Mengenal Lebih Dekat 21 Sirkuit F1 2018

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Drive | Editor: Andi Wahyudi | 19 June 2018

14. Sirkuit Autodromo Nazionale Monza - GP Italia

Monza merupakan sirkuit yang sangat terkenal di Italia karena memiliki karakteristik lintasan lurus dan tikungan lebar, salah satu yang paling diingat adalah Curva Parabolica. Namun karena karakter tersebut, Monza cukup banyak menelan korban jiwa.

Sejarah mencatat, sedikitnya 50 orang telah tewas akibat kecelakaan balap di Sirkuit Monza sejak diresmikan pada 1922 dan mulai menggelar grand prix pada 1950. Kecelakaan yang paling terkenal adalah kematian pebalap Wolfgang von Trips pada 1961.

Wolfgang dilaporkan tewas bersama 14 penonton setelah mobilnya bertabrakan dengan Lotus yang dikemudikan Jim Clark di tikungan Parabolica. Padahal saat itu Wolfgang berpeluang menjadi juara Grand Prix asal Jerman pertama di Sirkuit Monza.

Tim balap Ferrari menjadi tim tersukses dengan 18 kemenangan di sirkuit yang memiliki 11 tikungan dengan panjang lintasan 5,793km ini. Sedangkan Sebastian Vettel menjadi pebalap termuda yang berhasil memenangkan balapan di Monza pada 2008. Saat itu usianya 21 tahun, dua bulan 11 hari.

Pebalap tersukses di Monza adalah Sebastian Vettel (3 gelar), Lewis Hamilton (2 gelar) dan Fernando Alonso (2 gelar).

15. Sirkuit Jalan Raya Marina Bay - GP Singapura

Marina Bay merupakan jalan raya yang diubah menjadi sirkuit bila akan menggelar balapan GP F1 dan digelar pada malam hari. Sirkuit ini pertama menggelar balapan F1 pada 2008, dengan pemenangnya Fernando Alonso dari Renault.

Rekor waktu tercepat di Marina Bay masih dipegang oleh Sebastian Vettel dengan waktu putaran 1menit 48.574detik pada 2013 lalu.

Sirkuit Marina Bay yang didesain oleh Hermann Tilke, merupakan lintasan yang memiliki karakter lambat. Belum lagi, sering munculnya safety car, membuat GP Singapura menjadi balapan yang terlama dalam sepanjang musim dengan tak ada waktu kurang dari 1jam 56menit.

Sirkuit Marina Bay memiliki 23 tikungan, terdiri dari 14 tikungan ke kiri dan sembilan tikungan ke kanan. Bila melihat jumlah tikungan, maka Marina Bay menjadi sirkuit dengan tikungan paling banyak dibandingkan sirkuit lainnya pada musim ini.

16. Sochi Autodrom - GP Rusia

Sirkuit ini sebelumnya dikenal sebagai Sirkuit Jalan Raya Sochi dan Sirkuit Olympic Park Sochi. Sirkuit yang memiliki panjang 5,848km dan 19 tikungan ini merupakan salah satu sirkuit yang digunakan oleh balapan Formula 1 sejak 2014 hingga 2021.

Sochi mencetak sejarah sebagai kota pertama di Rusia yang menjadi tuan rumah Formula 1, dan Lewis Hamilton menjadi juara di GP Rusia di Sochi Autodrom, pada debut sirkuit tersebut.

Pebalap yang mencatat rekor waktu tercepat satu lap dipegang oleh Valtteri Botas dengan catatan tercepat, 1menit 40,896detik pada musim 2014.

17. Sirkuit Internasional Suzuka - GP Jepang

Sejak 1987 sirkuit sepanjang 5,807km tersebut selalu menjadi pilihan utama untuk balapan F1 dalam ajang Grand Prix Jepang.

Namun, dibalik kecantikannya yang terletak di kota Suzuka, sirkuit itu memilki keangkeran tersendiri bagi olahraga motorsport yang lain yakni MotoGP. Sempat menggunakan sirkuit tersebut bertahun-tahun, akhirnya MotoGP memutuskan untuk tak memakai lagi Suzuka sebagai tempat balapan MotoGP.

Pada F1 2014, kecelakaan serius dialami pebalap Tim Marussia yakni Jules Bianchi. Ia mengalami cedera di bagian kepala hingga akhirnya dilarikan ke rumah sakit. Kritis selama sembilan bulan, akhirnya nyawanya terenggut akibat mengaspal di Sirkuit Suzuka.

Dibalik keangkeran bagi para pebalap, namun Sirkuit Suzuka memiliki kelebihan tersendiri ketimbang sirkuit lainnya. Banyak fasilitas yang dimanjakan bagi para pengunjung untuk menyaksikan balapan.

Baca Juga :
FIA Ungkap Standar Helm Baru F1 Untuk Musim 2019

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Drive | Editor: Andi Wahyudi | 19 June 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Pengakuan McLaren Mengenai Stoffel Vandoorne

Pengakuan McLaren Mengenai Stoffel Vandoorne

FORMULA 1
Musim Terbaik Bagi Renault

Musim Terbaik Bagi Renault

FORMULA 1
Pertarungan Seru di Kelas Pemula

Pertarungan Seru di Kelas Pemula

GYMKHANA
Ahmad Adib Mengaku Dirinya Kecolongan

Ahmad Adib Mengaku Dirinya Kecolongan

GYMKHANA

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company