Mobil Toyota Fernando Alonso Berhasil Finis Pertama Di Le Mans 24 Hours

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : FIA WEC | Editor: Dedi Hermawan | 21 June 2018

Toyota Juara Le Mans 24Hours

SPORTKU.COM

Toyota Gazoo Racing raih kemenangan perdana di Le Mans 24 Hours dengan mobil bernomor 8.

Kedua mobil Toyota Hybrid TS050 berhasil menang di kategori LMP1 dengan susunan pebalap di mobil #8 Fernando Alonso, Sebastien Buemi dan Kazuki Nakajima, serta mobil #7 dikemudikan oleh Kamui Kobayashi, Mike Conway dan Jose Maria Lopez.

Mobil #8 pertama kali dikendarai oleh Alonso, kemudian diganti oleh Buemi, dan terakhir Nakazima yang mengantarkan mobil tersebut ke garis finis menuju kemenangan. Meski kedua mobil melintasi garis finis dalam posisi nyaris sejajar, namun sebenarnya si kembar itu terpaut selisih dua lap karena mobil #7 mengalami insiden melintir dan terkena penalti stop-go terkait masalah bahan bakar.

Mobil yang dikemudikan oleh Kobayashi, Conway, dan Lopez ini sempat unggul di lap awal, tapi jarak tersebut secara perlahan dipangkas oleh penampilan luar biasa dari Alonso dan Nakazima di sepanjang sesi malam. Mobil Alonso pun akhirnya mengambil alih posisi dan memimpin mulus untuk menjadi juara pertama.

Kemenangan ini tentunya tidak hanya dirasakan oleh Toyota saja, melainkan juga sangat berarti bagi Alonso yang selangkah lagi akan meraih gelar Triple Crown (GP Monako, Le Mans, dan Indianapolis 500).

Sementara itu, tim Rebellion Racing dengan mobil #3 bersama pebalapnya Thomas Laurent, Mathias Beche dan Gustavo Menezes berhasil merebut kemenangan ketiga setelah mobil R-13 yang dikemudikan ketiga pebalap itu berhasil lolos dari tekanan mobil 'adiknya' #1.

Di kelas LMP2, Jean-Eric Vergne, Andrea Pizzitola dan Romain Rusinov dari G-Drive Racing sukses memimpin seluruh balapan dan unggul dari Signatech-Alpine bersama pebalapnya Nicolas Lapierre, Andre Negrao dan Pierre Thiriet. Ini juga merupakan kemenangan pertama bagi ketiga pebalap yang mengendarai mobil #26.

Baca Jugaa :
Mengenal Lebih Dekat 21 Sirkuit F1 2018

Di belakang mobil Lapierre, Negrao, dan Thiriet ada mobil #39 milik tim Graff-So24 Racing yang berhasil menyelesaikan 366 lap bersama tiga pebalapnya Tristan Gommendy, Jonathan Hirschi dan Vincent Capillaire.

Pertarungan di Circuit de la Sarthe pada akhir pekan kemarin banyak disuguhkan oleh mobil-mobil di kelas GTE Pro. Namun mobil Porsche 911 #92 berkelir pink pig yang dikendarai oleh Michael Christensen, Kevin Estre, dan Laurens Vanthoor berhasil mendominasi jalannya balapan hingga finis. Disusul oleh mobil Porsche #91 bercorak retro Rothman yang sempat berduel melawan Ford GT.

Keduanya saling menekan satu sama lain di sesi pagi hari, ketika Sebastien Bourdais yang mengendarai Porsche #91 menghantam mobil Ford #68 yang saat itu dikemudikan oleh Frederic Makowiecki di 21 jam berjalannya balapan. Pertempuran mereka akhirnya selesai setelah Makowiecki mengimpit Bourdais ke luar lintasan.

Namun sayang, kejadian itu tidak dipermasalahkan oleh tim steward, dan akhirnya membuat Bourdais kecewa. Mobil #91 pun berhasil finis di urutan kedua, unggul 26,7detik di depan mobil #68.

Selanjutnya, penghargaan di kelas GTE Am diberikan kepada tim Dempsey dengan line up pebalapnya yakni Julien Andlauer, Christian Ried dan Matt Campbell. Mobil #77 yang dikendarai mereka unggul 1menit 39detik dari mobil #54 milik tim Spirit of Race.

toyota-juara-le-mans-43216185fa4b8cf.jpg

toyota-juara-le-mans-18633a743d66a4e.jpg

toyota-juara-le-mans-97110322aaed9d1.jpg

toyota-juara-le-mans-919066e2aa5cc8a.jpg

Baca Juga :
Nike Beri Apresiasi Kepada Pemenang NBA Musim Ini

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : FIA WEC | Editor: Dedi Hermawan | 21 June 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Masalah Sensor Menghantui Denny Rommel

Masalah Sensor Menghantui Denny Rommel

TOURING
Perkara Karbu, Tjandra Gagal Podium

Perkara Karbu, Tjandra Gagal Podium

TOURING
13 Pegokart Indonesia Menuju Italia

13 Pegokart Indonesia Menuju Italia

GOKART
Komunitas Sokong Industri Balap

Komunitas Sokong Industri Balap

TOURING

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company