Siapkan Pengganti Alexander Albon

FORMULA E
Pengakuan McLaren Mengenai Stoffel Vandoorne

Pengakuan McLaren Mengenai Stoffel Vandoorne

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company