GP Perancis Bangun Dari Tidur Panjang

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Coral Independen | Editor: Andi Wahyudi | 22 June 2018

SPORTKU.COM

Setelah absen selama 28 tahun, Sirkuit Paul Ricard bakal kembali menggelar balapan jet darat yang memasuki ronde kedelapan musim 2018.

Sirkuit Paul Ricard akan menjadi saksi kembalinya GP Perancis setelah absen selama 9 musim terakhir. Di mana pada beberapa dekade sebelumnya, trek yang terletak di Le Castellet itu pernah menjadi salah satu penyelenggara balapan F1 pada rentang musim 1971 hingga 1990.

Pada tahun 2016, sebuah kesepakatan mengembalikan Grand Prix Perancis ke lintasan Paul Ricard. Banyak sekali perubahan yang telah dilakukan pada sirkuit ini, mulai dari pengaturan hingga tantangan yang tegas bagi para pebalap. Hal itu dimaksudkan agar kejuaraan ini bisa menjadi tontonan yang mendebarkan untuk para penggemar F1 khususnya di Perancis.

Sirkuit ini memiliki banyak konfigurasi untuk digunakan balapan. Tapi badan tertinggi balap mobil dunia, FIA, menyatakan hanya akan menggunakan trek sepanjang minimal 5,842 km. Dengan adanya penambahan chicane, total jaraknya mencapai 5,861km.

Trek ini sebelumnya menampilkan lintasan lurus sepanjang 1,7km yang dikenal sebagai 'Mistral Straight'. Namun, untuk mengurangi kecepatan penuh dari mobil-mobil balap itu, maka dibuatlah rintangan chicane atau tikungan berbentuk huruf S.

Baca Juga :
Jadwal F1 GP Perancis 2018

"FIA melakukan penelitian dan kecepatan sebelum chicane dengan top speed 343 km/jam, jadi chicane itu sangat berguna agar mobil tidak melaju dengan kecepatan penuh di lintasan lurus yang panjang," kata Gilles Dufeigneux, Direktur Pelaksana Grand Prix Perancis beberapa waktu lalu.

Hal lain yang dirancang untuk mengurangi kecepatan mobil adalah 'Zona Biru' yang juga cukup terkenal di Sirkuit Paul Ricard.

Paul Ricard memiliki kontrak 5 tahun penyelenggaraan balap jet darat mulai dari 2018 hingga 2022.

Terakhir kali Sirkuit Paul Ricard menyelenggarakan balapan F1, Alain Prost bersama Scuderia Ferrari berhasil menjadi pemenangnya. Juara dunia empat kali itu naik podium setelah mengalahkan pebalap Italia, Ivan Capelli dan rival sengitnya mendiang Ayrton Senna.

Alain Prost merupakan satu dari sekian banyak pebalap yang mampu menaklukkan sirkuit dengan 15 tikungan itu.

Baca Juga :
Mengenal Lebih Dekat 21 Sirkuit F1 2018

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Coral Independen | Editor: Andi Wahyudi | 22 June 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Masalah Sensor Menghantui Denny Rommel

Masalah Sensor Menghantui Denny Rommel

TOURING
Perkara Karbu, Tjandra Gagal Podium

Perkara Karbu, Tjandra Gagal Podium

TOURING
13 Pegokart Indonesia Menuju Italia

13 Pegokart Indonesia Menuju Italia

GOKART
Komunitas Sokong Industri Balap

Komunitas Sokong Industri Balap

TOURING

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company